Penyebab dan Cara Mengatasi Pohon Durian Tidak Kunjung Berbuah

Posted on

Penyebab dan Cara Mengatasi Pohon Durian Tidak Kunjung Berbuah – Memilih bibit unggul yang berkualitas merupakan langkah awal dalam budidaya durian agar tanaman dapat menghasilkan buah sesuai harapan. Selain menyiapkan bibit unggul dan berkualitas, faktor penting pada proses penanaman buah durian yaitu pemeliharaan yang dilakukan agar tanaman durian dapat tumbuh dengan maksimal dan berbuah lebat. Namun, apa yang harus dilakukan jika kita sudah melakukan tips tersebut, tapi tanaman durian yang kita tanam tidak kunjung berbuah meskipun sudah mencapai umur dewasa. untuk itu kita perlu mengetahui Penyebab dan Cara Mengatasi Pohon Durian Tidak Kunjung Berbuah.

Ada banyak faktor penyebab durian tidak kunjung berbuah, dan setiap pohonnya memiliki penyebab yang berbeda-beda. Namun secara umum dapat diuraian beberapa faktor utama mengapa durian tidak kunjung berbuah meskipun sudah berumur dewasa. Ketahui faktor penyebab durian tidak kunjung berbuah pada penjelasan dibawah ini.

Baca Juga : Cara Menanam Durian Dari Biji

Penyebab Durian Tidak Kunjung Berbuah

1. Jenis Durian Jantan
Penyebab paling sering terjadi pada pohon durian yang sudah ditanam berpuluh-puluh tahun namun tidak kunjung berbuah yaitu karena yang ditanam bibit durian jantan. Jika benar bibit jantan, maka sudah pasti pohon durian tidak akan berbuah. Untuk itu, penting sekali untuk menyeleksi bibit durian yang akan ditanam, agar tidak mendapatkan bibit durian jantan atau bibit tidak berkualitas.

2. Asal Bibit
Faktor penyebab pohon durian tidak berbuah selanjutnya akibat kesalahan pada saat memilih bibit durian. Normalnya durian baru bisa berbuah setelah umur 10 – 12 tahun, sedang durian lokal yang telah dibudidayakan butuh waktu 8 tahun. Durian unggul Monthong dan Chanee (Thailand) serta Mdur (Malaysia) hanya butuh waktu 5 tahun.

3. Kurang Pasokan Sinar Matahari
Salah satu penyebab pohon tidak berbuah lainnya dikarenakan faktor kurang sinar matahari kearah pohon durian. Sinar matahari sangat penting untuk perkembangan pohon durian. Idealnya, pohon durian harus mendapat penyinaran matahari sekurang-kurangnya 8-12 jam perharinya.

Baca Juga : Cara Budidaya Durian Musang King 

4. Kurang Pasokan Air
Penyebab lainnya pohon durian tidak berkunjung buah juga akibat kurang pasokan air. Penyiraman pada pohon durian bisa dilakukan secara teratur jika kondisi tanah sangat kering, namun jika tanah terlalu lembab maka perlu dibuat saluran drainase disekeliling tanaman untuk mengurangi kelembapan tanah.

5. Kesuburan Tanah
Penyebab pohon durian tidak berbuah lainnya yaitu karena kondisi tanah yang tidak subur. Maka dari itu sebelum menanam pohon durian perlu perhatikan juga kondisi tanah subur atau tidak. Pohon durian akan tumbuh subur pada tanah lempung berpasir.

6. Gagal Penyerbukan
Penyebab lain pohon durian tidak berbuah dikarena gagal dalam penyerbukan pada putik sari. Penyebab ini biasanya ditandai dengan pohon durian berbunga lebat namun tidak ada satupun bunga yang menjadi buah.

Cara Mengatasi Pohon Durian Tidak Berbuah

1. Pilih Bibit Durian Unggul
Pemilihan bibit durian penting dilakukan untuk menentukan kualitas pohon durian ketika dewasa. Pilih bibit durian berkualitas sehingga tidak diragukan pada musim berbuah, pohon durian anda juga akan berbuah.

Baca Juga : Cara Memilih Bibit Durian Unggul dan Berkualitas 

2. Beri Pupuk dengan Teratur
Cara pertama untuk mengatasi pohon durian tidak kunjung berbuah yaitu dengan memberikan nutrisi berupa pupuk secara rutin dan terjadwal. Pupuk menjadi makanan bagi tumbuhan agar tanaman tumbuh dengan baik. Dengan dilakukan pemupukan secara teratur maka dijamin pohon durian anda bisa berbuah secara rutin pada musimnya.

3. Lakukan Pemangkasan Secara Rutin
Pemangkasan pada ranting dan cabang pohon durian bertujuan untuk mempercepat proses pembuahan pada tanaman durian. Lakukan pemangkasan pada cabang dan ranting, jika pohon durian anda belum juga berbuah padahal sudah waktunya berbuah.

4. Cukupi Ketersediaan Air
Air menjadi sumber kehidupan bagi semua makhluk hidup, termasuk pada pohon durian. Usahakan tanam pohon durian pada lahan yang subur dengan ketersediaan air yang cukup. Pada musim kemarau, usahakan rutin menyiram pohon durian agar bunga durian tidak mudah rontok.

Baca Juga : Manfaat Pemangkasan Pada Tanaman Durian

Itulah beberapa tips Penyebab dan Cara Mengatasi Pohon Durian Tidak Kunjung Berbuah. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat dan bisa dijadikan sebagai sumber literasi bagi pembaca.