Panduan Lengkap Cara Budidaya Lobster Hias di Akuarium Bagi Pemula

Posted on

Panduan Lengkap Cara Budidaya Lobster Hias di Akuarium Bagi Pemula – Ada banyak sekali jenis lobster hias dengan warna dan bentuk yang menari. Berikut jenis-jenis lobster hias diantaranya yaitu Yabby (Cherax Destructor), Marron (Cherax Tenuimanus), Red Claw (Cherax Quardricaritanius), Red Lobster (Procambarus Clarkii), Astacopsis Gouldi, Rainbow Papua (Cherax pulcher), Dark Rainbow (Cherax Boesemani), Zebra Lobster, White Lobster, Dark Blue Yabby Lobster dan lain sebagainya.

Banyak pecinta hewan hias yang melakukan budidaya terhadap lobster hias ini. Berikut cara budidaya lobster hias:

Cara Budidaya Lobster Hias di Akuarium

Pemilihan Induk Lobster Hias

Pilih indukan lobster hias dengan kualitas terbaik agar nantinya anakan yang dihasilkan terbaik juga. Indukan lobster yang berkualitas yaitu indukan yang berusia kurang lebih tujuh bulan. Jika anda indukan yang usianya lebih muda dikhawatirkan perkembangbiakan yang terbaik malah kurang sempurna sehingga hasilnya pun juga akan kurang maksimal.

Ciri indukan lobster jantan yaitu memiliki tonjolan pada kaki ke lima jika dihitung dari capit dan juga pada bagian capit biasanya adanya warna berupa merah. Sementara itu, ciri indukan betina unggul yaitu memiliki bulatan pada pangkal kaki ke tiga.

Pemberian Pakan Lobster Hias

Pakan yang dapat diberikan pada lobster hias dapat berupa pelet, kacang-kacangan, umbi-umbian atau sayuran lainnya. Pemberian pakan ini dilakukan sebanyak dua kali sehari yaitu pagi dan sore hari. Disarankan untuk memberi pakan lebih sedikit di pagi hari dan sedikit lebih banyak pada sore hari.

Perawatan Lobster Hias

Pastikan pasokan oksigen yang ada di akuarium cukup, karena ini merupakan salah satu faktor ayang menentukan pertumbuhan lobster hias ini, untuk itu bisa digunakan alat seperti aerator.

Pada saat proses mounting atau proses pergantian cangkang lobster pastikan tidak ada kanibalisme. Proses mouting ini terjadi karena ukurannya yang sudah semakin besar sehingga cangkang yang lama tidak muat lagi. Pada tahap ini, lobster akan mengeluarkan bau amis yang bisa menjadi pemicu lobster lainnya untuk memakan lobster yang berganti cangkang tersebut.

Untuk itu, disarankan untuk menyediakan akuarium khusus saat proses ini terjadi. Sehingga hal ini akan mencegah lobster untuk memakan lobster lainnya.

Proses Pemijahan Lobster Hias

Pemijahan adalah suatu proses dimana lobster jantan dan juga betina dikelompokkan agar mereka bisa mendapatkan pasangannya dan masukkan mereka di akuarium yang berbeda.

Hal ini akan memberikan lobster tersebut untuk melakukan perkawinan sehingga nantinya akan menghasilkan banyak telur. Selain itu, disarankan untuk menyediakan tempat persembunyian di setiap akuarium yang akan digunakan sebagai tempat budidaya lobster. Dalam satu akuarium bisa dimasukkan sebanyak 3 ekor lobster betina dan 5 ekor lobster betina.

Proses Pengeraman Telur Lobster Hias

Setelah semua lobster tersebut melakukan perkawinan, maka akan menghasilkan telur-telur yang banyak yang nantinya akan dibawa dan ditaruh di sebelah sirip renang lobster betina. Pastikan telur-telur tersebut dierami dengan baik dan tidak ada hal-hal yang mengganggu proses pengeraman yang dilakukan lobster betina.

Demikian artikel pembahasan tentang”Panduan Lengkap Cara Budidaya Lobster Hias di Akuarium Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa