Cara Mudah Budidaya Jambu Air Agar Cepat Berbuah

Posted on

Budidaya Jambu Air  Dengan Mudah Dan Berbuah Cepat Serta Lebat

Hai Sahabat…….Kali ini kita akan membahas tentang cara budidaya Jambu Air. Untuk lebih jelasnya simak penjelasan dibawah ini.

Jambu air adalah jenis tumbuhan yang masuk kedalam suku Myrtaceae atau jambu-jambuan, tumbuhan ini berasal dari kawasan Asia Tenggara. Jambu air biasanya berupa tanaman perdu dengan tinggi hanya sekitar 3 sampai 10 meter dan batang biasanya bercabang dan bengkok dengan buah seperti buah buni, bentuknya seperti gasing dengan bagian pangkal kecil dan bagian ujung melebar serta biasanya bagian ujung dengan pangkal di pisahkan oleh lekukan. Buah jambu air biasanya berwarna merah, merah hati, putih atau hijau dan berwarna putih pada bagian dalam, mengandung banyak air, serta rasanya da yang manis, masam dan ada yang sedikit sepat.Jambu air

Klasifikasi ilmiah Jambu Air
Kerajaan: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Ordo: Myrtales
Famili: Myrtaceae
Genus: Syzygium
Spesies: S. aqueum

Jambu air jambu air jambu air  Jambu air

Jambu air mudah ditanam dan dibudidayakan. Berikut adalah cara budidaya Jambu Air:

pohon jambu air

  • Pembibitan
    Bibit jambu air
    Proses pembibitan dapat dilakukan dengan cara vegetatif dan ada dua pilihan bibit. Yaitu vegetatif dengan penyemaian benih yang diambil dari pohon jambu yang masih produktif dengan usia sekitar 15 tahun Lebih Atau Dengan cara cangkok atau disambung dengan teknik sambung celah.
  • Lahan Tanam
    hal pertama yang dilakukan untuk menanam jambu air yaitu menentukan pola penanaman agar pohon jambu air dapat tumbuh dengan optimal, jarak yang baik untuk penamanan adalah 8mx8m. Lalu buatlah lubang tanam dengan ukuran 60 cm x 60cm x 60cm atau dengan ukuran 1 meter x 1 meter x 0,5 meter.
  • Penanaman
    Bibit yang telah siap untuk ditanam letakkan pada lubang tanam yan telah dibuat lalu tutup dengan tanah yang telah di campur dengan pupuk kompos atau pun pupuk kandang. Agar tumbuhan jambu air cepat mudah beradaptasi dengan lingkungan sebaiknya ditaman pada sore hari. Penanaman juga bisa dilakukan pada akhir musim kemarau atau musim hujan agar tidak perlu repot untuk menyirami tanaman.
  • Pemupukan
    Pemupukan dilakukan setidaknya 3 bulan sekali atau paling tidak lakukan pemupukan 2 kali dalam satu tahun. Pemupukan di berikan pada sekeliling tumbuhan yaitu sekitar 1 meter dari tumbuhan dengan dosis pemupukan yang tepat.
  • Pemeliharaan atau Perawatan
    Penyiangan wajib dilakukan agar penyerapan unsur hara dalam tanah oleh tanaman tidak tersaingi oleh gulma. Penanganan hama dan penyakit juga perlu dilakukan agar pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan dapat dengan optimal, Hama dan penyakit yang sering menyerang tanaman buah jambu air adalah Ulat kupu-kupu gajah, Kutu perisai hijau, Lalat buah, serta Cendawan akar dan buah, Semua itu dapat diatasi menggunakan insektisida ataupun jenis lain dengan dosis yang telah ditentukan.
  • Pemangkasan
    Pemangkasan cabang tumbuhan perlu dilakukan agar tajuk baru dapat membentuk kanopi yang sempurna. Dengan banyak cabang dan kanopi yang sempurna maka hasil buah yang dihasilkan akan lebih optimal.

Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Mudah Budidaya Jambu Air Agar Cepat Berbuah“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa