Cara Menanam dan Merawat Bunga Angelonia Bagi Pemula, Mudah!

Posted on

Cara Menanam dan Merawat Bunga Angelonia Bagi Pemula, Mudah! – Tanaman hias bunga angelonia (Angelonia angustifonia) adalah salah satu tanaman hias bunga yang populer sebagai tanaman hias pot maupun pekarangan rumah. Tanaman hias bunga angelonia ini merupakan tanaman asli Meksiko hingga Hindia Barat. Bunga angelonia juga disebut dengan bunga summer snapdragon karena bunga angelonia mirip dengan mulut naga yang jika ditekan akan membuka dan menutup. Bunga angelonia berwarna ungu, pink, putih dan ada yang bicolor yang berkumunan pada batangnya membuatnya sekilas mirip dengan tanaman bunga snapdragon.

Tanaman bunga angelonia ini memiliki bentuk daun hijau memanjang dan bergerigi pada bagian tepinya. Daun tanaman bunga ini memiliki aroma yang khas mirip dengan apel. Tanaman angelonia ini dapat tumbuh hingga ketinggian 65 cm bahkan bisa lebih tinggi apabila dalam kondisi cuaca panas. Tanaman hias angelonia ini cukup toleran terhadap hama dan juga kekeringan. Batang tanaman bunga ini menghasilkan bunga sepanjang 60 cm dan sangat sedap dipandang.

Bunga angelonia ini dapat tumbuh dan mekar dengan mudah tanpa membutuhkan perlakuan perawatan yang khusus. Cara menanam dan merawat bunga angelonia dapat dilakukan melalui biji ataupun melalui stek, berikut ini selengkapnya:

Cara Menanam Bunga Angelonia

Cara Menanam Angelonia Dari Biji

Pertama, biji angelonia yang berukuran kecil diambil dari polong yang sudah kering. Kemudian keringkan terlebih dahulu biji tersebbut lalu semai dalam ruangan selama 6-12 minggu.

Siapkan pot dan juga media tanam. Media tanam yang perlu disiapkan yaitu campuran pupuk kompos dan bahan organik lainnya. Setelah itu, semai biji benih ke media tanam.

Selama proses perkecambahan, simpan benih yang sudah disemai pada tempat yang teduh yaitu hingga 7-14 hari setelah tanam.

Setelah itu, secara bertahap pindahkan tanaman bunga angelonia ke tempat yang terkena sinar matahari teduh di luar ruangan.

Bunga angelonia ini memerlukan waktu sekitar 14 minggu sejak penyemaian hingga muncul bunga pertama.

Cara Menanam Angelonia Dengan Stek Batang

Tanaman bunga angelonia ini akan mudah dan cepat tumbuh jika ditanam melalui stek batang. Tanam batang stek angelonia pada media tanam yang memiliki drainase yang baik. Apabila kondisi tanah dan lingkungan mendukung maka setelah 2 minggu, batang stek akan berakar.

Cara Menanam Angelonia Dengan Pemisahan Rumpun

Gali tanaman angelonia dengan akarnya lalu pisahkan berdasarkan rumpun akarnya. Selanjutnya tanam tanaman angelonia tersebut dalam pot. Letakkan pada tempat yang teduh, lakukan penyiraman pada awal penanaman. Jika tanaman sudah tumbuh, tidak perlu dilakukan penyiraman secara intens.

Cara Merawat Bunga Angelonia

Tanaman angelonia akan tumbuh dengan baik pada tempat dengan paparan sinar matarahi penuh sepanjang hari namun juga toleran terhadap tempat teduh sebagian. Meskipun begitu, lakukan penyiraman sesekali apabila tanah sudah kelihatan mengering.

Apabila tanaman bunga hias angelonia ini ditanam pada lahan yang luas maka setiap tanaman diberi jarak sekitar 25-30 cm, agar sirkulasi udaranya tetap terjaga dengan baik.

Agar nutrisi yang dibutuhkan tanaman bunga angelonia tercukupi, lakukan pemupukan setiap 2 bulan sekali dengan menggunakan pupuk kompos atau pupuk cair. Agar angelonia menghasilkan daun yang lebih rimbun, lakukan pemangkasan dan setelah 2-3 minggu tanaman angelonia akan kembali berbunga.

Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam dan Merawat Bunga Angelonia Bagi Pemula, Mudah!“,┬ásemoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa