Panduan Lengkap Cara Budidaya Ikan Blue Elektrik Agar Sukses Bagi Pemula

Posted on

Panduan Lengkap Cara Budidaya Ikan Blue Elektrik Agar Sukses Bagi Pemula – Ikan blue elektrik merupakan salah satu jenis ikan hias, ikan ini merupakan jenis ikan hias yang tidak mudah dibudidayakan. Tapi ada yang unik dalam memelihara ikan yang satu ini. Berikut cara budidaya ikan blue elektrik:

Cara Budidaya Ikan Blue Elektrik

Penempatan Bibit Ikan Blue Elektrik

Satu pasang ikan blue elektrik bisa ditempatkan di akuarium 20 galon dan apabila dua pasang dibutuhkan akuarium 40 galon. Hal ini karena ikan blue elektrik sangat sensitif terhadap sampah organik, itulah sebabnya dengan mempertahankan kualitas air pada akuarium akan membantu ikan ini hidup dalam waktu yang lama.

Mengingat harga ikan blue elektrik yang sangat mahal, maka kualitas atau ukuran untuk airnya tidak boleh sedikit tapi harus sesuai dengan ukuran dan jumlah pasangannya.

Selain itu, ikan blue elektrik ini juga membutuhkan tanaman air yang bisa membantu ikan ini hidup dengan lama. Jangan lupa untuk membuatkan area yang pas untuk berenang ikan dengan ideal. Berikan beberapa gua untuk mereka berlindung atau bersembunyi dalam akuarium. Karena ikan ini juga membutuhkan tempat tersebut untuk menyimpan telur pada permukaan datar dan horizontal.

Perawatan Ikan Blue Elektrik di Akuarium

Apabila memelihara ikan blue elektrik jantan, sebaiknya tidak dengan spesies lain yang agresif atau cepat. Karena blue elektrik jantan lebih mengutamakan kenyamanan dan ketenangan dalam akuarium. Tapi, jika ikan ini hidup dengan spesies yang lambat dan tenang, blue elektrik jantan akan merasa aman dan nyaman pada saat waktu makan.

Apabila ikan blue elektrik yang dipelihara mulai menunjukkan agresif, coba buat tempat berlindung, atau ruang yang memungkinkan mereka bersembunyi. Karena semakin sedikit tempat ikan blue elektrik bersembunyi, semakin agresif juga perilaku mereka.

Selain itu, sangat dianjurkan untuk memberikan batasan pada ruang di dalam akuarium, karena ini akan membantu ikan tetap merasa aman dan nyaman. Selain itu, saat periode pembiakan ikan blue elektrik juga akan lebih agresif. Karena mereka akan benar-benar memastikan bahwa anak-anak mereka tetap merasa aman dan nyaman.

Pengaturan Suhu dan Lingkungan

Dalam memelihara ikan blue elektrik ini, tidak boleh di tempatkan pada dalam akuarium yang baru saja di bentuk dan juga memiliki tingkat sampah organik yang rendah. Hal tersebut karena ikan ini membutuhkan lingkungan yang stabil agar bisa hidup dengan baik. Hal-hal yang perlu di perhatikan diantaranya yaitu:

  • Gerakan air yang kuat tidak dianjurkan, karena ikan blue elektrik lebih suka pergerakan air yang lebih lambat,sehingga membantu mereka tetap merasa aman.
  • Kisaran suhu normal untuk chichlids ram liar yaitu 78-85 derajat F dengan pH air yang baik yaitu sekitar 5-6.

Makanan Ikan Blue Elektrik

Ikan blue elektrik adalah jenis ikan omnivora, ikan ini dapat diberi pakan berupa jentik nyamuk, serpihan dan pelet, tapi biasanya ikan ini akan menerima berbagai jenis makanan dengan baik.

Pada saat makan lakukan pengawasan, mengingat ikan blue elektrik jantan sangat lambat bergerak, jadi kemungkinan bisa saja mereka lapar karena hidup bersamaan dengan spesies lain yang lebih agresif.

Perkawinan Ikan Blue Elektrik

Karena sulit untuk mengawinkan ikan ini, maka beli sekelompok ikan remaja dan biarkan mereka hidup bersama. Setelah dewasa, ikan ini akan memilih pasangan sendiri. Tapi, pastikan pada kelompok ikan yang dibeli tersebut harus jantan dan betina dengan jumlah yang sama. Apabila ikan tersebut memiliki sirip dorsal yang sedikit lebih panjang, mungkin itu jantan.

Ikan blue elektrik membentuk pasangan monogami, tapi kesuburan yang rendah dan perawatan induk yang buruk, itu bisa menjadi masalah yang lebih umum. Jadi, saat memelihara ikan blue elektrik jantan, harus memasukkan beberapa batu datar atau yang lainnya dalam akuarium. Jangan lupa, atur waktu untuk mengontrol lampu, karena pola cahaya yang tidak menentu bisa membingungkan ikan ini.

Demikian artikel pembahasan tentang “Panduan Lengkap Cara Budidaya Ikan Blue Elektrik Agar Sukses Bagi Pemula“, ┬ásemoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa