Strategi Pemasaran Ikan Lele Bagi Pemula Paling Menguntungkan

2 min read

Strategi Pemasaran Ikan Lele – Saat ini, budidaya ikan lele atau ternak ikan lele menjadi salah satu peluang bisnis yang dapat memberikan keuntungan besar bagi peternak. Ikan lele merupakan jenikan ikan yang mudah dalam perawatan dan menjadi ikan yang banyak dicari di Indonesia. Meski demikian, peternak harus mengetahui strategi pemasaran yang tepat agar budidaya ikan lele mendapatkan keuntungan besar. Untuk itu, simak Strategi Pemasaran Ikan Lele Bagi Pemula Paling Menguntungkan berikut ini.

Bagi semua jenis usaha, strategi pemasalan merupakan hal penting yang harus diketahui oleh para pebisnis, termasuk usaha ikan lele. Tanpa adanya marketing yang baik, usaha akan semakin tandus dan membuat para pengusaha gulung tikar. Sistem pemasaran yang tepat dan mutakhir sangat penting bagi keberlangsungan usaha budidaya ikan lele, sehingga dapat menghasilkan pendapatan yang besar bagi peternak.

Anda dapat mempersiapkan berbagai macam bentuk pemasaran untuk mendapatkan keuntungan dua kali lipat atau berkali-kali lipat dari sebelumnya. Berikut ini beberapa tips strategi pemasaran ikan lele bagi pemula agar mendapatkan keuntungan berlipat.

Artikel Terkait : Cara Sukses Pembenihan Ikan Lele Sangkuriang

Strategi Pemasaran Ikan Lele

Pada budidaya ikan lele skala kecil, memasarkan ikan lele bukanlah perkara yang sulit. Namun, jika bisnis ikan lele anda terus berkembang dan ikan lele yang dipanen semakin banyak, tentu anda butuh melakukan strategi pemasaran. Untuk itu berikut ini cara pemasaran ikan lele secara tepat dan menguntungkan yang bisa anda lakukan.

1. Pasang Iklan di Internet atau Media Sosial
Stratergi pemasaran yang pertama yaitu anda dapat memasarkan ikan lele melalui iklan di internet atau media sosial meilik anda. Dengan begitu akan semakin banyak orang yang mengetahui jika anda memiliki usaha ternak ikan lele.

Dengan strategi ini, anda akan mendapatkan keuntungan cukup besar. Sebagai pemula, Anda harus menjadi pengusaha yang aktif dalam hal menjual hasil panen lele.

2. Bekerjasama dengan Rumah Makan atau Resto
Stratergi pemasaran selanjutnya, anda dapat mendatangi rumah-rumah makan, restoran, warung pecel lele dan lainnya untuk bekerja sama dengan mengambil ikan lele di tempat anda. Berika brosur sehingga pemilik warung makan dapat melihat jenis kualitas lele yang anda jual. Tips selanjutnya, tawarkan harga yang cukup miring dibandingkan dengan pelaku bisnis lele lainnya, sehingga pembeli memilih untuk membeli ikan lele dari tempat anda.

Artikel Terkait: Cara Budidaya Ikan Lele di Kolam Tanah

3. Bekerjasama dengan Pengepul Ikan Lele
Salah satu cara memasarkan ikan lele secara praktis adalah dengan bekerjasama dengan pengepul ikan lele. Untuk berkerja sama dengan pengepul, Anda harus memerhatikan penawaran harga yang mereka berikan, bila perlu, Anda dapat mengumpulkan beberapa pengepul untuk mendapatkan harga lele terbaik.

4. Bekerjasama dengan Penjual Ikan di Pasar
Strategi pemasaran ikan lele selanjutnya, anda bisa bekerjasama dengan pedagang-pedangan ikan air tawar di pasar terdekat. Selain menjual ikan lele pada kilangan, anda juga dapat menjual ikan lele secara langsung ke penjual di pasar, dengan begitu anda bisa mendapatkan keuntungan lebih besar.

Dengan strategi ini, para pedagang ikan akan lebih mengenal anda sebagai pelaku bisnis ikan lele.

5. Bekerjasama dengan Supermarket
Strategi pemasaran selanjutnya, anda bisa bekerjasama dengan para pemilik supermarket untuk menerima hasil dari panen ikan lele Anda. Dengan berhasil menjadi pemasok ikan lele di supermarket, maka anda akan mendapatkan penghasilan besar. Hal ini karena harga ikan lele dipasar tradisisonal dan supermarket memiliki perbedaan harga yang lumayan tinggi.

Artikel Terkait : Cara Budidaya Ikan Lele Di Kolam Beton

6. Dijual dalam Bentuk Olahan
Strategi pemasaran ikan lele selanjutnya yaitu dengan menjual aneka olahan ikan lele. Dengan dijual dalam bentuk olahan, maka anda akan mendapat keuntungan yang berlipat. Ikan lele bisa diolah menjadi berbagai bentuk makanan seperti bakso, abon, burger, dan lain sebagainya.

7. Bekerjasama dengan Produsen Makanan Berbahan Dasar Ikan Lele
Selain dengan dijual dalam bentuk olahan, anda juga bisa bekerja sama dengan produsen makanan dengan olahan bahan dasar ikan lele. Saat ini sudah banyak pengusaha yang menjalankan bisnis makanan berbahan dasar ikan lele seperti abon lele, kerupuk kulit lele, dendeng lele, nugget lele, dan sebagainya. Dengan demikian, anda akan lebih dikenal sebagai pebisnis ikan lele dan semakin banyak orang yang mau bekerjasama dengan anda.

8. Menjadi Supplier Pasar
Dengan cara pemasaran ini, Anda harus memiliki strategi khusus untuk mengalahkan supplier lama atau untuk mendapat bagian dari permintaan yang ada di pasar tersebut. Sehingga para pedagang ikan di pasar tertarik untuk bekerjasama dengan anda, dan anda akan mendapatkan keuntungan besar di bisnis ikan lele ini.

Artikel Terkait : Cara Budidaya Ikan Lele Dengan Sistem Bioflok

Itulah Strategi Pemasaran Ikan Lele Bagi Pemula yang bisa Anda lakukan. Strategi pemasaran yang tepat sangat menentukan kesuksesan usaha Anda. Terimakasih Semoga informasi yang diberikan bermanfaat.