Jeruk Lemon Dalam Pot

6 Panduan Lengkap Cara Menanam Jeruk Lemon Dalam Pot Agar Cepat Berbuah Lebat

Posted on

6 Panduan Lengkap Cara Menanam Jeruk Lemon Dalam Pot Agar Cepat Berbuah Lebat Jeruk Lemon atau Sitrun atau Limun adalah salah satu jenis jeruk yang banyak tumbuh di daerah beriklim tropis dan sub-tropis serta tidak tahan akan cuaca dingin, memiliki pohon berukuran sedang dengan ketinggian mencapai 6 meter. Buah ini biasa dipakai sebagai penyedap dan penyegar dalam seni tata boga, untuk dibuat minuman dan masih banyak yang lainnya. Lemon memiliki banyak kandungan seperti vitamin C yang tinggi, kalium, natrium dan lainnya.

Karena kandungan serta manfaat yang terdapat dalam jeruk lemon maka banyak orang yang mulai menanam atau membudidayakan jeruk lemon tersebut, tidak hanya di lahan jeruk lemon juga ditanam di pot. Berikut adalah cara menanam jeruk lemon dalam pot:

Cara Menanam Jeruk Lemon Dalam Pot

a. Persiapan Bibit Jeruk Lemon
Jeruk lemon dapat diperbanyak dengan cara generatif menggunakan biji ataupun dengan cara vegetatif (cangkok dan sambung). Namun disarankan menggunakan cara vegetatif karena bibit akan mewarisi sifat unggul tanaman induknya dan waktu panennya lebih singkat.

b. Persiapan Media Tambulampot Jeruk Lemon
3-6 hari sebulum penanam bibit lemon, pot tanam yang terlah disiapkan disi dengan media tanam berupa campuran tanah top soil dengan pupuk kandang atau pupuk kompos dengan perbandingan 2:1. Media tanam tersebut dimasukan dalam pot lalu diletakkan pada tempat terbuka.

c. Penanaman Jeruk Lemon Dalam Pot
Setelah semua siap dan bibit telah berumur sekitar 4-5 bulan, lakukan penanaman. Lepaskan polybag bibit dengan hati-hati lalu letakkan bibit tepat di tengah pot, timbuin kembali dan padatkan. Setelah itu lakukan penyiraman secukupnya.

d. Perawatan Tanaman Lemon Dalam Pot
Penyiraman
Lakukan penyiraman sebanyak 2 kali sehari secara rutin hingga tanaman berumur 1-2 bulan karena itu merupakan fase kritis pertumbuhan.
Penyiangan Dan Pembubunan
Lakukan penyiangan pada tanaman pengganggu yang tumbuh disekitar tanaman di pot selakin itu lakukan pembubunan untuk mengemburkan tanah dan menaikan tanah ke arah batang tanaman jeruk.

e. Pemupukan Tanaman Jeruk Lemon Dalam Pot
Lakuykan pemupukan sebanyak 3 kali yaitu pada saat tanaman berumur sekitar 1 bulan, 6 bulan dan 1 tahun dengan menggunakan pupuk NPK. Dosis yang diberikan yaitu sekitar 5-10 gram/tanaman untuk tanaman yang berumur 1 bulan dan 15-20 gram/tanaman untuk tanaman yang berumur 6-12 bulan.

f. Pemanenan Jeruk Lemon
Jeruk lemon yang berasal dari bibit vegetatif dapat dipanen setelah berumur sekitar 2-3 tahun dan yang berasal dari bibit generatif dapat dipanen setelah berumur sekitar 5-6 tahun. Ciri jeruk lemon yang siap panen yaitu buah sudah berubah warna menjadi kuning cerah. Pemanenan buah jeruk lemon dapat dilakukan dengan tangan ataupun menggunakan gunting.

Demikian artikel pembahasan tentang”6 Panduan Lengkap Cara Menanam Jeruk Lemon Dalam Pot Agar Cepat Berbuah Lebat“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa