Cara Menanam Daun Jintan di Rumah dan Manfaat Daun Jintan Bagi Kesehatan Lengkap

Posted on

Cara Menanam Daun Jintan atau Daun Jinten di Rumah dan Manfaat Daun Jintan Bagi Kesehatan Lengkap – Daun jintan atau daun jinten (Plectranthus Amboinicus sin. atau Coleus Amboinicus) atau dalam bahasa Inggris tanaman ini disesebut dengan Cuban Oregano, french thyme, Indian mint, Soup mint merupakan salah satu tumbuhan parenial yang tergolong familia Lamiaceae yang berasal dari Afrika Selatan dan Timur, tanaman ini sering dimanfaatkan sebagai bumbu masakan dan sebagai juga dimanfaatkan sebagai obat. Nama lain daun jintan diantaranya daun jinten, bangun-bangun, daun hati-hati, Sukan (Melayu), Aceran (Sunda), Daun Kucing dan Daun Kambing (Jawa), Majha Nereng (Madura), Iwak (Bali), Golong (Flores).

Daun jintan merupakan terna tahunan dengan pangkal sering berkayu, menaik dan dapat mencapai ketinggian 1 m. Batangnya beruas dan yang menyentuh tanah akan keluar dari situ. Daunnya tunggal, berdaging, berbentuk bulat telur, ujung dan pangkalnya runcing dengan tepian bergerigi/berringgit, kecuali pada bagian pangkal. Pertulangan daunnya menyirip dan bercabang-cabang membentuk seperti jala. Permukaannya berrambut tebal, seperti beledu berwarna putih dengan panjang 5-7 cm, dan lebar 4-6 cm dan warnanya hijau muda, jika diremas berbau harum. Perbungaannya majemuk berupa tandan dengan panjang 20 cm, keluar dari ujung percabangan, dan ketiak daun dengan warna biru keunguan. Bijinya keras, gepeng, dan berwarna coklat muda.

Klasifikasi ilmiah
Kingdom: Plantae
(tidak termasuk): Angiospermae
(tidak termasuk): Eudikotil
(tidak termasuk): Asteridae
Ordo: Lamiales
Famili: Lamiaceae
Genus: Plectranthus
Spesies: P. amboinicus

Beberapa senyawa kimia yang terkandung di dalam tanaman ini berupa minyak esensial. Diantaranya Senyawa Carvacrol 28,65%, Thymol 21,66%, Senyawa a-humulene 9,67%, Undecanal 8,29%, Senyawa y-terpinene 7,76%, Senyawa p-cymene 6,46%, Senyawa Caryophyllene oxide 5,85%, Senyawa a-terpineol 3,28% , Senyawa ß-selinene 2,01%. Selain itu, daun jintan juga mengandung 1,8-cineole, eugenol, a-pinene, ß-pinene, metil eugenol dan ß-phellandrene.

Manfaat dan Khasiat Daun Jinten

Adapun manfaat daun jinten bagi pria dan wanita diantaranya yaitu:

a. Sebagai obat nyamuk.
b. Sebagai antiseptik, antimikroba, appetising, dan mengobati pencernaan.
c. Sebagai karminatif, obat perut perut, antelmintik, deodoran, diuretik dan tonik.
d. Untuk menambah aroma cucian dan rambut.
e. Sebagai tanaman hias dan sayuran kesehatan.
f. Untuk mengobati cegukan, bronkitis, helminthiasis (cacingan).
g. Untuk mengobati gangguan saluran pernapasan.
h. Sebagai bronkodilator, antitusif, dan ekspektoran.
i. Untuk mengobati batuk, sakit tenggorokan dan hidung tersumbat.
j. Untuk mengobati infeksi, rematik dan perut kembung.
k. Untuk mengobati demam malaria, hepatopati, kalkuli ginjal dan vesikal, batuk, asma kronis.
l. Dan lain sebagainya.

Cara Menanam Daun Jinten

Berikut cara menanam dan merawat tanaman daun jinten, selengkapnya:

Siapkan bibit jinten yang dapat di ambil dari biji jinten kering

Selanjutnya, siapkan pot yang telah berisi media tanam lalu buat lubang sedalam 6 cm di bagian tengah media tanam untuk menanam bibit jinten.

Jika sudah siap, segera lakukan penanaman. Tanam bibit jinten, kemudian tutup dengan tanah berlumut di bagian atas biji. Tutup dengan perlahan dan hati-hati, sedikit tekan tapi jangan sampai terlalu padat.

Disarankan, tempatkan pot diatas alas baki agar bisa menyimpan air yang keluar dari dalam pot. Selain itu, baki ini juga berperan menyerap kembali air di baki hingga tanaman tidak akan mengalami kekeringan. Pastikan media tanam selalu cukup lembab tapi tidak tergenang air.

Letakkan pot di samping jendela yang terkena cahaya matahari atau terkena sinar. Suhu lingkungan perlu dijaga agar terus hangat yaitu sekitar 20 derajat celcius.

Jika penanaman daun jintan dilajukan dalam rumah, maka penyiraman cukup dilakukan setiap 2 kali dalam satu minggu. Tapi jika penanaman dilakukan diluar rumah, sebaiknya penyiraman dilakukan seringkali agar melindungi tanahnya terus lembab yaitu pada dua sampai beberapa kali dalam satu minggu. Tanaman jinten tidak perlu dipupuk.

Demikian artikel pembahasan tentang “Cara Menanam Daun Jintan di Rumah dan Manfaat Daun Jintan Bagi Kesehatan Lengkap“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikui postingan kami berikutnya. Sampai jumpa