Cara Ternak Entok Dengan Mudah Di Belakang Rumah

Posted on

Cara Sukses Ternak Entok/Mentok Dengan Mudah Di Belakang Rumah Bagi Pemula

Entok atau Mentok (Cairina moschata) adalah salah satu jenis unggas yang masuk dalam famili Anatidae. Entok atau mentok ini memiliki ukuran sedang hingga agak besar, memiliki dominasi warna bulu hitam dan putih, memiliki tonjolan kulit dengan warna merah dan hitam bibagian sekitar wajah dan mata, memiliki kaki pendek berselaput renang yang gemuk berwarna abu kehitaman, memilii ekor yang memipih datar dan agak lebar. Entok atau mentok liar, jantan memiliki ukuran panjang sekitar 86 cm dengan bobot hingga 3 kg dan betina memiliki panjang 64 cm dengan bobot 1,3 kg Sedangkan untuk entok atau mentok peliharaan memiliki ukuran yang lebih besar dengan bobot hingga 7 kg untuk jantan dan sekitar 5 kg untuk betina. Entok mampu terbang namun tak pernah jauh, saat berjalan entok akan perlahan dan ekornya akan digoyangkan ke kanan ke kiri untuk mengimbangi tubuhnya. Nama lain dari entok adalah itik serati, itik surati, itik manila, basur dan dalam bahasa inggris disebut Barbary duck atau Muscovy duck.

Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Aves
Ordo: Anseriformes
Famili: Anatidae
Genus: Cairina
Spesies: C. moschata

Banyak orang yang mencoba beternak entok ini sebagai usaha sampingan, karena entok ini memiliki kelebihan yaitu tahan terhadap penyakit dan pemberian pakannya yang mudah peluang usaha dalam beternak entok ini cukup menguntungkan karena selain daging dan telurnya, bulunya pun dapat dijual untuk dijadikan shuttlekock. Bagi anda yang ingin beternak entok atau mentok ini  berikut adalah cara lengkapnya:

Cara Beternak Entok atau Mentok 

a. Pemilihan Entok atau Mentok  Untuk Ternak
Pilihlah entok atau mentok  yang baik yaitu entok atau mentok yang sehat tidak cacat, memiliki gerakan yang cukup lincah, memiliki nafsu makan tinggi, memiliki mata yang cerah dan bulu yang mengilap serta memiliki warna kotoran yang normal.

b. Kandang Ternak Entok atau Mentok
Ada 2 tipe kandang untuk ternak entok atau mentok ini, yaitu tipe postal dan tipe baterai.
Tipe postal
Tipe Kandang Postal yaitu tipe kandang yang biasa digunakan untuk ternak bebek dalam jumlah besar yaitu dalam 1 kandang ada ratusan bahkan ribuan ekor mentok.
Tipe Baterai
Tipe Kandang Baterai yaitu tipe kandang yang diperuntukan untuk 1-5 ekor entok dewasa dalam setiap kandangnya, kandang ini memiliki bentuk kotak dengan ukuran sekitar 50cm × 50cm x 45 cm atau sesuai keinginan anda. Kandang ini biasanya dibuat dari bambu atau rangka kawat dengan dilengkapi lampu berdaya 5-10 watt.

c. Pemberian Pakan Mentok atau Entok
Agar cepat besar entok atau mentok ini diberi pakan 2 kali dalam sehari dengan pakan berupa dedak, jagung giling, tepung ikan dan lainnya dan ditambah dengan probiotik. Pemberian pakan tersebut disesuaikan dengan ukuran serta umur entok atau mentok tersebut.

d. Perawatan dan Pemanenan Entok atau Mentok
Selain pemberian pakan bernutrisi, Lakukan pula perawatan berupa vaksinasi terhadap entok walaupun entok terkenal memiliki daya tahan tubuh yang kuat dari penyakit, namun hal ini dilakukan untuk mengantisipasi. Untuk pemanenan dapat dilakukan disesuaikan dengan kebutuhan pasar, bisa diambil dan dijual saat masih telur atau sudah berupa daging; basanya untuk daging, entok yang diambil adalah entok yang telah berumur 4 bulan dan memiliki bobot minimal sekitar 2 kg.

Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Ternak Entok Dengan Mudah Di Belakang Rumah“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikui postingan kami berikutnya. Sampai Jumpa