Cara Menanam Bawang Dayak Dalam Pot Dengan Mudah Bagi Pemula

Posted on

Panduan Cara Menanam Bawang Dayak Dalam Pot Dengan Mudah Bagi Pemula – Bawang Dayak atau Bawang Sabrang (Eleutherine palmifolia) adalah salah satu jenis bawang yang memiliki kelopak berwarna putih dan daunnya mirip dengan daun pohon palem namun ukurannya jauh lebih kecil dari daun palem. Bentuk bawang ini hampir sama dengan bawang merah pada umumnya namun ukuranya lebih besar dan lebih lonjong dan warnanya sedikit lebih kehitaman dibandingkan dengan bawang merah pada umumnya

Di Kalimantan, bawang dayak ini banyak ditanam di pekarangan rumah. Selain disebut dengan bawang dayak atau bawang sabrang, bawang ini disebut dengan bawang mekah, bawang hutan atau bawang kambe.

Jika pada umumnya bawang dimanfaatkan sebagai bumbu dapur, beda halnya dengan bawang dayak ini. Bawang dayak ini dimanfaatkan sebagai obat atau Tanaman Obat keluarga (TOGA) karena dapat membantu mengatasi berbagai penyakit seperti penyakit kanker, penyakit jantung, diabetes, penyakit kuning dan lain sebagainya. Tanaman bawang dayak ini berasal dari Benua Amerika tapi sekarang telah banyak tersebar ke seluruh penjuru dunia dan banyak orang tertarik untuk menanam atau budidaya bawang dayak ini baik itu untuk digunakan untuk TOGA ataupun untuk diperdagangkan karena harganya yang cukup tinggi dibandingkan dengan bawang jenis lain.

Cara Menanam Bawang Dayak Dalam Pot atau Tabulampot Bawang Dayak

Persiapan Tempat dan Media Tanam Bawang Dayak

Siapkan pot dengan diameter sekitar 30 cm, atau bisa disesuaikan dengan ukuran bibit yang akan ditanam.

Siapkan media tanam berupa campuran tanah gembur dan berpH netral atau lebih; pupuk kandang/kompos; dan sekam dengan perbandingan 2:2:1. Lembabkan media tanam dengan cara diberi sedikit air untuk memudahkan mencampurkan media tanam tersebut.

Persiapan ini biasanya dilakukan kurang lebih sekitar 2-5 hari sebelum tanam.

Pembibitan Bawang Dayak

Siapkan bawang dayak yang sudah berumur tua dengan kondisi baik dan berukuran besar. Setelah itu, tusukkan lidi dibagian tengah bawang dayak dan letakkan di bagian mulut gelas ataupun botol yang diisi dengan air bersih, biarkan bagian bawah bawang menghadap ke permukaan air yang ada di dalamnya. Biarkan hingga akar dan tunas pada bawang dayak muncul, untuk tunasnya biarkan memiliki tinggi sekitar 5-10 cm.

Jika tidak ingin repot, anda dapat membeli bibit bawang dayak siap tanam pada petani bawang dayak ataupun di toko bibit.

Penanaman Bawang Dayak Dalam Pot

Jika semuanya sudah siap, segera lakukan penanaman. Masukkan media tanam dalam pot yang telah disiapkan kemudian buatlah lubang tanam pada media tanam 1-3 lubang tanam dalam satu pot (tapi semakin sedikit bibit yang ditanam dalam pot semakin baik bagi pertumbuhan bibit).

Setelah itu, masukkan bibit bawang dayak yang telah berdaun dan memiliki ketinggian 5-10 cm ke lubang tanam yang telah dibuat kemudian timbun kembali dan sedikit padatkan agar tanaman bawang dayak dapat berdiri tegak.

Perawatan Tanaman Bawang Dayak

Lakukan penyiraman sebanyak 1-2 kali sehari tergantung kondisi media tanam dan cuaca. Lakukan pula pemupukan dan penyiangan setiap 2 minggu sekali hingga tanaman memasuki masa panen.

Apabila tanaman bawang dayak terserang hama, segera lakukan penanganan dengan memberikan insektisida baik insektisida alami maupun insektisida kimia.

Masa Panen Bawang Dayak

Pemanenan bawang dayak dapat dilakukan setelah tanaman bawang dayak berumur 5-6 bulan atau setelah tanaman berbunga. Seminggu sebelum pemanenan segala aktivitas perawatan dihentikan.

Demikian artikel pembahasan tentang “Cara Menanam Bawang Dayak Dalam Pot Dengan Mudah Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa