Cara Budidaya Ikan Gurame Di Kolam Terpal

Cara Mudah Budidaya Ikan Gurame Di Kolam Terpal Bagi Pemula

Posted on

Cara Mudah Budidaya Ikan Gurame Di Kolam Terpal Bagi Pemula – Gurami atau Gurame (Osphronemus goramy) adalah jenis ikan air tawar yang digemari dan populer sebagai ikan konsumsi di Asia terutama Asia Tenggara dan Asia Selatan. Ikan Gurame memiliki tubuh yang pipih dan lebar, serta memuliki moncong yang runcing pada saat masih muda.

Karena banyak digemari sebagi ikan konsumsi, permintaan pasar sangatlah tinggi akan ikan ini apalagi permintaan restoran atau tempat makan yang menyediakan atau menjual menu ikan gurame. Selain hal itu, harga gurame pun relatif lebih tinggi dibandingkan dengan jenis ikan tawar konsumsi lainnya. Semua itu jadi alasan banyak orang yang mulai membudidayakan ikan gurame. Ikan ini dapat dibudidayakan disemua jenis kolam mulai dari kolam terpal, kolam beton dan lain sebagainya. Nah kali ini kita akan membahas tentang cara budidaya ikan gurame di kolam terpal:

Cara Budidaya Ikan Gurame Di Kolam Terpal

Persiapan Pembuatan Kolam Budidaya

Untuk membuat kolam budidaya ikan gurame dengan menggunakan kolam terpal, yang perlu disiapkan antara lain terpal yang bisa anda beli di toko pertanian. Selain terpal yang perlu disiapkan adalah batu bata yang akan dijadikan sebagai tembok penopang dengan ukuran panjang sekitar 4 meter, lebar 3 meter dan tinggi 1 meter. Pada tahap awal buat tembok dari susunan batau bata, jika sudah tersusun rapi letakkan terpal pada bagian dinding dalam dan dasar kolam.

Pengisian Air Dalam Kolam Terpal

Jika kolam sudah jadi, selanjutnya lakukan pengisisan air dalam kolam. Kolam terpal tersebut diisi air dengan air dengan ketinggian air kurang lebih sekitar 50 cm – 75 cm. Pengisian tersebut bertujuan agar ikantidak bisa melompat keluar dari kolam dan pada saat hujan air tidak akan meluap. Kolam yang telah terisi air tidak langsung bisa di tempati ikan, namun kolam harus di diamkan terlebih dahulu kurang lebih selama satu minggu. Setelah satu minggu, barulah kolam dapat ditebari benih ikan gurame yang telah berumur sekitar 2 bulan, karena pada umur tersebut ikan gurame telah mampu bertahan pada cuaca dan suhu kolam terpal.

Penebaran Benih Ikan Gurame

Untuk kolam yang dibuat dengan ukuran seperti yang disebutkan diatas, kolam terpal dapat menampung bibit ikan gurame kurang lebih sebanyak 200 ekor ikan. Tujuan penebaran dengan jumlah tersebut agar populasi ikan ketika semakin besar tidak berlebihan. Selain itu selama budidaya ikan gurame di kolam terpal harus rutin diberi pakan sebanyak 2 kali seha i yaitu pada pagi dan sore hari.

Untuk mengurangi efek panas matahari dalam kolam, anda dapat menambahkan eceng gondok sehingga suhu air tidak terlalu berlebihan. Sedangkan perawatan yang dibutuhkan dalam budidaya ikan gurame dalam kolam terpal antara lain dengan membuat saringan air seperti di aquarium, karena jenis ikan gurame sangat membutuhkan oksigen yang baik dan air yang bersih. Setiap 2 minggu sekali air diberi sanitizer, tujuan pemberian sanitizer yaitu untuk membunuh bibit penyakit dalam kolam terpal.

Jika semua proses budidaya ikan gurame ini dilakukan dengan benar dan baik, maka hasilnya akan baik pula. Ikan gurame dapat dipanen setelah berumur kurang lebih sekitar 4 bulan.

Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Mudah Budidaya Ikan Gurame Di Kolam Terpal Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai Jumpa