Panduan Lengkap Cara Menanam Jeruk Limau Dalam Pot Agar Cepat Berbuah Berbuah Bagi Pemula

Posted on

Panduan Lengkap Cara Menanam Jeruk Limau Dalam Pot Agar Cepat Berbuah Berbuah Bagi Pemula – Jeruk limau atau jeruk limo (Citrus amblycarpa) atau disebut juga dengan jeruk sambal adalah salah satu jenis varietas jeruk yang memiliki aroma wangi dan masuk sebagai bahan bumbu masakan. Jeruk ini sering digunakan sebagai penambah aroma wangi dan segar pada masakan seperti pada soto atau sambal.

Di alam liar, tanaman jeruk limau dapat tumbuh hingga setinggi 2 meter, ukuran buah jeruk limau kecil dengan diameter sekitar 2-3 cm. Daun jeruk limau dengan jenis daun majemuk dan umumnya berwarna hijau tua. Daun jeruk limau memiliki aroma yang khas seperti buahnya. Buah jeruk limau di pasaran cenderung berwarna hijau, tapi akan berwarna kuning jika sudah tua seperti jeruk lainnya. Daging buah jeruk limau berwarna putih dengan kulit buah yang sangat tebal dan sedikit berkerut-kerut.

Cara Menanam Jeruk Limau Dalam Pot (Tabulampot Jeruk Limau)

Pemilihan Bibit Jeruk Limo

Bibit jeruk limo bisa didapatkan dengan melakukan pembibitan terlebih dahulu, pembibitan tersebut dapat menggunakan cara vegetatif berupa penyambungan tunas pucuk ataupun generatif dari biji. Jika anda tidak ingin repot, kalian dapat membeli bibit jeruk limo di toko tanaman. Pilihlah bibit yang sehat bebas hama dan penyakit, subur, memiliki diameter batang 2-3 cm, permukaan batang halus, akar serabut banyak, akar tunggang berukuran sedang dan memiliki sertifikasi penangkaran bibit.

Persiapan Pot dan Media Tanam Jeruk Limau

Siapkan pot berukuran agak besar dengan diameter sekitar 30 cm. Siapkan media tanam berupa campurkan tanah, pupuk kandang, dan pasir dengan perbandingan 2: 1: 1. Jika semua sudah siap, masukkan media tanam ke dalam pot. Sisakan ruang kosong di atas dengan ketinggian 5-10 cm untuk menjaga agar tanah pada media tidak tumpah.
Biarkan media selama 2-3 hari dan letakkan pada sinar matahari secara langsung, jangan lupa untuk menjaga kelembabannya dengan menyiramnya.

Lakukan pemasangan penyangga atau ajir dari bambu ataupun kayu yang dibelah menjadi beberapa bagian dan di tancapkan ke dalam pot ataupun lahan tanam dengan panjang 30-40 cm. Hal ini bertujuan untuk menyangga tanaman jeruk limau saat masih bibit agar bisa beradaptasi dengan lingkungan barunya.

Penanaman Bibit Jeruk Limau Dalam Pot

Jika semua sudah siap, buat lubang tanam pada media tanam dan pisahkan bibit dari media semainya secara perlahan, jangan sampai perakarannya rusak.

Setelah itu, masukkan bibit perlahan ke dalam lubang tanam dan tutup lubang tanam, dengan tanah campuran pupuk dan sekam. Padatkan agar bibit bisa berdiri kokoh dan sandarkan atau ikatkan bibit pada ajir yang sudah dipasang di media tanam.

Perawatan Jeruk Limau

Lakukan penyiraman harus dilakukan secara rutin, penyiraman ini dapat dilakukan sebanyak 1-2 kali sehari tergantung dari kondisi tanah. Sesuaikan dengan kondisi kelembapan tanah pada media tanam.

Agar nutrisi yang dibutuhkan tanaman jeruk limau terpenuhi, maka lakukan pemupukan pada tanaman jeruk limau secara rutin setiap 1-2 minggu sekali atau sebulan sekali tergantung dari jenis pupuk yang anda berikan.

Jika ingin memiliki tanaman yang cepat berbuah, maka bisa diberikan perangsang buah setiap 1 bulan sekali. Atasi hama ataupun penyakit yang menyerang tanaman jeruk limau dengan menggunakan pestisida yang sesuai.

Demikian artikel tentang “Panduan Lengkap Cara Menanam Jeruk Limau Dalam Pot Agar Cepat Berbuah Berbuah Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa