6 Panduan Lengkap Cara Budidaya Pepaya Merah Delima Agar Cepat Berbuah Dan Panen

Posted on

6 Panduan Lengkap Cara Budidaya Pepaya Merah Delima Agar Cepat Berbuah Dan Panen – Pepaya (Carica papaya) atau betik adalah tumbuhan yang berasal dari genus Carica yang berasal dari Meksiko bagian selatan dan bagian utara Amerika Selatan, namun kini sudah tersebar luas dan banyak ditanam di seluruh daerah tropis untuk diambil buahnya.

Klasifikasi ilmiah Pepaya
Kerajaan: Plantae
(tidak termasuk): Angiospermae
(tidak termasuk): Eudikotil
(tidak termasuk): Rosidae
Ordo: Brassicales
Famili: Caricaceae
Genus: Carica
Spesies: C. papaya

Terdapat berbagai jenis pepaya, diantaranya seperti pepaya california, pepaya calina, pepaya merah delima dan lain sebagainya. Nah kali ini kita akan membahas tentang cara budidaya pepaya merah delima. Berikut selengkapnya:

Cara Budidaya Pepaya Merah Delima

Syarat Tumbuh Pepaya Merah Delima

Tanaman pepaya merah delima dapat tumbuh dengan baik pada daerah dataran rendah maupun dataran tinggi hingga ketinggian 700 mdpl dengan curah hujan sekitar 1500-2000 mm/tahun dan suhu sekitar 22-30°C. Tanaman ini akan tumbuh dan maksimal pada tanah yang kaya akan kandungan bahan organik, memiliki sistem drainase yang baik den memiliki pH sekitar 6,5-7.

Pepaya merah delima ini harus mendapatkan sinar matahari secara penuh, dengan banyak menerima sinar matahari maka tanaman akan lebih cepat berbunga dan berbuah serta buah cepat masak dan lebih manis.

Persiapan Bibit pepaya Merah Delima

Bibit pepaya merah delima dapat diperoleh dari biji. Biji tersebut dikecambahkan terlebih dahulu dengan cara merendamnya selama satu malam, kemudian simpan dalam wadah tertutup dengan dilapisi tisu atau kain basah lalu ditempatkan pada ruangan bersuhu sekitar 30°C. Biji akan berkecambah setelah 6-12 hari kemudian. Selanjutnya, pindahkan kecambah tersebut ke polybag tanam yang telah diisi media tanam berupa tanah, pupuk kandang dan tricoderma. Setelah bibit berumur 30-40 hari atau telah memiliki 5-8 helai daun, bibit dapat dipindah tanamkan ke lahan sebenarnya.

Persiapan Lahan Tanam Pepaya Merah Delima

Lahan yang akan digunakan untuk budidaya dibersihakan terlebih dahulu dari gulma atau tanaman pengganggu lainnya. Setelah itu, gemburkan tanah dengan cara dicangkul.

Selanjutnya, buatlah bedengan dengan ukuran sekitar 6 m untuk panjangnya, 1-1,5 m untuk lebarnya dan tinggi sekitar 20 cm. Berikan jarak antar bedengan sekitar 50 cm.

Kemudian, buatlah lubang tanam dengan ukuranb sekitar 40 cm x 40 cm x 40 cm dan berikan jarak tanam sekitar 2 x 2 m. Kemudian, isi lubang tanam tersebut dengan campuran pupuk kandang dan dolomit, lalu diamkan selama 1-2 minggu. Kemudian tambahkan pupuk dasar TSP dan juga insektisida.

Cara Menanam Pepaya Merah Delima

Setelah semua siap, selanjutnya lakukan penanaman. Pindahkan bibit dari polybag ke lubang tanam secara hati-hati, usahakan media tanamnya jangan sampai rusak. Masukkan bibit dalam lubang tanam lalu timbun kembali dengan tanah lapisan atas. Dalam satu lubang tanam dapat ditanami 2 bibit pepaya.

Cara Merawat Tanaman Pepaya Merah Delima

Lakukan pemberian mulsa pada tanaman pepaya tersebut, mulsa tersebut dapat berupa jerami. Pemulsaan tersebut bertujuan untuk menjaga kelembaban tanah dan juga menekan pertumbuhan gulma.

Lakukan pemupukan dengan menggunakan pupuk NPK ataupun pupuk campuran tunggal. Pemupukan tersebut dilakukan dengan meletakkanya di sekeliling tanaman. Setelah itu lakukan penyiraman. Selain diletakkan langsung ke tanah, pupuk dapat diencerkan dulu dalam air baru disiramkan. Pemupukan dan penambahan dolomit dapat dilakukan setiap 3-4 bulan.

Jika tanaman sudah mulai berbunga, maka lakukan penyelesian pada bunga. Pilihlah bunga yang sempurna dengan ciri memiliki serbuk sari dan putik. Lakukan pula penyeleksian pada buah saat berumur 2 minggu seterlah bunga mekar, buang buah yang cacat fisik.

Masa Panen Pepaya Merah Delima

Pemanenan pepaya merah delima dapat dilakukan setelah tanaman berumur 8 bulan setelah tanam. Pemanenan ini dilakukan saat buah masih mengkal dengan warna kuning 5-10% untuk pasaran lokal dan 5% untuk pasaran jauh. Panen pepaya merah delima ini dapat dilakukan setiap seminggu sekali.

Demikian artikel pembahasan tentang”6 Panduan Lengkap Cara Budidaya Pepaya Merah Delima Agar Cepat Berbuah Dan Panen“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampa jumpa