Panduan Lengkap Cara Menanam Jintan Putih (Cuminum cyminum) Di Rumah Bagi Pemula

Posted on

Panduan Lengkap Cara Menanam Jintan Putih (Cuminum cyminum) Di Rumah Bagi Pemula – Jintan putih (Cuminum cyminum) merupakan tumbuhan berbunga dari famili Apiaceae (Adas-adasan) yang berasal dari daerah Laut Tengah bagian timur hingga India bagian timur. Nama lain jintan putih diberbagai daeran di indonesia, diantaranya Ginten (Bali); Jinten Putih (Jawa); Jinten Bodas (Sunda); Jhinten Pote (Madura); Jeura Engkut, Jeura putih (Aceh); Jinten Pute (Bugis); Namu-Namu (Manado); dan lain sebagainya. Sedangkan di Di Thailand dikenal sebagai yeera (dari nama Hindi gheera) , di Malaysia dinamakan jintan putih, dan dalam literatur Inggris disebut cumin.

Klasifikasi Ilmiah Jintan Putih
Kingdom: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Ordo: Apiales
Famili: Apiaceae
Genus: Cuminum
Spesies: C. cyminum

Tanaman jintan putih ini merupakan tanaman tahunan berbentuk terna dengan batang ramping bercabang dengan ketinggian dapat mencapai 20–30 cm. Panjang daunnya 5–10 cm, berbentuk menyirip atau menyirip rangkap dan memiliki anak daun seperti benang. Bunganya kecil, berwarna putih atau merah muda dan bergerombol pada payungan bunga. Buahnya merupakan longkah (achene) menggelendong lateral atau oval dengan panjang 4–5 mm dan mengandung satu biji. Biji jintan putih mirip dengan biji adas, namun lebih kecil dan gelap.

Jintan putih umum dimanfaatkan sebagai bumbu dapur pada sejumlah masakan Indonesia, terutama dari Sumatra, Bali, dan Sulawesi. Aromanya kuat dan memberi efek pedas. Jintan putih dijual dalam bentuk biji kering (berbentuk memanjang seperti beras) berwarna coklat muda.

Tanaman jintan putih mengandung minyak, vitamin A, vitamin A beta-karotin, thiamin, riboflavin, niacin, vitamin B6, folate, vitamin B12, kholine, vitamin C, vitamin K, vitamin D, vitamin E, kalsium, besi, magnesium, mangan, fosfor, potasium, sodium, dan zink.

Dengan kandungan tersebut, jintan putih memiliki banyak manfaat diantaranya yaitu untuk obat antibakter, untuk obat antikarsinogenik, sebagai obat antiperglikenema, sebagai obat antioksidan, untuk mengobati penyakit cacingan, untuk mengobati penyakit pencernaan, untuk menyembuhkan penyakit jantung, untuk mengobati sakit pembengkakan dan juga untuk obat muntah.

Cara Menanam Budidaya Jintan Putih

Cara menanam jintan putih ini bisa di polybag atau tanah yang memiliki banyak kandungan unsur hara. Habitat tanaman jintan putih berada pada daerah sub tropis, tropis dan juga daerah yang memiliki curah hujan sedikit. Tanaman jintan putih hidup pada suhu rata-rata 20-30 derajat celcius.

Budidaya tanaman jintan putih dapat dilakukan melalui biji jintan yang telah kering. Buatlah lubang tanam sedalam 6 cm di tengah pot untuk menanam bibit jinten. Pada kedalaman tersebut, bibit jinten dipastikan akan tetap hangat. Tutuplah bagian atas biji dengan tanah berlumut, akan tetapi sebaiknya jangan menekan-nekan media tanamnya hingga padat.

Kemudian, letakkan pot di atas alas baki untuk menampung air yang keluar dari dalam pot. Baki bertujuan untuk memastikan tanaman tidak kekeringan karena bisa menyerap kembali air di baki saat tanaman membutuhkannya. Pastikan tanah untuk tanaman jinten cukup lembab saat disentuh namun tidak tergenang air. Setelah itu, letakkan pot di samping jendela yang terkena sinar matahari atau terkena cahaya. Suhu lingkungan di sekitar tanaman jinten harus dijaga tetap hangat sekitar 20 derajat celcius.

Jika ditanam di dalam rumah, cukup dilakukan penyiraman sebanyak dua kali dalam seminggu dua kali. Jika ditanam di luar rumah, penyiraman tanaman jinten lebih sering dilakukan untuk menjaga tanahnya tetap lembab yaitu sekitar dua hingga tiga kali seminggu. Menariknya, tanaman jinten tidak perlu dipupuk.

Demikian artikel pembahasan tentang “Panduan Lengkap Cara Menanam Jintan Putih (Cuminum cyminum) Di Rumah Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikui postingan kami berikutnya. Sampai jumpa