Panduan Mudah Cara Menanam dan Merawat Pohon Bunga Tabebuya Di Rumah Bagi Pemula

Posted on

Cara Menanam dan Merawat Pohon Tabebuya Bagi Pemula – Tabebuya (Chrysotricha) adalah tanaman yang merupakan jenis pohon besar. Tanaman yang berasal dari Brasil ini seringkali disebut sebagai tanaman sakura akarena bentuk bunga tabebuya mirip dengan bunga sakura. Bunga tabebuya berbentuk terompet dan bergerombol dengan panjang sekitar 3-11 cm. Terdapat beragam warna bunga tabebuya diantaranya putih, pink muda, kuning, kuning keorangean, magenta, pink tua dan merah dengan motif garis warna ungu.

Saat tanaman tabebuya berbunga, pohon tersebut sangat cantik karena daunnya akan jarang denga setiap pucuknya hanya ditumbuhi bunga.

Klasifikasi ilmiah
Kingdom: Plantae
(tidak termasuk): Angiospermae
(tidak termasuk): Eudikotil
(tidak termasuk): Asteridae
Ordo: Lamiales
Famili: Bignoniaceae
Genus: Tabebuia
Spesies: T. rosea

Cara Menanam dan Merawat Bunga Tabebuya

Pembibitan Bunga Tabebuya

Pembibitan pohon tabebuya dapat dilakukan melalui biji. Caranya pilih biji yang telah jatuh dari pohonnya yang berarti biji tabebuya sudah benar-benar tua. Selanjutnya, buka kulit biji dan keringkan dibawah terik matahari hingga benar-benar kering. Kemudian, simpan di tempat kering minimal selama satu bulan. Setelah itu, semaikan dalam media semai berupa tanah yang dicampur dengan kompos atau pupuk kandang dengan perbandingan 1:1. Semai dan rawat bibit hingga berukuran 1 m atau lebih. Setelah itu, bibit bunga tabebuya dapat dipindah tanamkan.

Cara Menanam Bunga Tabebuya

Persiapkan media tanam permanen, sama dengan media semai yang telah dibuat sebelumnya. Buatlah lubang tanam sedalam 30-50 cm pada media tanam, lalu tanam bibit dengan arah tegak lurus keatas. Kemudian timbun kembali dengan media tanam bekas galian tadi lalu padatkan agar bibit berdiri kuat dan tidak mudah roboh. Lakukan penyiraman secara intensif pada masa awal tanam bibit.

Cara Merawat Bunga Tabebuya

Lakukan penyiraman secara berkala namun saaat dibutuhkan, Jika tanaman tabebuya sudah tumbuh dengan ketinggian diatas 10 m tidak perlu dilakukan penyiraman. Selain itu, lakukan pula pemupukan agar bunga tabebuya tumbuh dengan lebat dan bagus. Walaupun tanpa dipupuk pohon akan tetap berbunga, namun jika ingin bunga tumbuh maksimal maka lakukan pemupukan setiap 3 bulan sekali.

Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam dan Merawat Pohon Bunga Tabebuya Bagi Pemula“,┬ásemoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa