Tips dan Cara Mengetahui Umur Burung Pleci Bagi Pemula

Posted on

Tips dan Cara Mengetahui Umur Burung Pleci Bagi Pemula – Burung pleci adalah salah satu burung kicau yang unik dari segi ukuran dan suara kicauan. Burung pleci termasuk burung kicau yang berukuran kecil. Peminat burung pleci cukup tinggi dan kini banyak orang yang mulai mencoba menernakan burung pleci.

Baca Juga : Cara Ternak Burung Pleci

Namun sebelum melakukan budidaya burung ini, tentunya kalian harus mengetahui umur burung pleci yang akan dibudidaya. Berikut ini cara mengetahui umur burung pleci diantaranya yaitu:

Cara Mengetahui Umur Burung Pleci Bagi Pemula

Warna Bulu Burung

Dengan mengenali warna bulu, bisa diketahui umur burung pleci. Warna burung pleci yang relatif lebih terang dan juga cerah bisa di katakan kemungkinan besar burung dalam usia yang relatif muda.

Postur Tubuh

Dari postur tubuh burung pleci, juga bisa memperkirakan usia atau umurnya. Apabila burung dalam kondisi tubuh normal (tidak sakit) dan berat normal serta memiliki postur lebih ramping maka bisa di pastikan bahwa kemungkinan besar usianya masih cukup muda. Sedangkan jika burung terlihat kurus (tidak dalam kondisi sakit) bisa jadi burung tersebut sudah cukup tua, sehingga terlalu ringkih.

Baca Juga : Cara Budidaya Ternak Ciblek Gunung

Struktur Paruh Burung

Dengan mengenali struktur paruh burung juga bisa diketahui usia burung tersebut. Bukan hanya sebagai penanda bahwa burung tersebut memiliki suara alias bisa gacor tapi juga sebagai alternatif mengetahui usia. Burung pleci yang masih berusia muda akan memperlihatkan kondisi paruhnya pada bagian bawah yang berwarna semburat putih, sedangkan pleci yang sudah tua akan memiliki paruh coklat tua.

Fase Mabung

Fase atau mabung merupakan hal yang wajar terjadi pada setiap burung, termasuknya pleci. Namun fase ini sangat bervariasi, tergantung dari pola makan serta tingkat kesetresan. Jika stres di dampingi dengan pola makan yang tidak teratur maka hal itu akan mempercepat fase pleci. Normalnya seekor burung akan mengalami mabung 4 tahun sekali atau 3 tahun sekali. Artinya jika burung pleci tersebut sudah mengalami fase mabung 4 atau 3 kali maka bisa di sampaikan bahwa usianya antara 12/16 th.

Baca Juga : Cara Budidaya Burung Zebra Finch

Struktur Blimbing Pada Kaki

Apabila kondisi blimbing kaki burung pleci besar maka usianya sudah cukup tua sedangkan blimbing masih dalam taraf normal maka usianya masih terbilang muda.

Suara

Ketahui usia pleci dari suaranya, umumnya jika terdengar gacoran yang lincah dan super aktif maka bisa di sebut bahwa usianya masih cukup muda. tapo jika belum bersuara gacor, itu menandakan bahwa pleci masih sangat muda sekali alias masih piyik atau anakan. Berbeda dengan pleci yang sudah tua, gacorannya jelas semakin menurun.

Baca Juga : Ternak Burung Perkutut

Tingkah Laku

Gerakan tubuh atau tingkah laku ternyata bukan sebagai penanda usia manusia saja, tapi burung pleci juga bisa di ketahui usianya dari sini. Mudah sekali, jika anda melihat kelincahan pleci yang luar biasa maka hal itu adalah masa suka bahagianya di masih muda, semangat membara. Berbeda dengan pleci yang sudah tua, tingkahnya mulai menurun dan performa tidak seperti sediakala (saat muda).

Kondisi atau Warna Mata

Dengan melihat kondisi mata atau warnanya juga bisa diketahui umur burung pleci. Untuk burung pleci anakan, matanya akan terlihat lebih jernih, bening dan menonjol. Selain itu, klepnya juga masih tampak begitu segar. Walaupun demikian, ada beberapa pleci anakan yang tidak mempunyai mata menonjol dan bukan berarti ini mempengaruhi usianya.

Baca Juga : Cara Ternak Gelatik Wingko

Demikian pembahasan tentang cara mengetahui umur burung pleci bagi pemula, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan lainnya.