Mengenal Keong Turbo atau Keong Zebra, Si Pemakan Lumut pada Aquascape dengan Kekuatan Turbo

Posted on

Mengenal Keong Turbo atau Keong Zebra, Si Pemakan Lumut pada Aquascape dengan Kekuatan Turbo – Keong turbo atau keong zebra (Zebra Snail) merupakan salah satu jenis keong yang populer dikalangan penghobi aquascape. Nama latin atau nama ilmiah keong turbo ini yaitu Neritina turrita atau Neritina Natalensis.

Penampilan keong ini menarik karena memiliki warna cangkang emas dengan garis-garis hitam (belang seperti zebra) dan juga ukuran keong ini lebih besar dari keong lainnya. Keong ini biasanya memiliki ukuran 1-3 cm. Keong yang berukuran besar cocok untuk aquascape tank besar dan yang berukuran kecil cocok untuk nano tank aquascape.

Habitat asli keong turbo ini yaitu perairan berarus deras, Saat keong ini ditempatkan di dalam akuarium awalnya akan lebih suka melawan arus air pada filter.

Klasifikasi Ilmiah Keong Turbo
Kingdom: Animalia
Phylum: Mollusca
Class: Gastropoda
(unranked): clade Neritimorpha
(unranked): clade Cycloneritimorpha
Superfamily: Neritoidea
Family: Neritidae
Subfamily: Neritininae
Tribe: Neritinini
Genus: Neritina
Species: Neritina turrita

Mengenal Keong Turbo atau Keong Zebra

Cara Berkembang Biak Keong Turbo

Keong turbo ini tidak mampu berkembang biak pada kondisi air tawar murni, namun diperlukan air payau jika ingin mengembangbiakannya. Walaupun beberapa pembudidaya keong ini mungkin berhasil mengembang biakan keong ini pada kondisi air tawar murni namun banyak keong muda yang tidak terlalu lama bisa bertahan hidup. Di satu sisi sulitnya mengembang biakkan keong turbo, bisa menjadi nilai lebih karena populasinya bisa dikontrol dan tidak menjadi hama di akuarium.

Kelebihan Keong Turbo

Tidak hanya memiliki penampilan yang indah, keong turbo ini memiliki kelebihan untuk memakan dan membersihkan lumut yang menempel pada kaca akuarium, batu dan daun sekalipun. Karena memiliki ukuran yang lebih besar dan lebih berat dari jenis keong lain, keong turbo ini tidak bisa memakan lumut di daun yang berukuran kecil. Dianjurkan untuk memberi makanan tambahan agar keong ini tidak kelaparan dan tidak bergantung pada lumut yang ada di dalam akuarium.

Keong turbo ini dapat membersihkan kaca, batu, kayu, dedaunan dengan cepat seperti namanya keong turbo. Keong turbo atau keong zebra ini memiliki cangkang yang halus dan tidak memiliki tanduk. Keong zebra sangat membantu aquascape untuk membersihkan lumut yang muncul dari tanaman aquascape. Keong turbo lebih aktif dari jenis keong tanduk dan assasin. Sehingga lebih cepat dalam membersihkan kotoran di dalam aquascape.

Keong turbo dapat hidup di tempat lembab dan bisa hidup hingga 3-5tahun. Sebaiknya jaga suhu akuarium tetap stabil yaitu kurang dari 32 derajat celcius.

Kekurangan Keong Turbo

Keong turbo dapat melarikan diri dan membuat jalan keluar dari akuarium karena keong ini memiliki kemampuan yang dapat hidup diluar air atau sering disebut keong pasang surut. Disarankan untuk selalu mengawasi keong turbo ini dan melihat di sekitar akuarium, diperkirakan keong ini akan mencoba keluar dari aquarium jika merasa tidak nyaman dengan lingkungan tempat tinggalnya.

Sebaiknya untuk ukuran keong turbo besar ditempatkan pada aquascape yang sudah berumur lebih dari 1 bulan, karena jika tidak dikhawatirkan tanaman yang belum berakar dalam akan lepas jika dilewati oleh keong turbo.

Demikian artikel pembahasan tentang”Mengenal Keong Turbo atau Keong Zebra, Si Pemakan Lumut pada Aquascape dengan Kekuatan Turbo“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa