15 Hewan Endemik Khas Yang Ada Di Papua

Posted on

Hewan Endemik Khas Yang Ada Di Pulau Papua

Hai Sahabat…Kali ini kita akan membahas tentang hewan-hewan endemik dari Pulau Papua. Nah, berikut adalah hewan-hewan endemik papua:

  • Burung Cendrawasih Merah

burung-cendrawasih-merah

Burung Cendrawasih Merah (Paradisaea Rubra) adalah salah satu jenis burung cendrawasih endemik dari Papua. Burung ini memiliki bulu berwarna kuning dan coklat, paruhnya berwarna kuning, memiliki bulu hias berwarna merah darah dan bulu warna putih pada bagian ujung sisi perut, memiliki muka dengan bulu berwarna hijau zambrud, serta memiliki 2 buah ekor yang panjangnya melebihi ekor lain berbentuk pilin ganda dengan warna hitam. Ukuran jantan pada burung cendrawasih ini sekitar 75 cm.

  • Burung Cendrawasih Mati-Kawat

burung-cendrawasih-mati-kawat

Burung Cendrawasih Mati-Kawat (Seleucidis Melanoleuca) adalah salah satu jenis burung cendrawasih dengan ukuran sedang dan memiliki panjang sekitar 33 cm. Bulu pada jantan dewasa memiliki warna hitam mengkilat, bulu pada bagian perut memiliki warna kuning dengan 12 kawat dengan warna hitam, memiliki paruh hitam lancip serta memiliki iris mata berwarna merah. Sedangkan Betinanya memiliki bulu berwarna cokelat tanpa bulu warna kuning serta kawat seperti jantan, ukurannya pun lebih kecil dibanding jantan. Cendrawasih ini dapat di temukan di hutan dataran rendah papua.

  • Kura-Kura Reimani

kura-kura-reimani-chelodina-reimanni

Kura-Kura Reimani (Chelodina Reimanni) adalah jenis kura-kura yang memiliki kepala seperti ular. kura-kura ini ditemukan di Merauke.

  • Nuri Sayap Hitam

nuri-sayap-hitam-eos-cyanogenia

Nuri Sayap Hitam (Eos Cynogenia) adalah salah satu jenis burung nuri yang memiliki ukuran sedang dengan panjang skitar 30 cm. Nuri ini adalah hewan endemik dari Papua, di Papua burung ini dapat di temukan di pesisisr pulau Biak dan pulau-pulau di sekitar teluk cendrawasih.

  • Kasuari Gelambir Tunggal

kasuari-gelambir-tunggal-casuarius-unappendiculatus

Kasuari Gelambir Tunggal atau Kasuari Leher Emas (Casuarius Unappendiculatus) adalah jenis burung kasuari endemik dari utara papua. Burung ini adalah anggota superorder paleognathae, kasuari ini biasanya hidup menyendiri dan akan berpasangan hanya pada musim biak.

  • Kasuari Kerdilkasuari-kerdil-casuarius-bennetti

Kasuari Kerdil (Casuarius Bennetti) badalah jeni burung kasuari paling kecil namun tingginya dapat mencapai 1 m lebih. Kasuari ini memiliki tanduk berbentuk segitiga dengan bagian belakang pipih Serta gelambirnya tidak menggangtung. Kasuari jenis ini merupakan burung endemik Papua.

  • Mambruk Victoria

mambruk-victoria-goura-victoria

Mambruk Victoria (Goura Victoria) adalah jenis burung dara bermahkota, dengan ciri-ciri bulunya memiliki warna bulu biru keabuan, jambulnya berbentuk seperti kipas berwarna putih, bulu dadanya berwarna maroon keunguan, paruhnya berwarna abu-abu, memiliki kaki dengan warna merah kusam, dan ada garis tebal dengan warna abu-abu pada ujung ekor dan sayapnya.

  • Hiu Karpet Berbintik

hiu-karpet-berbintik-hemiscyllium-freycineti

Hiu Karpet Berbintik (Hemyscillium Freycineti) adalah jenis hiu yang memiliki kulit seperti macan tutul dengan pola heksagonal berwarna coklat. Hiu ini adalah endemik dari Papua, tepatnya di Kepulauan Raja Ampat.

  • Kanguru Pohon Mantel Emas

kanguru-pohon-mantel-emas-dendrolagus-pulcherrimus

Kanguru Pohon Mantel Emas (Dendrolagus Pulcherrimus)adalah salah satu jenis kanguru pohon yang termasuk hewan endemik dari papua yaitu di hutan pegunungan papua. Kanguru ini memiliki rambut berwarna coklat muda, kaki, pipi dan lehernya berwarna coklat kekuningan, perut bagian bawahnya berwarna putih kusam, memiliki 2 garis berwarna keemasan di punggungnya, serta memiliki ekor yang panjang.

  • Kanguru Pohon Mbaiso

kanguru-pohon-mbaiso-dendrolagus-mbaiso

Kanguru Pohon Mbaiso (Dendrolagus Mbaiso) adalah salah satu jenis kanguru pohon yang termasuk hewan endemik Papua.

  • Labi-labi Moncong Babi

labi-labi-moncong-babi

Labi-labi Moncong Babi adalah jenis kura-kura endemik dari Papua, kura-kura ini hidup di beberapa sungai bagian selatan papua.

  • Tikus Raksasa Mallomys

tikus-raksasa-mallomys

Tikus Raksasa Mallomys adalah jenis tikus raksasa yang memiliki berat sekitar 1,4 kilogram, panjang sekitar 55 sentimeter dengan bulu panjang berwarna abu-abu. Tikus ini merupakan endemik papua tepatnya di hutan hujan pegunungan Foja, Papua Timur.

  • Ikan Pelangi Merah

ikan-pelangi-merah

Ikan Pelangi Merah adalah jenis ikan air tawar yang merupakan ikan endemik dari Danau Sentani Papua.

  • Udang Selingkuh

udang-selingkuh-cherax-albertisii
Udang selingkuh (Cherax albertisii) adalah jenis udang endemik dari papua tepatnya di danau tigi. Dinamakan udang selingkuh karena udang ini memiliki capit seperti halnya kepiting.

  • Tikus Pohon Kecil

tikus-pohon-kecil-pogonomys-sp
Tikus Pohon Kecil(Pogonomys sp.) adalah jenis tikus spesies baru yang ditemukan di pedalaman hutan Papua.

Demikian artikel tentang”15 Hewan Endemik Khas Yang Ada Di Papua“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa