Cara Menanam dan Merawat Bunga Lantana Di Rumah Bagi Pemula

Posted on

Cara Menanam dan Merawat Bunga Lantana Di Rumah Bagi Pemula – Tanaman hias lantana atau saliara atau bunga tembelekan adalah tanaman hias berbunga dengan nama latin lantana camara yang berasal dari kawasan tropis Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Tanaman hias bunga lantana ini masuk dalam keluarga Verbenaceae dan memiliki bunga dengan beragam warna seperti putih, kuning, mrah, ungu, pink, kombinasi kuning-putih hingga putih magenta. Bunga lantana tersebut umbuh bergerombol dan sangat cantik.

Klasifikasi Ilmiah Bunga Lantana
Kingdom: Plantae
Clade: Angiosperms
Clade: Eudicots
Clade: Asterids
Order: Lamiales
Family: Verbenaceae
Genus: Lantana

Dengan beragam warna yang ada, banyak orang yang menyukai bunga ini untuk dijadikan sebagai tanaman hias dirumah, Nah untuk kalian yang ingin menanam dan merawat bunga lantana ini berikut adalah cara selengkapnya:

Cara Menanam dan Merawat Bunga Lantana

Cara Pembibitan Bunga Lantana

Pembibitan bunga lantana dapat dilakukan dengan menggunakan biji atau pemisahan rumpun akar. Untuk penanam bunga lantana dari biji, caranya cukup mudah yaitu dengan menanam biji yang sudah matang dan tua di pohon saja tanpa harus disemai terlebih dahulu. Akan tetapi jika ingin cara yang lebih cepat, maka pilih penanaman yang berasal dari pemisahan rumpun bibit dari indukan. Dalam pengambilan rupun bibit, pastikan pemisahan tersebut tidak merusak akar dan batang tanamannya.

Cara Penanaman Bunga Lantana

Setelah bibit siap, maka selanjutnya siapkan media tanam berupa campuran tanah dan pupuk kandang atau pupuk kompos dengan perbandingan 1:1. Setelah semuanya sudah siap, lakukan penanaman. Tanam bibit pada media tanam, pastikan penanaman dilakukan dengan baik dan hati-hati. Setelah ditanam, timbun kembali dan padatkan agar bibit tidak mudah roboh.

Cara Merawat Bunga Lantana

Lakukan penyiraman secara berkala terutama saat tanaman terlihat akan kering atau layu. Penyiraman tersebut sebenarnya tidak perlu dilakukan setiap hari karena tanaman bunga lantana ini cukup tinggi tingkat adaptasinya terhadap kekeringan. Selain penyiraman, lakukan pula pemberian pupuk agar tanaman dapat tumbuh baik dan subur. Pupuk yang dapat diberikan dapat berupa pupuk NPK dengan pemberian dilakukan setiap 1-2,5 bulan sekali.

Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam dan Merawat Bunga Lantana Di Rumah Bagi Pemula“,┬ásemoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa