Cara Menanam dan Merawat Tanaman Bunga Marigold Di Rumah Agar Cepat Berbunga Bagi Pemula

Posted on

Cara Menanam dan Merawat Tanaman Bunga Marigold Di Rumah Agar Cepat Berbunga Bagi Pemula – Bunga Marigold merupakan salah satu jenis tanaman berbunga yang banyak digemari oleh pecinta tanaman hias. Masyarakat Bali menyebut bunga ini dengan nama bunga gumitir. Jika dilihat sekilas, bunga marigold ini memiliki bentuk yang hampir mirip dengan bunga kenikir, namun jika dilihat dari dekat bunga marigold berbedea dengan bunga kenikir. Bunga marigold akan tumbuh pada setiap tangkai batang dengan warna kuning berkelopak merah dan berbentuk bulat.

Bunga marigold ini terdapat dalam berbagai jenis warna, seperti putih (Matrigold vanilla), kuning, oranye, oranye kemerahan (seperti marigold red cherry) dan warna campuran. Tanaman bunga marigold ini dapat tumbuh mulai dari ketinggian 30 cm hingga 121 cm.

Bunga marigold mengandung lebih banyak nektar sehingga serangga terutama lebah menyukai bunga ini. Bunga marigold ini juga dijadikan sebagai tanaman pengusir nyamuk.

Jika anda ingin menanam atau membudidayakan bunga marigold, namun anda tidak memiliki lahan yang luas, anda dapat menanam bunga marigold dalam pot. Berikut Cara Menanam dan Merawat Bunga Marigold:

Cara Menanam Budidaya dan Merawat Bunga Marigold

Cara Pembibitan Bunga Marigold

Pembibitan atau perbanyakan bunga marigold ini dapat dilakukan melalui biji. Pertama, ambil biji dari bunga yang tua dan kering di pohon atau bisa juga dengan mengeringkan terlebih dahulu bunga yang belum terlalu kering di bawah sinar matahari. Setelah itu, simpan beberapa minggu lalu biji bunga marigold dapat langsung ditebar ke media tanam tampa harus disemai terlebih dahulu.

Cara Menanam Bunga Marigold

Siapkan terlebih dahulu media tanam berupa campuran tanah dan pupuk kandang atau pupuk kompos yang sudah diayak dengan perbandingan 1:1. Jika sudah siap, selanjutnya sebarkan benih bibit bunga marigold pada media tanam dan tutup kembali dengan lapisan media tanam tipis saja agar tanaman dapat tumbuh dengan cepat. Lakukan penyiraman dan perawatan lainnya dengan baik terutama pada awal masa tanam.

Cara Merawat Bunga Marigold

Lakukan perawatan berupa penyiraman dan pemupukan secara berkala. Lakukan penyiraman secukupnya secara berkala, penyiraman ini dapat disesuikan dengan kondisi cuaca. Pemupukan dapat dilakukan setiap 2,5 hingga 3 bulan sekali dan diberikan seperlunya saja.

Lakukan deadhead atau pembuangan bunga yang telah mati agar nantinya bunga baru dapat tumbuh. Selain itu jika tanaman terserang hama, lakukan pemberian insektisida sesuai dengan dosis yang ditentukan.

Bunga marigold merupakan tanaman half hardy annual yaitu tanaman yang menyelesaikan siklus hidupnya dalam waktu kurang lebih satu tahun setelah itu tanaman tersebut mati, namun anda dapat melakukan penanaman bunga marigold ini kembali dengan mudah.

Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam dan Merawat Tanaman Bunga Marigold Di Rumah Agar Cepat Berbunga Bagi Pemula“,┬ásemoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa