Panduan Lengkap Cara Menanam Budidaya Pohon Zaitun Bagi Pemula Agar Sukses

Posted on

Panduan Lengkap Cara Menanam Budidaya Pohon Zaitun Bagi Pemula Agar Sukses – Zaitun atau Olea europaea adalah tumbuhan yang berasal dari suku Oleaceae, zaitun memiliki pohon yang perdu pendek dan besar dengan tinggi sekitar 8-15 meter, batangnya terpelintir dan keriput, daunnya berwarna hijau keperakan berbentuk lonjong berukuran sekitar 4-10 cm dengan lebar sekitar 1-3 cm. Bunganya berbentuk lonceng berbulu berukuran kecil dengan warna putih. Buahnya berukuran kecil berupa drup atau buah batu dengan ukuran panjang sekitar 1-2.5 cm dan biji berendosperma.

Klasifikasi Ilmiah Pohon Zaitun
Kerajaan: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Ordo: Lamiales
Famili: Oleaceae
Genus: Olea
Spesies: O. europaea
Subspesies:
Olea europaea subsp. europaea (Mediterranean Basin)
Olea europaea subsp. cuspidata (dari Afrika Selatan sampai Afrika Timur, Arabia sampai Barat Daya Tiongkok)
Olea europaea subsp. guanchica (Canaries)
Olea europaea subsp. cerasiformis (Madeira)
Olea europaea subsp. maroccana (Maroko)
Olea europaea subsp. laperrinei (Aljazair, Sudan, Niger)

Buah zaitun biasanya dimakan mentah atau dijadikan penyegar sesudah diawetkan, Sedangkan buah yang tua di peras untuk menghasilkan minyak yang kemudian akan diekstrak menjadi minyak zaitun yang memiliki banyak manfaat. Adapun manfaat minyak zaitun diantaranya yaitu: dapat melangsingkan dan memperindah tubuh, dapat mengurangi risiko terserang penyakit jantung, dapat mencegah penyakit kanker, dapat menjaga Kesehatan kulit serta menjaga ke elastisitas kulit dan banyak lagi yang lainnya.

Daerah di Indonesia yang potensial untuk menanam pohon zaitun diantaranya Malang, Dieng, Lembang yang memiliki suhu dingin dan musim kemarau yang keting dalam jangka waktu yang lama sangat cocok untuk pertumbuhan pohon zaitun.

Cara Budidaya Pohon Buah Zaitun

Persiapan Bibit Zaitun

Bibit buah zaitun dapat diperoleh di toko-toko yang menjual tanaman atau di pasar yang menjual bibit tanaman.

Persiapan Media Tanam Zaitun
Siapkan media tanam berupa campuran tanah, arang sekam dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1:1. Campurkan ketiga media tersebut hingga merata.

Cara Menanam Pohon Zaitun

Siapkan pot tanam jika ingin menanam buah zaitun dalam pot dan siapkan lahan tanam jika ingin ditanam di kebun.

Apabila ingin menanam langsung, olah terlebih lahan tanamnya agar unsur hara dalam tanah terpenuhi. Jika ingin menanam pohon zaitun lebih dari satu, maka berikan jarak tanam sekitar 5 meter dalam satu deret dan ditanam dengan alur utara selatan agar matahari mengenai semua pohon zaitun.

Perawatan Pohon Zaitun

Lakukan penyiraman pada pohon zaitun sebanyak satu kali sehari yaitu pada sore hari. Pohon zaitun sangat cocok tumbuh di daerah tropis karena pohon zaitun sangat tahan terhadap panas matahari dan cuaca yang tidak menentu.

Setelah berumur 30 hari, lakukan pemupukan dengan menggunakan pupuk NPK daun atau pupuk kandang dengan takaran satu kepalan tangan dengan pemupukan dilakukan setiap 3-6 bulan sekali.

Demikian artikel tentang “Panduan Lengkap Cara Menanam Budidaya Pohon Zaitun Bagi Pemula Agar Sukses“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai Jumpa