12 Hewan Endemik Pulau Kalimantan

Posted on

Hewan- Hewan  Endemik Pulau Kalimantan Atau Pulau Borneo

Hai Sahabat….

Hewan endemik adalah hewan yang hanya ditemukan pada suatu daerah atau wilayah dan tidak ditemukan pada wilayah lain. Kali ini kita akan membahas tentang hewan endemik dari Pulau Kalimantan. Berikut adalah hewan endemik Pulau Kalimantan:

1. Kucing Merah

kucing-merah-pardofelis-badia
Kucing merah (Pardofelis badia) adalah jenis kucing liar endemik dari kalimantan yang habitatnya bisa ditemukan hampir di semua bagian wilayah Kalimantan. Kucing ini juga sering disebut dengan kucing Kalimantan, kucing batu Kalimantan, atau kucing merah Kalimantan. Pada tahun 2002 IUCN menyatakan bahwa kucing liar ini masuk dalam daftar hewan terancam punah.

2. Owa-Owa

owa-owa-hylobates-muelleri
Owa-Owa (Hylobates muelleri) adalah salah satu jenis hewan yamg aktif pada siang hari, owa-owa memiliki lengan yang panjang yang berfungsi untuk bergelantungan pada pohon. Owa-owa merupakan hewan endemik kaliantan yang habitatnya berada pada hutan hujan pada wilayah bagian timur dan bagian utara Kalimantan.

3. Pesut Mahakam

pesut-mahakam-orcaella-brevirostris
Pesut Mahakam (Orcaella brevirostris) adalah jenis ikan pesut yang merupakan endemik dari sungai ataupun danau di Kalimantan Timur seperti Sungai Mahakam, Danau Semayang, dan Danau Jempang. Pesut ini masuk dalam daftar hewan hampir punah di Indonesia.

4. Katak Kepala Pipih

katak-kepala-pipih-barbourula-kalimantanensis
Katak Kepala Pipih (Barbourula kalimantanensis) adalah salah satu jenis katak yang merupakan hewan endemik Kalimantan. Di Kalimantan, katak ini ditemukan di Nanga Pinoh, Kalimantan Barat. Katak ini diketahui adalah satu-satunya katak yang tidak memiliki paru-paru di dunia.

5. Buaya Kalimantan

buaya-kalimantan-crocodylus-raninus
Buaya dengan nama latin Crocodylus raninus adalah buaya endemik dari Kalimantan dan banyak ditemukan di wilayah Kalimantan barat dan Kalimantan selatan.

6. Biawak Kalimantan

biawak-kalimantan-lanthanotus-borneensis
Biawak dengan nama latin Lanthanotus borneensis ini merupakan biawak endemik dari kalimantan yang penyebarannya hampr di seluruh pulau Kalimantan.

7. Orangutan Kalimantan

orangutan-kalimantan-pongo-pygmaeus
Orangutan Kalimantan (Pongo pygmaeus) ini adalah salah satu jenis orang utan yang ada di Indonesia. Orang utan ini adalah hewan endemik dari Kalimantan yang dapat hidup hingga 60 tahun dan keberadaannya dapat ditemukan di sebagian besar wilayah di Kalimantan.

8. Bekantan

bekantan-nasalis-larvatus
Bekantan (Nasalis larvatus)adalah hewan sejenis monyet yang dengan hidung panjang dan rambut cokelat kemerahan. Hewan ini merupakan hewan endemik dari Pulau Kalimantan termasuk malaysia (sabah dan serawak) dan brunai. Biasanya bekantan menghabiskan sebagian waktunya di atas pohon di sekitaran hutan bakau,hutan pantai ataupun rawa. Bekantan hidup secara berkelompok.

9. Lutung Merah

lutung-merah-presbytis-rubicunda
Lutung Merah (Presbytis rubicunda) sejenis kera yang termasuk hewan endemik dari pulau Kalimantan dan pulau Karimata. Makanan lutung merah adalah daun-daun muda dan juga biji-bijian.

10. Lutung Dahi Putih

lutung-dahi-putih-presbytis-frontata
Lutung Dahi Putih (Presbytis frontata) adalah lurtung endemik dari Kalimantan yang habitatnya pada dataran tinggi di Kalimantan. Lutung ini memiliki sedikit warna putih pada dahinya dan tubuhnya memiliki rambut berwarna coklat abu-abu.

11. Tupai Peminum Darah

tupai-peminum-darah-rheithrosciurus-macrotis
Tupai peminum darah (Rheithrosciurus macrotis) adalah jenis tupai yang aktif pada malam hari. Tupai ini memiliki bulu ekor yang lebat, tupai ini memiliki sifat agresif bahkan dikatakan bahwa tupai ini dapat membunuh seekor kijang. Tupai ini termasuk hewan endemik dari Klaimantan tapi tupai ini jarang menampakan diri, penampakannya bisa di hitung dengan jari.

12. Gajah pygmy atau Gajah Kerdil Borneo

gajah-kerdil-borneo-elephas-maximus-borneensis
Gajah Kerdil Borneo (Elephas maximus borneensis) adalah salah satu jenis gajah sub spesies dari gajah asia. Gajah ini dapat ditemukan di Sabah bagian timur (Malaysia) Dan Kalimantan Bagian utara.

Demikian artikel pembahasan tentang”12 Hewan Endemik Pulau Kalimantan“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa