Cara Merawat Budidaya Kaktus Anggur Sebagai Tanaman Hias Di Rumah

Posted on

Cara Merawat Budidaya Kaktus Anggur Sebagai Tanaman Hias Di Rumah – Kaktus anggur atau Sedum morganianum adalah salah satu jenis tanaman di Indonesia disebut ekor keledai. Di Inggris tanaman ini disebut dengan Burro’s tail dan donkey tail. Daun tanaman hias ini berbentuk seperti air mata dan tumbuh turun ke bawah, daun tersebut berwarna abu-abu kehijauan. Tanaman hias ini memiliki bunga dengan berbagai warna seperti merah, kuning dan juga putih.

Klasifikasi ilmiah
Kingdom: Plantae
(tidak termasuk): Angiospermae
(tidak termasuk): Eudikotil
(tidak termasuk): Core Eudikotil
Ordo: Saxifragales
Famili: Crassulaceae
Genus: Sedum
Spesies: S. morganianum

Tanaman bunga kaktus anggur ini sangat populer dikalangan para pecinta tanaman hias. Tanaman kaktus anggur ini dapat tumbuh mencapai 80-90 cm, apabila tumbuh di tempat yang cocok. Nah kali ini kita akan tentang Cara Merawat Kaktus Anggur.

Cara Merawat Kaktus Anggur

Media Tanam Kaktus Anggur

Agar tanaman kaktus anggir dapat tumbuh dengan subur, maka media tanam yang digunakan harus memiliki kandungan humus yang banya. Disarankan komposisi media tanam yang digunakan yaitu campuran pupuk kandang, humus dan pasir dengan perbasingan 1: 1: 2. Lalu, berikan penambahan sedikit arang agar bisa berfungsi menyerap dan meneruskan air lebih baik. Tanaman ini menyukai media tanah yang gembur sehingga air tidak menggenang. Jika media tanahnya terlalu kuat menyimpan air, maka tanaman ini akan cepat membusuk, sedangkan jika media tanamnya kurang kuat menyimpan air, atau terlalu kurang asupan airnya maka akan membuat tanaman ini tidak tumbuh secara optimal.

Penyiraman dan Penempatan Kaktus Anggur

Tanaman Kaktus Anggur ini hanya perlu disiram sebanyak 2-3 kali sehari. Hal ini dilakukan agar media tanamannya tetap terjaga kelembabannya. Namun yang perlu diperhatikan saat melakukan penyiraman adalah daunnya jangan langsung terguyur karena bisa menyebabkan daunnya cepat busuk. Lokasi penempatan tanaman kaktus anggur ini sebaiknya lokasi yang tidak banyak dilewati orang dan lokasi tersebut teduh, karena tanaman ini memiliki kelemahan, yaitu tidak tahan dengan teriknya sinar matahari.

Pemupukan Tanaman Kaktus Anggur

Untuk menambah nutrisi pada tanaman kaktus anggur ini, biasanya tanaman diberi pupuk. Pemupukan tersebut dapat dilakukan saat tanaman dipindahkan ke dalam pot yang lebih besar. Untuk memperbanyak tanaman ini pun sangat mudah karena dapat dilakukan melalui stek daun.

Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Merawat Budidaya Kaktus Anggur Sebagai Tanaman Hias Di Rumah”┬ásemoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa