Cara Menanam dan Merawat Bunga Kacapiring (Gardenia) Di Rumah Bagi Pemula

Posted on

Cara Menanam dan Merawat Bunga Kacapiring (Gardenia) Di Rumah Bagi Pemula – Bunga Gardenia atau lebih dikenal dengan tanaman bunga kacapiring atau kaca piring adalah salah satu jenis tanaman hias bunga populer yang merupakan tanaman perdu tahunan dari suku kopi-kopian (Rubiaceae).

Ciri tanaman bunga kacapiring, yaitu tanaman ini merupakan tanaman perdu tegak dengan tinggi sekitar 1-2 m. Memiliki batang berkayu, bercabang, ranting mudanya terlapis lilin  dengan warna hijau kecoklatan. Bunga kacapiring ini berwarna putih dan beraroma harum semerbak. Permukaan daun tanaman kacapiring licin dan mengkilap.

Klasifikasi bunga kaca piring
Kingdom: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Ordo: Rubiales
Famili: Rubiaceae
Genus: Gardenia
Spesies: Gardenia augusta

Bunga gardenia atau kacapiring ini merupakan salah satu komoditas bunga potong yang biasa digunakan dalam karangan bunga dan korsase. Selain itu, tanaman bunga gardenia atau kacapiring mengandung senyawa seperti minyak atsiri, gardenin, genipin, gardenosid, geniposid, scandoside menthyl ester, tanin, mannitol, gentiobioside, klorgenin, krosetin, krosin, flavonoid, polifenol, sitosterol dan saponin. Dengan banyaknya kandungan senyawa yang ada dalam tanaman bunga kacapiring ini, tanaman ini memiliki banyak manfaat diantaranya seperti melancarkan sistem pencernaan, mempercepat penyembuhan luka, melancarkan menstruasi, melancarkan sirkulasi darah, mengurangi nyeri sakut gigi, anti inflmasi, anti biotik, obat sariawan, obat sakit gigi, bahan pewarna alami dan lain sebagainya.

Jika anda ingin menanam bunga kacapiring ini, berikut cara menanam dan merawat bunga kaca piring dirumah:

Cara Menanam dan Merawat Bunga Kacapiring

Tanaman bunga kacapiring terkenal sebagai tanaman bunga yang sensitif jadi lokasi dan perawatan perlu diperhatikan agar tanaman dapat tumbuh dengan baik. Pilih lokasi tanaman yang memiliki kelembapan yang tinggi dan juga sinar matahari yang cukup. Namun, tanaman ini toleran pula pada tempat yang teduh. Tanaman bunga kacapiing ini dapat ditanama diarea terbuka maupun ditanam dalam pot.

Cara Menanam Bunga Kacapiring (Gardenia)

Pertama, siapkan terlebih dahulu bibit tanaman bunga kacapiring. Bibit bunga kacapiring dapat diperoleh dengan cara stek tangkai atau bisa membeli bibit di toko tanaman.

Karena tanaman kacapiring menyukai tanah yang lembab, siram tanah yang akan dijadikan lokasi atau media tanam bunga kacapiring. Selain itu hal ini dilakukan agar memapermudah penanaman.

Campurkan pupuk kompos dan lumut gambut pada tanah guna memperbaiki drainase dan pemenuhan kebutuhan nutrisi tanaman bunga gardenia. Derajat keasaman atau pH tanah yang idela untuk menanam bunga kacapiring ini yaitu 5-6.

Selanjutnya, buatlah lubang tanam disesuaikan dengan gumpalan akar tanaman. Jika sudah jadi, kemudian masukkan bibit bunga kacapiring yang telah disiapkan ke dalam lubang tanam dengan hati-hatri agar tidak merusak akarnya. Tutup kembali dengan media tanam disekitar bibit lalu siram.

Cara Merawat Bunga Kacapiring (Gardenia)

Lakukan penyiraman secara teratur, jika kondisi media tanam kering maka lakukan penyiraman. Penyiraman tersebut dilakukan pada area akar. Agar tumbuh dengan subur, maka lakukan pemupukan setidaknya dua kali dalam setahun. Pupuk yang dapat digunakan dapat menggunakan pupuk kompos maupun pupuk kandang. Jika ada bunga yang layu atau rantung yang mati maka lakukan pemangkasan. Selain hal tersebut, jika tanaman terserang hama dan penyakit maka lakukan penanganan dengan menggunakan insektisida.

Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam dan Merawat Bunga Kacapiring (Gardenia) Di Rumah Bagi Pemula,¬†semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa