Cara Pembibitan Buah Naga

Cara Pembibitan Tanaman Buah Naga Yang Baik Dan Benar

Posted on

Cara Pembibitan Tanaman Buah Naga Yang Baik Dan Benar – Buah Naga adalah salah satu jenis buah yang berasal dari negara Eropa yaitu Meksiko, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Tanaman Buah naga ini merupakan jenis tanaman kaktus yang berasal dari marga Hylocereus dan Selenicereus. Buah ini disebut dengan buah naga karena diseluruh bagian kulit buahnya dipenuhi jumbai-jumbai yang dianalogikan dengan siskik naga.

Buah naga memiliki beberapa varietas jenis, adapun varietas jenis buah naga tersebut antara lain:

  • Hylocereus undatus adalah buah naga yang buahnya berwarna merah dengan daging buah putih
  • Hylocereus polyrhizus adalah buah naga yang buahnya berwarna merah muda dengan daging buah merah
  • Hylocereus costaricensis adalah buah naga dengan warna buah yang sangat merah
  • Selenicereus megalanthus yaitu buah naga dengan kulit buah kuning dan daging buah putih.

Buah ini banyak digemari karena rasanya yang manis dan khas, selain di makan langsung, buah ini diolah menjadi jus, salad buah atau yang lainnya sebelum di konsumsi. Karena hal tersebut, kini banyak orang yang mulai melakukan budidaya buah naga ini, namun sebelumnya kalian harus mengerti cara pembibitan tanaman buah naga yang baik dan benar. Berikut teknik pembibitan buah naga, selengkapnya:

Teknik Pembibitan Buah Naga

Pemilihan Bibit Buah Naga

Perbanyakan buah naga dapat dilakukan dengan cara vegetatif dan generatif. Cara vegetatif buah naga dilakukan dengan cara stek atau sambung sedangkan generatif dilakukan dengan cara menanam buah naga dengan benih biji. Namun kebanyakan yang digunakan yakni cara stek kerena buah naga akan cepat berbuah lebih cepat dan memiliki sifat seperti indukannya.

Untuk menggunakan bibit yang berasal dari stek , pilihlah cabang atau sulur yang sudah pernah berbuah sebanyak 4-5 kali. Selain itu, kalian juga harus tahu beberapa karakteristik cabang atau sulur tanaman buah naga yang siap di stek, karakteristik tersebut antara lain:

  • Pastikan cabang sudah tua yaitu berwarna hijau kelabu
  • Memiliki diameter minimal 10 cm (lebih besar lebih baik)

Proses Pembibitan Tanaman Buah Naga

Jika cabang yang akan di stek sudah didapatkan, potong cabang tersebut sepanjang 100 cm hingga 120 cm. Pemotongan cabang tersebut jangan dilakukan pada bagian pangkal namun sisakan sekitar 20-25% dari pangkal, agar nantinya dapat tumbuh tunas dan berbuah kembali.

Cabang yang sudah di potong tersebut akan dijadikan sebagai batang utama, Potong batang sepanjang 20 cm hingga 25 cm dengan ujung dipotong rata, bagian bawah yang menghadap ke tanah dipotong meruncing agar dapat merangsang pertumbuhan akar nantinya.

Cabang stek yang dipotong minimal memiliki 4 mata tunas yang memungkinkan cabang tanaman dapat terbentuk dengan cepat. Biarkan batang stek yang telah dipotong-potong tersebut hingga getahnya mengering. Selanjutnya rendam batang stek tersebut dengan cairan fungisida untuk mencegah pertumbuhan jamur pada batang stek. Jika semuanya sudah selesai, tanam batang stek buah naga dalam polybag atau pot yang telah diberi media tanam.

Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Pembibitan Tanaman Buah Naga Yang Baik Dan Benar“,┬ásemoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa