Panduan Lengkap Cara Menanam Budidaya Kubis Cina (Brassica chinensis) Yang Kaya Akan Manfaat

Posted on

Panduan Lengkap Cara Menanam Budidaya Kubis Cina (Brassica chinensis) Yang Kaya Akan Manfaat – Kubis cina (Brassica rapa chinensis) merupakan varian kultivar atau subspesies dari lobak dan masuk pada genus yang sama seperti halnya kubis, brokoli, dan kubis bunga. Ada dua tipe yang umum untuk Kubis cina ini yaitu pak choi dan choi sam.

Pak choi dikenal dengan nama kubis putih cina, karena memiliki tangkai daun putih yang khusus, meskipun beberapa varietas memiliki tangkai daun yang hijau. Sedangkan varietas choi sam adalah kubis cina berbunga, ciri utamanya yaitu tumbuhnya yang tegap dan cepat tumbuh atau biasa dikenal dengan nama sawi hijau.

Adapun manfaat kubis china untuk kesehatan dan kecantikan diantaranya yaitu:

1. Menghindarkan Terjadinya Penuaan Dini
2. Membuat Pencernaan Jadi Lancar
3. Melancarkan Aliran Darah
4. Mencegah Kanker Serviks
5. Membantu Menghindari Maag
6. Membantu Kerja Ginjal
7. Mengurangi Nyeri
8. Menurunkan Demam
9. Mengobati Radang
10. Menguatkan Tulang dan Gigi
11. Mencegah Gigi Keropos
12. Mencegah Kerusakan Tulang Penyangga Gigi
13. Meningkatkan Kinerja Otak
14. Menenangkan Sistem Syaraf yang Tegang
15. Stabilkan Mood yang Sedang Buruk
16. Mengatasi Radang Gusi
17. Ringankan Nyeri Kepala
18. membantu menurunkan Demam
19. Menghilangkan Lesu
20. Membantu Menyembuhkan Letih
21. Mengatasi Aterosklerosis
22. Menyembuhkan Insomnia
23. Menenangkan Syaraf yang Tegang
24. Membantu Menghilangkan Mual
25. Menekan Produksi Asam Lambung

Cara Budidaya Kubis China

Persiapan Bibit Kubis China

Benih yang sudah siap, disemaikan terlebih dahulu di dalam kotak-kotak atau bedengan persemaian jika menginginkan panen dalam jangka waktu 4 minggu. Jika dilakukan penyebaran langsung dibutuhkan waktu sekitar enam minggu untuk menunggu kubis china siap panen. Disarankan tidak menggunakan polybag pada saat penyemaiannya karena hal tersebut hanya akan membuang biaya yang lebih banyak.

Penanaman Kubis China

Tanaman kubis china yang telah disemai dapat dipindah tanamkan sejak umur 3 (tiga) minggu dengan jarak tanam sekitar 15 cm, dan diberikan naungan selama 5 (lima) hari pertama. Jika bibit semai besar yang digunakan, tanaman sudah bisa dipanen jika telah berumur 25 hari setelah pindah tanam dengan hasil panen mencapai 30 ton per ha lahan. Dari pertanaman 6 (enam) minggu bisa dipanen hasil panen sebanyak 50 ton per ha.

Pemupukan Tanaman Kubis China

Agar nutrisi yang dibutuhkan tanaman kubis china terpenuhi, maka lakukan pemupukan. Pemupukan tersebut dapa dilakukan dengan menggunakan pupuk kompos atau pupuk kandang yang telah matang. Namun sebelumnya, jika tanah memiliki tingkat kemasaman dengan pH dibawah 5,5 maka dapat dilakukan pemberian kapur. Jenis sayuran ini tidak membutuhkan pupuk majemuk jika telah menggunakan pupuk kandang. Jika tidak, dianjurkan melakukan pemupukan dasar dengan menggunakan pupuk majemuk 12:12:17:2 sebanyak 200 kg/ha setiap pertanaman. Kebutuhan nitrogen untuk tanaman ini agar tanggap baik yaitu dengan takaran hingga 250 kg/ha pupuk urea. Urea sebaiknya diberikan melalui penyiraman pada tanaman sepanjang waktu pertumbuhannya hingga 1 (satu) minggu sebelum panen. Penyiraman yang sering dapat memacu pertumbuhannya.

Perawatan Tanaman Kubis China dari Hama

Umumnya, tanaman kubis china kurang rentan terhadap hama, umumnya tanaman ini diserang oleh ngengat punggung intan walaupun begitu pengaruhnya terhadap tanaman tidak serius. Karena tanaman ini tumbuh cepat, pemeliharaan bedengan benih yang bersih merupakan satu-satunya persyaratan untuk pengendalian gulma.

Demikian artikel pembahasan tentang “Panduan Lengkap Cara Menanam Budidaya Kubis Cina (Brassica chinensis) Yang Kaya Akan Manfaat“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa