Cara Menanam Buah Delima

Cara Menanam Buah Delima Di Pot ataupun Di Kebun Dengan Mudah dan Cepat berbuah Lebat

Posted on

Cara Menanam Buah Delima Di Pot ataupun Di Kebun Dengan Mudah dan Cepat berbuah LebatDelima (Punica granatum) adalah salah satu jenis tanaman buah yang berasal dari famili Lythraceae. Tanaman buah ini adalah tanaman perdu atau kecil dengan ketinggian hanya sekitar 2 hingga 5 meter. Batangnya berkayu, rantingnya berbentuk persegi dan memiliki banyak cabang, daunnya berbentuk lonjong hingga lanset berwarna hijau, berpangkal lancip berujung tumpul dengan panjang sekitar 1 hingga 9 cm dan lebar sekitar 0,5 hingga 2,5.

Buahnya buni, berbentuk bulat berdiameter 5 hingga 12 cm. Kulit buahnya memiliki warna beragam ada yang putih, hijau keunguan, ungu kehitaman, hingga cokelat kemerahan dengan bercak berwarna lebih tua yang agak menonjol. Biji pada buah memiliki jumlah yang banyak, berukuran kecil, Berbentuk bulat panjang bersegi agak pipih berwarna merah, putih, atau merah jambu.

Buah delima memiliki banyak manfaat, diantaranya seperti: Membantu membersihkan kulit, Membantu mengurangi peradangan pada kulit, Membantu mengurangi radang tenggorokan dan lain sebagainya.

Karena manfaatnya yang cukup banyak, buah ini banyak di tanam atau dibudidayakan. Berikut adalah cara menananam budidaya buah Pome atau Delima dalam Pot atau di Kebun:

1. Persiapan Bibit Buah Delima
Bibit buah delima dapat diperoleh melalui biji, cangkok atau stek batang dan juga dari tunas. Namun, agar cepat berbuah gunakan bibit dari cangkok batang.

Jika anda ingin penanam dari biji maka anda harus melakukan penyemaian terlebih dahulu. Berikut adalah cara penyemaian biji benih delima:

  • Pilihlah buah delima yang sudah tua, lalu belah dan ambil bijinya.
  • Selanjutnya, jemur biji buah delima tersebut selama sekitar satuhari di bawah terik matahari. Jika sudah kering, letakkan biji pada tempat yang teduh dan diamkan selama semalaman.
  • Sebelum disemai, biji buah delima direndam terlebih dahulu dengan air hangat selama sekitar 4 jam.
  • Jika sudah, tiriskan dan lakukan penyemaian biji benih pada media semai yang telah disiapkan sebelumnya.
  • Lakukan penyiraman secara teratur yaitu pada pagi dan sore hari hingga bibit tumbuh dan dapat dipindah tanamkan ke lahan tanam.

2. Persiapan Lahan Tanam
Lahan yang akan digunakan untuk menananm delima diolah terlebih dahulu. Setelah itu buatlah lubang tanam dengan ukuran sekitar 50x50x50 cm dan selanjutnya masukkan pupuk kandang untuk pupuk dasar hingga 2/3 bagian lubang tanam. Diamkan lubang tanam selama sekitar 3 minggu.

Jika anda ingin menanam buah delima dalam pot, maka anda perlu mempersiapkan pot dengan ukuran besar lalu isi pot tersebut dengan media tanam berupa campuran tanah yang gembur dengan pupuk kandang.

3. Penanaman Delima
Jika bibit telah berukuran tinggi sekitar 20 cm, bibit dapat dipindah tanamkan ke lahan tanam atau pot tanam yang telah disiapkan. Ambil bibit dari media semai beserta tanah semainya dengan menggunakan bantuan pisau atau yang lainnya.

Setelah itu tanam bibit pada lubang tanam yang telah dibuat ataupun dalam pot tanam yang telah disiapkan sebelumnya.

4. Perawatan Tanaman Buah Delima
Lakukan Pemangkasan cabang-cabang yang ada pada pohon delima agar nutrisi yang diserap oleh pohon dapat digunakan untuk berbunga. Untuk penyiraman, lakukan penyiraman secara rutin terutama pada musim kemarau.

Selain itu, lakukan pemupukan susulan pada saat tanaman telah berumur sekitar 6 bulan setelah tanam.

5. Pemanenan Buah Delima
Buah delima dapat mulai dipanen jika sudah matang ditandai dengan pangkal buahnya yang menguning. Pemanenan buah delima di lakukan dengann cara memotong tangkai buahnya. Buah delima dapat dimakan dalam keadaan segar ataupun dibuat minuman.

Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam Buah Delima Di Pot ataupun Di Kebun Dengan Mudah dan Cepat berbuah Lebat“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa