Inilah Wolffia, Genus Tanaman Berbunga Terkecil di Dunia dan Jenis-Jenisnya

Posted on

Inilah Wolffia, Genus Tanaman Berbunga Terkecil di Dunia dan Jenis-Jenisnya

Tahukah sahabat Fauna dan Flora tanaman apakah yang paling kecil? pasti banyak di antara kalian akan menjawab tauge. Ukuran tauge memang kecil, namun bukan itu jawaban yang benar. Inilah Wolffia atau disebut juga dengan watermeal atau duckweed, tanaman ini adalah genus dari 9 dari 11 spesies tanaman yang meliputi jenis tanaman berbunga terkecil yang terdapat di bumi. Bila ditelusuri secara mendalam, ternyata tumbuhan memiliki beraneka ragam keunikan yang memang sangat menakjubkan. Hal tersebut bisa kita buktikan sendiri mulai dari bentuknya yang aneh, misalkan menyerupai hewan atau manusia, beragam corak tumbuhan dengan warna yang indah mempesona, mampu tumbuh di daerah kering serta keunikan lainnya yang belum kita ketahui.

wolffia sp

Wolffia merupakan jenis tanaman air yang menyerupai butiran tepung jagung yang hidup mengambang di air. Karena hal tersebutlah tanaman ini juga termasuk dalam jenis tumbuhan air. Warna Wolffia didominasi dengan warna hijau kekuning-kuningan, tanaman ini tidak berakar maupun berdaun, namun yang lebih menakjubkan tanaman Wolffia dapat memekarkan bunga pada bagian permukaan atasnya. Bunga yang tumbuh diatas permukaannya pula memiliki satu benangsari dan satu putik. Ukuran bunga ini sangat kecil, jadi untuk dapat melihat bunga Wolffia kita harus menggunakan kaca pembesar maupun mikroskop.

Pada habitat aslinya, tanaman wolffia tiap individunya mengapung bersama dan berpasangan, sehingga tanaman wolffia akan tumbuh saling berkaitan dan menyerupai rajutan tikar yang mengapung diatas air. Tumbuhan wolffia ini memiliki bentuk bulat tidak beraturan dengan memiliki diameter sekitar 1 mm. 40% dari bagian tubuh tanaman wolffia memiliki protein yang setara dengan kedelai. Karena hal tersebutlah yang menjadikan tanaman jenis ini banyak dijadikan sebagai sumber makanan yang potensial bagi kebutuhan protein manusia.

Di beberapa kawasan di Asia, tanaman ini banyak dikonsumsi sebagai sayuran. Penyebaran tanaman ini menyebar dibeberapa benua. Misalkan di kawasan Amerika Serikat bagian Tenggara dan bagian Barat. Sedangkan menurut kabarnya, penyebaran tanaman wolffia sampai ke Amerika serikat bagian Tenggara disebabkan karena hadirnya tornado yang membawa berbagai jenis benda, bahkan ada yang mengatakan bahwa tanaman ini berada di dalam lelehan es di Amerika Serikat.

Beberapa Spesies Wolffia di Amerika

1. Wolffia Angusta Landolt

Wolffia angusta Landolt

Jenis wolffia ini merupakan tanaman asli Australia dan Malaysia. Populasi jenis ini mirip dengan jenis wolffia yang tumbuh di Pakistan dan India dengan nama W.neglecta. Bila dilihat pada bagian atas memiliki doral dengan warna hijau gelap, dan memiliki ukuran sekitar panjang 0,6 mm hingga 0,9 mm, serta lebar 0,2 mm sampai 0,5 mm saja. Yang merupakan salah satu jenis terkecil dari spesies Wolffia. Meskipun memiliki ukuran yang sangat kecil,jenis tanaman bunga ini ternyata juga mampu berbuah. Buah memiliki bentuk seperti syconium dengan ukuran hanya sekitar 0,3 – 0,5 mm (sedikit lebih besar jika dibandingkan dengan butiran garam meja). Tanaman ini berkembang melalui penyerbukan dan pemupukkan, dan setelah berbuah akan memakan sebagian dari tubuh induknya.

2. Wolffia australiana (Bentham) Hartog & Plas

Wolffia australiana (Bentham) Hartog & Plas

Jenis spesies ini dapat ditemui di Australia, jenis spesies ini sangat aneh karena pada bagian bawah tanaman menggelembung yang menyerupai lambung kapal. Dan akan terlihat jelas jika dilihat dari samping. Tanaman ini dapat menyebar melalui angin karena tanaman ini mudah terdorong oleh angin kencang, sehingga terkadang jenis tanaman ini dapat pula ditemukan di California dengan memiliki bentuk yang serupa.

3. Wolffia elongata Landolt

Wolffia elongata Landolt

Merupakan jenis spesies wolffia yang tidak biasa ditemukan di Amerika Serikat. Jenis ini memiliki bentuk silinder dan memanjang dengan ukuran sekitar 2,5mm. Tidak seperti jenis wolffia lainnya, perkembangbiakan jenis ini mencul dari sudut bagian bawah dari induknya. Oleh karena itu, jenis ini adalah contoh wolffia spesies baru yang aneh dan jarang terlihat dari kelompok tumbuhan yang baru-baru ini dilaporkan dalam literatur taksonomi.

4. Wolffia microscopica (Griffith) Kurz

Wolffia microscopica (Griffith) Kurz

Jenis ini mungkin merupakan salah satu spesies wolffia yang paling aneh dari semua spesies Wolffia, dan tentu saja salah satu tanaman berbunga aneh di bumi. Kisaran asli tampaknya mirip jenis yang terdpat di India tropis dan subtropis. Tubuh tanaman orbicular (bulat) untuk poligonal, dengan permukaan datar atas dan sisi yang lebih rendah yang berbentuk mengecil ke tambahan kerucut yang menunjuk ke bawah ke dalam air. Tanaman ini menyerupai akar pendek namun tidak memili fungsi sebagai akar. Jenis ini memiliki bentuk tegak mengambang dipermukaan air.

5. Wolffiella caudata Landolt

Wolffiella caudata Landolt

Jenis wolffia satu ini memiliki bentuk loncong, ramping dan memiliki ekor seperti tambahan pada ujung distal pada bagian tubuhnya. Hal itulah yang membedakan jenis spesies ini dengan spesies wolffia lainnya. Bila dilihat dari atas, jenis ini menyerupai ikan pari mikroskopis hijau. Seperti spesies wolffia lainnya, jenis ini tumbuhan ini berwarna hijau dan hidup mengapung atau dibawah permukaan air. Jenis ini mampu tumbuh sekitar 2-5 mm, lebih besar dibandingkan dengan spesies wolffia lainnya.

Demikian artikel pembahasan tentang”Perbedaan Antara Buaya dan Alligator“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa