Rumput Jepang

Cara Menanam dan Merawat Rumput Jepang Yang Baik dan Benar

Posted on

Cara Menanam dan Merawat Rumput Jepang Yang Baik dan Benar Rumput jepang merupakan salah satu jenis rumput hias yang banyak digunakan untuk memperindah tanamn di halaman rumah selain rumput gajah mini. Ada nama lain dari rumput jepang diantaranya rumput jarum karena rumput tersebut memiliki bentuk yang meruncing dan tipis. Manfaat penggunaan rumput jepang ini yaitu sebagai penahan tanah. Banyak orang kini menggunakan rumput jepang ini untuk memperindah rumah mereka, jika kalian ingin menanam rumput jepang tersebut berikut ini adalah cara menanamnya.

Cara Menanam Rumput Jepang

Persiapan Lahan Tanam

Lahan yang akan ditanami rumput jepang diolah terlebih dahulu tanah lahan dari bebatuan, hal tersebut dilakukan agar rumput jepang dapat tumbuh dengan rata dan halus tanpa tonjolan di permukaan tanahnya. Selanjutnya gemburkan tanah lahan guna saat sudah ditanam rumput jepang akan lebih mudah tumbuh dan beradaptasi. Penggemburan tanah ini dapat dilakukan dengan menggunakan cangkul ataupun garu tanah, selain menggemburkan hal ini juga dapat sekaligus menyingkirkan batu yang tersisa.

Setelah itu, lakukan pemupukan dasar pada lahan tanam yaitu berupa pupuk kandang. Pupuk kandang tersebut diberikan secara merata di permukaan tanah lahan yang akan ditanami rumput jepang. Dosis tau takaran pupuk kandang yang diberikan yaitu sekitar 2 : 5 atau 2,5 kg pupuk per meter persegi. Agar pupuk dapat terserap baik oleh tanah maka diamkan pupuk selama kurang lebih dua hari. Selama waktu tersebut tanah juga perlu diberikan air yang cukup agar pupuk pun lebih mudah terserap dan merata dengan tanah.

Penanaman Rumput Jepang

Setelah dua hari, lakukan penanaman rumput jepang tersebut pada lahan yang sudah disiapkan. Buatlah lubang-lubang kecil dengan jarak sekitar 5 cm antar lubang. Bibit rumput jepang dipisahkan dari gerombolan atau rumpunnya karena biasanya saat rumput tersebut dijual secara gerombol tapi perlu diingat rumput yang dipisahkan tetap memiliki akar. Bibit tersebut lalau di siram dengan air kemudian ditanam dan tutup dengan sedikit tanah. Setelah penanaman, tanah jangan dipadatkan karena dapat menutupi lubang oksigen akar. Penanaman rumput jepang ini dapat dilakukan pada sore hari menjelang petang karena jika pada weaktu tersebut maka rumput jepang dapat beradaptasi dengan baik tanpa gangguan terik matahari.

Perawatan Rumput Jepang

Penyiraman
Agar dapat tumbuh dengan baik sebaiknya penyiraman rumput jepang dilakuka secara rutin sebanyak 2 kali sekali.

Pemupukan
Pemupukan rumput jepang dilakukan sekitar 2 kali yaitu pada saat rumput jepang berumur 2 minggu setelah tanam menggunakan pupuk urea dengan dosis sekitar 0,5 kg/10 meter persegi lahan dan pada saat rumput jepangh berumur sekitar 1,5 bulan menggunakan pupuk TSP dengan dosis sama dengan pemupukan pertama

Selain perawatan tersebut lakukan pula penyiangan secara rutin dan berkala pada gulma yang tumbuh diarea rumput jepang. Pada saat rumput jepang berumur 2-3 bulan, lakukan pula pemangkasan jika daun rumput jepang sudah tinggi.

Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam dan Merawat Rumput Jepang Yang Baik dan Benar“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa