Cara Budidaya Jambu Air Dalam Pot Agar Cepat Berbuah

Posted on

Panduan Lengkap Cara Budidaya Dan Menanam Jambu Air Dalam Pot Agar Cepat Berbuah

Jambu air adalah jenis tumbuhan yang masuk kedalam suku Myrtaceae atau jambu-jambuan, tumbuhan ini berasal dari kawasan Asia Tenggara. Jambu air biasanya berupa tanaman perdu dengan tinggi hanya sekitar 3 sampai 10 meter dan batang biasanya bercabang dan bengkok dengan buah seperti buah buni, bentuknya seperti gasing dengan bagian pangkal kecil dan bagian ujung melebar serta biasanya bagian ujung dengan pangkal di pisahkan oleh lekukan. Buah jambu air biasanya berwarna merah, merah hati, putih atau hijau dan berwarna putih pada bagian dalam, mengandung banyak air, serta rasanya ada yang manis, masam dan ada yang sedikit sepat.

Banyak orang yang mulai menanam jambu air, bagi anda yang tidak memiliki lahan yang luas untuk menanam jambu air ini jangan khawatir karena kami akan memberikan cara untuk menanam jambu air ini dengan praktis yaitu dengan menanam jambu air itu dalam pot. Berikut adalah cara menanam jambu air dalam pot:

a. Bibit Jambu Air
Bibit untuk ditanam sebaiknya bibit yang berasal dari hasil cangkok bukan dari biji. Pastikan bibit hasil cangkok tersebut berasal dari tanaman induk yang sudah berbuah. Bibit yang akan ditanam adalah bibit yang berasal dari cangkok yang sudah berumur setidaknya 2-3 bulan.

b. Penanaman Jambu Air Dalam Pot
Setelah bibit siap, lakukan penanaman. Pertama siapkan pot yang ukurannya disesuaikan dengan ukuran bibit, siapkan pula media tanam berupa tanah yang subur dicampur dengan pupuk kandang dengan perbandingan 1 : 1. Setelah itu masukan media tanam hingga setengah bagian pot lalu tanam bibit dengan posisi tegak tepat dibagian tengah. Lalu timbun kembali dengan media tanam jangan sampai penuh. Setelah selesai lakukan penataan terhadap tanaman jambu air yang telah ditanam daam pot dengan jarak 2,5 m – 3 m agar ada sela untuk sirkulasi udara antar pohon jambu air.

c. Perawatan Tanaman Jambu Air Dalam Pot
Penyiraman
Lakukan penyiraman secara rutin yaitu 2 kali sehari yaitu pada pagi hari dan sore hari agar lebih mudah melakukan penyiraman, lakukan penyiraman dengan menggunakan kran otomatis.
Pemupukan
Pemupukan terhadap tabulampot jambu air atau tanam buah dalam pot jambu air ini dilakukan seminggu 2 kali, tetapi bila tanaman jambu air sudah berbuah maka pemupukan dilakukan sebanyak sekali dalam seminggu.
Pemasangan kelambu (Bila Perlu)
Untuk menghindari tabulapot jambu air terserang hama dan penyakit bisa dilakukan penutupan tanaman dengan menggunakan kelambu.

d. Pemanenan Jambu Air
Jambu air dapat mulai dipanen pada saat tanaman jambu air berumur setidaknya 1,5-2 tahun. Buah jambu air dapat berbuah setiap saat karena bukan termasuk buah musiman.

Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Budidaya Jambu Air Dalam Pot Agar Cepat Berbuah“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa