8 Jenis Tanaman Melati yang Populer di Dunia

Posted on

Salah satu jenis bunga melati masuk dalam daftar bunga nasional sebagai bunga puspa bangsa, yaitu melati putih, bunga melati putih masuk dalam daftar bunga nasional karena bunga ini dianggap melambangkan kesucian dan kemurnian serta dikaitkan dengan berbagai tradisi yang ada di Indonesia. Melati juga merupakan jenis bung ayang menjadi suatu keharusan hiasan rambut pengantin dalam upacara pekawinan berbagai suku di Indonesia, terutama suku jawa dan sunda.

Tanaman melati merupakan tanaman bunga hias berupa tanaman perdu berbatang tegak dan hidup menahun. melati masuk dalam genus dari semak dan tanaman merambat dalam keluarga zaitun (Oleaceae). Melati terdiri sekitar 200 spesies tumbuhan asli daerah tropis dan hanggat dari Eurasia, Australasia dan Oseania. Melati secara luas dibudidayakan karena aroma khas yang dimilikinya.

Jenis jenis melati

Dari sekitar 200 jenis melati yang telah di identifikasi oleh ahli botani, baru sekitar 9 jenis melati yang umum dibudidayakan dan terdapat 8 jenis melati yang potensial untuk dijadikan tanaman hias. Jenis-jenisnya antara lain:

1. Melati putih (Jasminum sambac) atau Arabian Jasmine
2. Melati gambir (Jasminum elongantum)
3. Melati primrose (Jasminum mensyi / jasminum primulinum)
4. Melati multilorum  (Jasminum Multiflorum)
5. Melati casablanca (Jasminum Officinale)
6. Melati pot (Jasminum parkeri dun)
7. Melati Raja (jasminum rex)
8. Melati bintang (Jasminum simplicifolium)
9. Melati italia (Jasminum revolutum sims)

Dari setiap jenis melati tersebut memiliki khas dan perbedaan masing masing namun masih telihat mempesona. Berikut ini merupakan penjelasan secara lengkapnya.

1. Melati putih (Jasminum sambac)

melati putih

Jenis melati ini merupakan jenis melati yang banyak dibudidayakan maupun dijadikan tanaman hias. Bunga melati putih memiliki bunga berwarna putih mungil dan memiliki bunga yang harum. Karena wanginya yang harum, bunga melati putih banyak digunakan untuk riasan pada pengantin (pucuk melati), dan digunakan untuk campuran teh.
Tanaman ini tumbuh rendah dan menjalar. Sehinga dalm membiakkannya cukup dengan metode tanam merunduk.

2. Melati gambir  (Jasminum elongantum)

melati gambir

Bentuk bunag melati gambir cenderung mirip dengan bunga kamboja putih, namun jika dilihat dari pohonnya dan daunnya sangat berbeda. Sama dengan jenis melati lainnya, melati gambir juga memiliki bau yang harum dan pohon yang lebat. Ukuran bunganya cukup besar. Biasanya jenis melati ini ditanam sebagai tanaman hias bunga namun di tanam ditanah, karena ukuran tanaman ini bisa besar.

3. Melati Primrose (Jasminum mensyi / jasminum primulinum)

melati primrose

Merupakan salah satu dari beberapa jenis bunga melati yang berwarna selain putih. Dalam bahasa inggris Jasmine Primose, memiliki beberapa sebutan seperti Primose Jasmine, Jepang Primose, atau Yellow Jasmine. Melaati ini miliki nama latin Jasminum mensyi.

4. Melati Multiflorum (Jasminum Multiflorum)

melati casablanca

Jasminum multiflorum termasuk juga dalam spesies melati dalam keluarga Oleaceae. Melati ini dikenal dengan melati musim dingin, memiliki bulu halus, memiliki bunga banyak sehingga pada jatuh musim bunga daunnya akan tertutupi oleh bunga serta memiliki bunga yang harum khas melati.

5. Melati casablanca (Jasminum Officinale)

jasminum offcinale

Jasminum Officinale merupakan jenis melati asli Kauskasus, Iran Utara, Afghanistan, Pakistan, Himalaya, Tajikistan, India, Nepal, dan barat Cina. Tanaman ini juga termasuk tanaman yang banyak dibudidayakan di banyak tempat terutama oleh para tukang bunga karena bunga ini memiliki aroma harum yang intens. Bunga melati ini memiliki beberapa sebutan, antaralain melati musim panas, melati penyair, melati putih. Melati Jasminum Officinale juga merupakan bunga Nasional Pakistan.

6. Melati pot (Jasminum parkeri dun)

melati pot

Melati pot (Jasminum parkeri dun) juga dikenal sebagai melati Dwarf. Bunga melati ini memiliki warna kuning. Melati pot merupakan melati semak cemara berkubah, memiliki daun kecil berbentuk oval dan dengan bunga penuh yang berkembang pasa awl musim panas.

7. Melati Raja (Jasminum rex)

king jasmine

Bunga Melati Raja (jasminum rex) atau disebut juga sebagai King Jasmine merupakan jenis tanaman melati terbesar dari keluarga lainnya. Tanaman melati raja mampu tumbuh besar dengan bunga yang sangat penuh serta memiliki mahkota. Meskipun ukuran pohonnya besar, melati raja memiliki bau yang harum dan warna yang cantik. Tanaman jenis ini sangat cocok untuk di tanam di lahan yang luas.

8. Melati Bintang (Jasminum simplicifolium)

melati bintang

Melati ini diberi nama sebagai melati bintang sesuai dengan bentuk mahkotanya. Melati ini digunakan hanya untuk hiasan saja berbeda dengan jenis melati putih yang bisa digunakan sebagai campuran teh.

Manfaat Tanaman Melati

Bunga melati memiliki beberapa macam manfaat anatara lain digunakan sebagi bunga tabur, karena bunganya yang wangi digunakan sebagi bahan industri minyak wangi dan kosmetik, Pucuk bunga melati banyak dimanfaatkan sebagai riasan untuk pengatin dan rangkaian bunga, bunganya dapat dibuat untuk campuran teh.

Pada beberapa jenis tanaman melati bagian daun dan bunganya dapat digunakan untuk mengurangi dan menghentikan keluarnya ASI (Air Susu Ibu) dengan cara diremukkan dan ditempelkan pada bagian atas dada.

Selain itu dari jenis lainnnya, daun tanaman melati dapat digunakan untuk mengobati bisul dan sakit kulit, digunakan sebagai obar kumur sariawan dan pembengkakan gusi. Sedangkan air rendaman bunga melati dapat digunakan sebagai air penyegar untuk mencuci muka.

Dari sekitar 200 spesies tanaman melati, itulah beberapa jenis yang umum dibudidayakan sebagai tanaman hias maupun untuk dijual. Semoga artikel ini bermanfaat, terimakasih telah berkunjung di FaunadanFlora.Com 🙂 🙂

Leave a Reply