Panduan Cara Menanam Schlumbergera truncata, Cristmas cactus Bagi Pemula

Posted on

Panduan Cara Menanam Schlumbergera truncata, Cristmas cactus Bagi Pemula – Cristmas cactus dengan bunga warna merah, di Indonesia dikenal dengan bunga wijaya kusuma kepiting (Schlumbergera). Schlumbergera merupakan genus kecil dari keluarga kaktus dengan banyak spesies yang bisa ditemukan di temapa aslinya yaitu Brazil Selatan ke Timur. Tanaman ini tmbuh dihabitat pohon dan bebaratuan yang rata rata teduh dan berkelembapan tinggi, cukup berbeda dengan kerabat kaktus lainnya yang berhabitat di daerah iklim kering hingga padang gurun. Keunikan semua spesies schlumbergera, bunga muncul dari areoles yang ada pafa pertemuan dan ujung tunasnya. Schlumbergera juga disebut dengan Cristmas cactus, Crab cactus (kaktus kepiting-wijaya kusuma kepiting), holiday cactus dan thanksgiving cactus.

Baca Juga : Menanam Kaktus

Schlumbergera truncata adalah endemik di daerah kecil pegunungan pesisir Brasil tenggara di mana habitat aslinya adalah hutan tropis lembab subtropis atau tropis. Di lingkungan asalnya, tanaman ini bersifat epifit (kadang-kadang lithophytic). Dengan kata lain, kaktus ini tumbuh di pohon atau bebatuan.

Akar tanaman ini tumbuh kulit pohon inang mereka. Satu-satunya akses mereka ke kelembaban dan nutrisi adalah dari hujan dan kotoran yang jatuh dari atas. Tanaman ini tumbuh di bawah kanopi pohon dan tidak pernah terpapar sinar matahari penuh. Lingkungan yang beradaptasi dengan kaktus ini adalah lingkungan hutan yang hangat dan lembab dengan sinar matahari tidak langsung melalui kanopi hutan. Bunganya berwarna merah sehingga menarik bagi burung. Sehingga tak heran jika penyerbukan bunga ini dibantu oleh burung.

Baca Juga : Menanam Kaktus Anggur

Cara Menanam Schlumbergera truncata, Cristmas cactus Bagi Pemula

Ciri Tanaman Schlumbergera truncata

Schlumbergera truncata memiliki cabang yang pipih, tidak bertulang, dan terjumbai dengan takik yang menonjol di pinggirannya. Segmen batang pipih panjang dan sempit dan dihubungkan oleh tulang rusuk tengah.

Bunganya berbentuk asimetris dan muncul di ujung batang. Warna bunga berkisar dari merah muda, lavender dan merah hingga jeruk, kuning dan putih. Schlumbergera truncata mekar sepanjang musim gugur dan musim dingin.

Namun ada beberapa tanaman memiliki ruas batang bulat dan juga memiliki tipe lebih runcing. Bunganya juga sangat berbeda dalam bentuk dan warna.

Baca Juga : Menanam Kaktus Hias

Perawatan Tanaman Schlumbergera truncata

Agar tanaman tumbuh dengan bagus, lakukan pemangkasan pada Schlumbergera truncata. Pemotongan di musim semi akan mendorong tanaman untuk bercabang di mana batang dipotong. Bunga muncul dari ujung batang sehingga memotong tanaman akan merangsang banyak bunga.

Musim semi adalah waktu terbaik untuk dilakukan pemangkasan kembali, ketika mulai aktif tumbuh lagi. Potong batang di antara segmen (tempat mereka bergabung bersama dengan pelepah). Gunakan gunting pemangkasan yang tajam dan bersih untuk mencegah robeknya batang. Berikan waktu istirahat setelah musim dingin berbunga. Kuncup bunga cenderung lepas jika tanaman dipindahkan atau tiba-tiba terkena perubahan suhu.

Baca Juga : Menanam Bunga Wijaya Kusuma

Kebutuhan Cahaya Schlumbergera truncata

Schlumbergera truncata (sebagai kaktus hutan) tidak boleh terkena sinar matahari penuh. Cahaya sedang yang sebagian teduh adalah yang terbaik sepanjang musim. Matahari musim dingin yang kurang kuat tidak membahayakan tanaman ini.

Kuncup bunga biasanya mulai terbentuk pada awal musim gugur dan berbunga penuh oleh cahaya terbatas pada hari yang pendek. Setelah kaktus ini mulai tumbuh, jangan menyimpannya di ruang tamu di mana lampu buatan mungkin menyala hampir sepanjang malam setiap hari.

Letakkan pada jendela yang menghadap ke timur atau barat cocok untuk tanaman ini. Hindari menempatkannya di bawah sinar matahari langsung. Bisa juga diletakkan di taman atau teras selama musim panas di daerah yang teduh.

Baca Juga : Menanam Bunga Anggrek

Suhu Yang Cocok Untuk Schlumbergera truncata

Suhu kamar cocok untuk tanaman Schlumbergera truncata sepanjang tahun. Schlumbergera truncata perlu mengatur suhu dingin kuncup bunga 16-18 derajat celcius (60-65 ° F) di siang hari dan 7-13 derajat celcius (45-55 ° F) di malam hari. Setelah kuncup diatur menjadi 21-24 derajat celcius (70-75 ° F) di siang hari dan 16-21 derajat celcius (60-70 ° F) di malam hari.

Schlumbergera truncata akan tumbuh dengan baik jika ditempatkan di tempat teduh di luar ruangan selama akhir musim semi dan musim panas, tetapi pindahkan mereka kembali ke dalam ruangan sebelum dimulainya cuaca dingin.

Baca Juga : Menanam Bunga Mawar

Penyiraman Schlumbergera truncata

Schlumbergera truncata adalah tanaman berbunga musim dingin, batangnya tumbuh paling aktif selama bulan dari musim semi hingga awal musim gugur, sepanjang tahun kecuali untuk periode singkat setelah akhir periode berbunga, siram air sesering yang diperlukan untuk menjaga media tanam agar tetap lembab, tetapi jangan biarkan media tanam tergenang.

Ketika berbunga berhenti (mungkin di akhir musim dingin), kurangi jumlah dan air hanya cukup untuk membasahi media tanam di setiap penyiraman. Untuk meningkatkan kelembaban bisa semprotkanair pada tanaman, terutama di musim semi dan musim panas. Karena Schlumbergera truncata tidak menyukai air yang keras (air dengan kandungan kalsium tinggi), gunakan air hujan jika memungkinkan untuk menyiramnya. Ingatlah untuk tidak membiarkan media tanam mengering sepenuhnya.

Baca Juga : Menanam Bunga Melati

Pemupukan Schlumbergera truncata

Lakukan pemupukan setiap dua minggu dengan pupuk cair yang diencerkan setengahnya. Setelah bunga mekar turun, hentikan pemupukan hingga pertumbuhan baru dimulai pada musim semi.

Pot dan Media Tanam Schlumbergera truncata

Untuk mencegah genangan air, gunakan pot dengan media tanam berupa campuran gambut bebas pengeringan yang telah dibuat lebih berpori dengan menambahkan satu bagian pasir kasar ke setiap tiga bagian campuran standar.

Tumbuhkan Schlumbergera truncata dalam pot biasa atau pot gantung. Setiap tahun setelah berbunga lakukan pemindahan tanam ke wadah yang lebih besar jika akar telah mengisi pot yang digunakan saat ini.

Demikian pembahasan tentang cara menanam dan merawat schlumbergera truncata bagi pemula, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan lainnya.