11 Hama dan Penyakit Tanaman Tomat Beserta Cara Pengendaliannya

Posted on

Hama dan Penyakit Tanaman Tomat Beserta Cara Pengendaliannya

Dalam melakukan budidaya tomat pasti akan ada kendala yang dihadapi seperti tanaman tomat yang kita tanam terserang oleh ham dan penyakit. Mungkin beberapa dari kalian belunm tahu jenis hama dan penyakit yang menyerang tanaman tomat kalian dan cara mengendalikannya. Nah, kali ini kita akan membahas tentang hama penyakit tanamn tomat dan cara mengendalikannya.

Hama Tanaman Tomat

a. Ulat Buah
Ulat buah menyebabkan buah pada tanaman tomat berlubang . Selain itu bagian bunga dan daunnya diserang oleh ulat bulu (Heliothis armigera atau Helicoverpa armigera). Ulat buah yang menyerang buah tomat memiliki ukuran sekitar 4-5 cm , buah tomat yang terinfeksi hama ini akan mengalami kebusukan.

Pengendalian hama ini dapat dilakukan dengan cara mengambil ulat tersebut kemudian dibakar, dan jika sudakh dalam bentuk ngengat dapat dilakukan dengan menggunakan sinar ultraviolet atau melakukan penyemprotan insektisida sesuai dengan dosis atau anjuran yang ditentukan.

b. Ulat tanah ( Agrotis ipsilo Hufn )
serangan hama ini di tandai dengan terpotongnya tanaman pada bagian pangkal batang yang akan menyebabkan tanaman menjadi mati dan rusak.

Pengendalian ha,a ini dapat dilakukan dengan melakukan sanitasi kebun atau lahan selain itu juga dapat dengan melakukan peyemprotan dengan insektisida sesuai dengan dosis.

c. Lalat Buah (Bactrocera sp)
Hama ini berukuran sekitar 8 mm denga warna tubuh hijau kehitaman dan memiliki sayap tranparan. Sedangkan saat belatung muda berwarna putih dan kekuningan jika menjelang dewasa pada daging tomat. Tomat yang terserang hama ini akan mengalami pembusukan dan terdapat belatung didalamnya.

Pengendalian ham ini dapat dilakukan dengan cara melakukan pengolahan dengan cara yang baik dan benar, membuat perangkap, namun juika sudah terlanjur terserang dapat dilakukan pemetikan tomat lalu membakarnya agar tidak menyebar pada buah yang lainnya.

d. Kutu kebul (Bemisia tabaci Genn)
Tanaman tomat yang terserang gama ini di tandai dengan adanya bercak pada permukaan daun, bercak tersebut berwarna hitam atau kecoklatan, sehingga daun rusak atau tidak rata dan mengakibatkan tanaman cepat mati.

Pengendalian ham ini dapat dilakukan dengan melakukan pemangkasan tanaman yang terserang atau juga bisa dengan melakukan penyemprotan insektisida sesuai dengan dosis.

e. Lalat pengorok daun ( Liriomyza huidobrensis Blanchard )
Tanaman tomat yang terserang di tandai dengan adanya kerusakan pada bagian daun, daun tidak beraturan, terdapat bercak hitam dan juga bekas gigitan pada ujung daun kemudian daun tersebut akan mati serta kering.

Pengendalian ham ini dapat dilakukukan dengan cara melakukan pemangkasan daun yang terserang atau bisa juga dengan melakukan penyemprotan dengan insektisida sesuai dengan dosis.

f. Ulat grayak ( Spodoptera liture F )
Tanaman tomat yang terserang hama ini di tandai dengan permukaan daun atas akan berlubang dan tulang daun akan rusak. sehingga daun tidak beraturan atau tidak rata.

Pengendalian hama ini dapat dilakukan dengan cara melakukan pemangkasan daun yang terserang atau dengan cara melakukan penyemprotan dengan insektisida sesuai dengan dosis.

Penyakit Tanaman Tomat

a. Penyakit Busuk Daun
Tanaman tomat yang terserang penyakit ini ditandai dengan adanya bercak hitam atau coklat yang tidak beraturan pada daun dan kemudian daun tersebut akan mengering dan mati.

Pengendalian penyakit ini dapat dilakukan dengan cara : mengurangi kelembaban pada lahan tanam, melakukan pemangkasan pada bagian tanaman tomat yang terserang, atau juga dengan melakukan penyemprotan fungisida yangg sesuai dengan dosis.

b. Penyakit Rebah Kecambah
Serangan penyakit ini di tandai dengan rusaknya bagian batang menjadi berair, tanaman layu, dan juga bagian terserang akan mudah mati .

Pengendalian penyakit ini dapat dilakukan dengan melakukan sanitasi lahan , memangkas bagian yang terserang dan juga dengan melakukan penyemprotan fungisida sesuai dengan dosis.

c. Layu Fusarium
Tanaman tomat yang terserang penyakit ini akan memiliki daun yang layu dan bagian keseluruhan layu. Sehingga akan mengakibatkan kematian pada tanaman.

Pengendalian penyakit ini dapat dilakukan dengan melakukan sanitasi lahan tanam atau juga dengan melakukan penyemprotan fungisia dengan teratur.

d. Busuk Buah
Buah yang terserang penyakit ini akan terdapat bercak kecil berair, membulat dan cekung yang mengakibatkan buah akan membusuk dan mudah jatuh.

Pengendalian penyakit ini dapat dilakukan dengan cara memetik dan membuang buah yang terserang penyakit tersebut atau juga dengan melakukan penyemprotan menggunakan fungisida sesuai dengan dosis.

e. Bercak Bakteri
Daun yang terserang penyakit ini akan mengeriting danmengering serta batang yang terserang akan mati.
Pengendalian penyakit ini dapat dilakukan dengan cara memilih bibit yang unggul, sanitasi lahan tanam atau menyemprotkan bakterisida sesuai dengan dosis.

Demikian artikel pembahasan tentang”11 Hama dan Penyakit Tanaman Tomat Beserta Cara Pengendaliannya“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa