Panduan Lengkap Cara Ternak Bebek Pedaging atau Bebek Potong Bagi Pemula Agar Sukses

Posted on

Panduan Lengkap Cara Ternak Bebek Pedaging atau Bebek Potong Bagi Pemula Agar Sukses – Bebek atau Itik adalah salah salah satu nama spesies burung yang ada dalam famili Anatidae. Bebek memiliki tubuh yang berlekuk dan lebar, memiliki leher yang cukup panjang, memiliki bentuk tubuh yang bervariasi tapi umumnya membulat. Paruh bebek lebar dan terdapat lamelae yang yang berguna sebagai penyaring makanan.

Klasifikasi ilmiah bebek
Kingdom: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Aves
Ordo: Anseriformes
Famili: Anatidae
Subfamilia:
Dendrocygninae
Oxyurinae
Anatinae
Merginae

Bebek dapat diternakan sebagai bebek petelur untuk menghasilkan telur dan bebek pedaging untuk menghasilkan daging. Nah kali ini kita akan membahas tentang cara ternak bebek pedaging, berikut selengkapnya:

Cara Ternak Bebek Pedaging atau Bebek Potong Bagi Pemula

Persiapan Kandang Ternak Bebek Pedaging

Lokasi yang akan digunakan untuk ternak bebek pedaging ini diusahakan jauh dari kebisingan, sejuk, dekat dengan sumber air dan pakan dan mudah dilewati alat transportasi.

Ada 3 jenis kandang yang perlu disiapkan yaitu pertama, kandang berupa box khusus berukuran 1-2 meter untuk anak itik, dengan ukuran tersebut dapat menampung sebanyak 50 ekor anakan itik. Kedua, jenis kandang browser yang digunakan untuk tempat memelihara bebek remaja, jenis kandang ini dapat menampung hingga 16-100 ekor bebek remaja. Ketiga, jenis kandang layar yang digunakan untuk memelihara bebek pedaging dewasa, dimana jenis kandang ini bisa menampung 4-5 ekor bebek dewasa.

Bebek membutuhkan ruang gerak yang cukup besar, karena bebek mudah stres dengan kandang yang sempit, setidaknya ada ruang agar bebek bisa berlari. 1 meter persegi berisi 2 ekor bebek, jadi untuk 100 ekor bebek pedaging kandang dapat dibuat 50 meter persegi dengan tinggi kandang minimal 2 meter, agar sirkulasi udara cukup dan tidak susah untuk membersihkan kandang.

Kandang tersebut harus dibuat nyaman dan kokoh. Kandang tersebut dapat dibuat dari bahan bambu, dinding kandang bisa dibuat dari kayu, sedangkan atapnya menggunakan genteng atau asbes. Kandang bebek membujur dengan arah timur-barat untuk mencegah masuknya sinar matahari sepanjang hari yang akan menyebabkan suhu kandang menjadi panas. Selain itu, agar kandang tidak lembab maka bagian bawah kandang diberi alas berupa jerami.

Pemilihan Bibit Bebek Pedaging yang Baik

Ciri-ciri DOD bebek pedaging yang baik diantaranya yaitu memiliki bulu bersih, bagus dan kering;
memiliki mata jernih, kedua matanya terbuka dan tidak buta; memiliki gerakan yang lincah; memiliki kaki kokoh dan tidak pincang; memiliki bobot minimal 40 gram, tubuh tegap, nafsu makan besar dan bebas dari penyakit.

Memilih DOD berjenis kelamin jantan karena laju pertumbuhannya lebih cepat dibandingkan betina. Ciri-ciri DOD jantan yaitu memiliki paruh lebih mengkilap dibandingkan paruh DOD betina, ukuran badan lebih besar, suaranya lebih serak (parau), mempunyai leher yang lebih pendek, dan ekornya lebih naik dibandingkan DOD betina.

Selain itu, disarankan untuk memilih DOD berjenis kelamin jantan karena laju pertumbuhannya lebih cepat dibandingkan betina. Ciri-ciri DOD jantan yaitu memiliki paruh lebih mengkilap dibandingkan paruh DOD betina, ukuran badan lebih besar, suaranya lebih serak (parau), memiliki leher yang lebih pendek dan ekornya lebih naik dibandingkan DOD betina.

Pemberian Pakan Bebek Pedaging

Bebek pedaging yang berumur 0-16 hari diberi pakan dalam wadah agar bebek mudah memakannya. Setelah berumur 16-21, bebek dapat diberi pakan dengan menggunakan wadah dan juga di sebar dilantai kandang. Jika sudah berumur 21 hari hingga 18 minggu maka pemberian pakan dapat dilakukan dengan menyebarkannya di lantai kandang. Selain pakan berikan juga vitamin seperti tepung ikan atau jagung.

Pemeliharaan Bebek Pedaging

Agar bebek terhindar dari hama dan penyakit, maka perlu memperhatikan kebersihan dan sanitasi kandang bebek. Selain itu lakukan pula vaksinasi.

Demikian artikel pembahasan tentang”Panduan Lengkap Cara Ternak Bebek Pedaging atau Bebek Potong Bagi Pemula Agar Sukses“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa