Panduan Lengkap Cara Budidaya Pembibitan Kelinci Bagi Pemula Agar Sukses

Posted on

Panduan Lengkap Cara Budidaya Pembibitan Kelinci Bagi Pemula Agar Sukses – Kelinci adalah hewan mamalia dari famili Leporidae. Secara umum, kelinci bisa dibagi menjadi beberapa jenis. Berdasarkan habitatnya kelinci dibedakan menjadi kelinci liar (Lepus Curpaeums) dan kelinci peliharaan (Oryctolagus Cuniculus). Berdasarkan panjang bulunya dan ada juga kelinci yang berdasarkan ras yang terdiri dari Himalayan, English Spot, Lyon, Angora, American Chinchilla, dan Dutch, Kelinci Jawa (lepus Negricollis), Kelinci Sumatra (Nesolagus Netseherischgel).

Klasifikasi Ilmiah Kelinci
Kingdom: Animalia
Superfilum: Chordata
Filum: Vertebrata
Kelas: Mammalia
Ordo: Lagomorpha
Famili: Leporidae

Baca Juga : Budidaya Kelinci

Tidak hanya digunakan sebagai hewan peliharaan, tapi kini juga dijadikan sebagai hewan konsumsi. Tingginya minat terhadap hewan dengan bentuk dan tingkah lucu tersebut menjadikan proses budidaya banyak dilakukan. Dalam prosesnya untuk dapat membudidayakan kelinci maka langkah awal yang dilakukan adalah pembibitan dengan baik dan benar.

Cara Pembibitan Kelinci Bagi Pemula

Persiapan Kandang Kelinci

Untuk tahapan awal, sebaiknya pilih dan siapkan kandang dengan skala kecil dalam bentuk bertingkat agar bisa menghemat tempat. Kadang bisa dibuat sendiri dengan bahan dasar kayu dan kawat ram untuk mengurangi biaya. Sebaiknya peletakan kandang kelinci berada tidak terlalu jauh dari rumah tapi tidak terlalu dekat juga dan pastikan kandang berada pada lingkungan yang nyaman.

Pemilihan Indukan Kelinci

Lakukan proses pemilihan indukan kelinci yang baik agar menghasilkan bibit yang baik pula. Ada dua jenis kelinci yang dapat dipilih yaitu ras pedaging maupun kelinci hias. Kedua jenis kelinci tersebut bisa dipilih sesuai dengan minat peternak dan analisa kebutuhan pasar. Indukan kelinci harus dalam kondisi yang sehat dan memiliki keadaan tubuh paling ideal.

Baca Juga : Budidaya Kelinci Anggora

Proses Perkawinan Kelinci

Jika indukan sudah dipilih, pastikan jenis kelamin kelinci indukan benar yaitu satu jantan dan satu betina kelinci. Sebelum mengawinkan kelinci, pastikan kondisi kelinci sudah memiliki birahi lalu masukan kelinci betina ke dalam kandang jantan untuk proses perkawinan. Proses kawin bisa dilakukan pengulangan dengan memberikan jeda waktu istirahat hingga kelinci betina memberikan penolakan.

Pemeliharaan Kelinci

Perhatikan tanda tanda kelinci betina sudah dalam kondisi hamil dengan melihat fisik maupun perilaku dari kelinci tersebut yang akan memiliki nafsu makan tinggi, agresif, dan mulai membuat sarang.

Baca Juga : Ternak Hamster

Kelahiran Anakan Kelinci

Proses kehamilan kelinci betina yang akan berlangsung selama kurang lebih 30 hari tergantung dari jenis kelincinya. Mengingat kelinci terkadang memiliki sifat kanibal maka anakan kelinci yang baru lahir bisa dipisahkan dengan indukan jantannya dan selalu perhatikan perilaku dari indukan betina apakah mau merawat anakannya. Jika kelinci betina terlihat agresif pada anakannya maka dapat dipisah dan anakan dirawat sendiri.

Demikian pembahasan tentang cara budidaya pembibitan kelinci bagi pemula, semoga bermanfaat.