Cara Menanam Cabe Gendot atau Habanero Di Pot/Polybag Bagi Pemula Agar Cepat Panen

Posted on

Cara Menanam Cabe Gendot atau Habanero Di Pot/Polybag Bagi Pemula Agar Cepat PanenCabai gendol atau cabai gendot cabai bendot, Habanero (Capsicum chinense) adalah salah satu spesies cabai dari Capsicum. Cabai gendot atau habanero ini berasal dari semenanjung Yucatan. Cabai gendot ini sangat pedas bahkan melebihi pedas cabai rawit. Tingkat kepedasan cabai habareno mencapai 100.000-350.000 skala Scoville. Dinamakan cabai gendol karena bentuk cabai ini yang bengkak atau mengembung.

Di Indonesia, budidaya cabai habareno ini banyak dilakukan di Pulau Jawa yaitu sebatas perkebunan di sekitar Bandung dan di sekitar Dieng, Jawa Tengah. Nah kali ini kita akan membahas tentang cara budidaya cabe gendot atau habareno, berikut selengkapnya:

Cara Menanam Cabe Gendot atau Habanero Dalam Pot atau Polybag

Persiapan Bibit Cabe Gendot

Pilih bibit cabe gendot yang bagus dan sesuai dengan lahan tanam yang akan digunakan karena ada banyak jenis cabe gendot. Benih bibit cabe gendot ini dapat didapatkan dengan membelinya di toko pertanian.

Jika biji benih cabe gendot sudah siap, selanjutnya semai biji ke media penyemaian. Tempat penyemaian dapat beruipa tray semai atau yang lainnya yang diisi dengan media semai berupa campuran tanah dan pupuk kandang/kompos. Tabur benih cabe gendodi permukaan media semai, tutup kembali biji tersebut dengan media tanam lalu lakukan penyiraman secukupnya. Proses penyemaian cabai Gendot bisa dilakukan selama 2 minggu hingga 1 bulan hingga berkecambah/muncul tunas tergantung kehangatan dan kelembapan penyemaian. Untuk membuat perkecambahan biji lebih mudah tutup benih dengan bungkus plastik dan simpan di tempat yang hangat.

Persiapan Tempat dan Media Tanam Cabe Gendot

Tempat tanam yang perlu disiapkan untuk menanam cabe gendot dapat berupa pot, polybag atau wadah yang lainnya dengan ukuran besar dan lebar atau dapat disesuaikan dengan ukuran tanaman cabe gendot yang akan ditanam.

Siapkan media tanam berupa campuran tanah yang gembur dan subur dengan pupuk kandang/kompos yang sudah matang.

Penanaman Cabe Gendot Dalam Pot/Polybag

Jika semua sudah siap, selanjutnya lakukan penanaman. Masukkan media tanam dalam pot lalu buatlah lubang tanam tepat di media tanam, kemudian masukkan bibit cabe gendot tersebut lalu timbun dan sedikit padatkan media tanam disekitar tanaman cabe gendot tersebu, berikan ajir dan ikatkan dengan tali agar tanaman cabe gendot tidak mudah roboh karena angin atau air hujan. Setelah itu, lakukan penyiraman secukupnya saja.

Pemeliharaan Cabe Gendot Dalam Pot

Lakukan penyiraman secara teratur namun secukupnya saja jangan terlalu berlebihan hingga tergenang. Lakukan penyemprotan pestisida (sebaiknya alami) untuk mencegah atau membasmi hama yang ada ditanaman cabai Gendot tersebut. Penyemprotan tersebut dilakukan dengan pestisida yang sesuai dan sesuai dengan dosis yang dianjurkan.

Lakukan penyiangan pada gulma atau tanaman lainnya yang tumbuh disekitar tanaman cabai gendot dalam pot, agar nutrisi yang dibutuhkan untuk tumbuh tidak berebut dengan gulma tersebut.

Agar nutrisi yang dibutuhkan tanaman cabai habanero terpenuhi, maka lakukan pemupukan susulan. Pemupukan susulan tersebut dilakukan setelah tanaman berumur seminggu dan seterusnya. Pemupukan tersebut dapat menggunakan pupuk kandang/kompos atau pupuk alami lainnya dengan dosis yang sesuai.

Masa Panen Cabe Gendot

Untuk waktu pemanenan cabe gendot ini dapat bervariasi, tergantung bibit dan kondisinya, namun sebagian besar varietas membutuhkan waktu sekitar 2-4 bulan. Ciri cabai Gendot yang sudah siap panen yaitu warnanya sudah merah atau sudah tua. Semakin tua cabe gendot maka rasanya semakin pedas.

Demikian artikel pembahasan tentang “Cara Menanam Cabe Gendot atau Habanero Di Pot/Polybag Bagi Pemula Agar Cepat Panen“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa.