Budidaya Bawang Dayak

Cara Menanam Budidaya Bawang Dayak Dengan Mudah Bagi Pemula

Posted on

Cara Menanam Budidaya Bawang Dayak Dengan Mudah Bagi Pemula Bawang Dayak atau Bawang Sabrang (Eleutherine palmifolia) adalah salah satu jenis bawang yang memiliki kelopak berwarna putih dan daunnya mirip dengan daun pohon palem namun ukurannya jauh lebih kecil dari daun palem. Bentuk bawang ini hampir sama dengan bawang merah pada umumnya namun ukuranya lebih besar dan lebih lonjong dan warnanya sedikit lebih kehitaman dibandingkan dengan bawang merah pada umumnya

Di Kalimantan, bawang dayak ini banyak ditanam di pekarangan rumah. Selain disebut dengan bawang dayak atau bawang sabrang, bawang ini disebut dengan bawang mekah, bawang hutan atau bawang kambe.

Jika pada umumnya bawang dimanfaatkan sebagai bumbu dapur, beda halnya dengan bawang dayak ini. Bawang dayak ini dimanfaatkan sebagai obat atau Tanaman Obat keluarga (TOGA) karena dapat membantu mengatasi berbagai penyakit seperti penyakit kanker, penyakit jantung, diabetes, penyakit kuning dan lain sebagainya. Tanaman bawang dayak ini berasal dari Benua Amerika tapi sekarang telah banyak tersebar ke seluruh penjuru dunia dan banyak orang tertarik untuk menanam atau budidaya bawang dayak ini baik itu untuk digunakan untuk TOGA ataupun untuk diperdagangkan karena harganya yang cukup tinggi dibandingkan dengan bawang jenis lain. Berikut ini cara menanam bawang dayak/cara budidaya bawang dayak:

Cara Menanam Budidaya Bawang Dayak

Persiapan Lahan Tanam

Mempersiapkan lahan tanam dengan baik adalah salah satu faktor terpenting yang mempengaruhi keberhasilan dalam budidaya. Lakukan penyuburan tanah dengan cara melakukan penggemburan tanah, pemupukan dasar, menjaga derajat keasaaman tanah , serta melakukan pembersihan lahan dari tanam yang mengganggu , selanjutnya buatlah bedengan agar mudah melakukan perawatan.

Pemilihan Bibit

Untuk mendapatkan hasil yang memuaskan, maka pilihlah bibit yang berkualitas. Bibit yang telah didapatkan selanjutnya disemaikan terlebih dahulu. Persemaian bibit tersebut dilakukan hingga 1 bulan setelah itu bibit dapat diopindah tanamkan ke lahan tanam.

Penanaman Bawang Dayak

Pada bedengan yang telah dipersiapkanj sebelumnya, buatlah lubang tanam dengan ukuran menyesuaikan dengan ukuran media tanam. Setelah lubang tanam selesai dibuat kemudian isi dengan air secukupnya agar tanah tetap lembab. Setelah itu, lakukan penanaman segera. Masukkan bibit kedalam lubang tanam lalu timbun kembali hingga menutupi pangkal batang.

Pemeliharaan Bawang Dayak

Penyiraman
Penyiraman bawang dayak dilakukan secara teratur sebanyak 2 kali sehari yaitu pada pagi dan sore hari terutama pada awal tanam dan menjelang panen.

Pemupukan
Lakukan pemupukan secukupnya, pemupukan tersebut dilakukan dengan menggunakan pupuk organik agar lebih cepat teremulsi oleh tanah.

Penyiangan
Lakukan penyiangan pada gulma atau tanaman pengganggu lainnya agar pertumbuhan bawang dayak tidak terganggu. Penyiangan ini dapat dilakukan secara rutin.

Pemangkasan Tajuk
Lakukan pemangkasan tajuk dengan cara membuang cabang negatif dan tersier untuk memeperbaiki sirkulasi udara dan juga mengurangi serangan hama.

Pemanenan Bawang Dayak

Masa panen bawang dayak yaitu setelah tanaman berbunga. Bawang dayak ini dapat menghasilkan umbi seberat 300 gram per bartang tanaman namun hal tersebut tergantung pada perawatan yang dilakukan.

Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam Budidaya Bawang Dayak Dengan Mudah Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa