Berbagai Macam Jenis Bunga Mawar Potong Semi Holand di Indonesia

Posted on

Sudahkah membaca postingan kami sebelumnya seputar sejarah mawar?
Baca : Sejarah Awal Ditemukannya Mawar dan Macam Spesiesnya

Nah, setelah kita mengetahui sejarah asal mula ditemukannya tanaman mawar dan macam macam dari spesiesnya. Kali ini pembahasan kali ini penulis fokuskan materi terkait jenis jenis bunga mawar potong terindah dan paling digemari oleh pencinta mawar.

Kebanyakan orang menyukai bunga mawar semi holand untuk keperluan komersil. Hal ini dikarenakan bunga mawar semi holand memiliki keunikan pada warna, corak, memiliki mahkota bunga yang besar, tebal sehinggan mawar jenis ini sering digunakan sebagai bunga potong. Namun berbeda dengan jenis spesies mawar liar, mawar jenis ini tidak memiliki aroma wangi. Bibit bunga mawar semi holand didapatkan langsung dari neara belanda dan selanjutnya di budidayakan di Indonesia. Daerah yang cocok untuk menanam mawar jenis ini merupakan daerah yang memiliki suhu dingin, khususnya di Bandung, lembang dan Jawa Barat.

Berikut ini kita akan bahas tentang aneka macam bunga mawar semi holand yang paling banyak diminati di Indonesia.

1. Bunga mawar univers semi holand

Bunga mawar univers semi holand memiliki mahkota yang paling besar dibandingkan jenis mawar semi holand lainnya, hal ini dikarenakan pertembuhan mawar ini lebih cepat . Namun mawar jenis ini tidak memiliki ketahanan hidup yang begitu baik jika sudah dipotong dan dimasukkan kedalam vas bunga. Warna yang dimiliki bunga mawar ini yaitu merah muda (pink) atau pink pucat.

mawar universe

2. Bunga mawar Passion semi holand

Bunga mawar jenis ini memiliki karakteristik yang unik, yaitu mempunyai dua warna yang berbeda. Merah pada bagian kelopak dalam dan warna putih pada kelopak luarnya.

mawar passion

3. Bunga mawar merah semi holand

Bunga mawar ini sering disebut dengan bunga mawar sexy red, karena warna yang dimilikinya benar benar merah mencolok agak tua dan terlihat sangat sexy mungkin karena alasan itulah sehingga mawar ini sering disebut dengan sexy red. Mawar jenis ini sangat banyak diminati oleh pecintannya namun, sebaliknya para petani mawar kurang menyukai mawar jenis ini karena perawatannya yang sulit.

rose red

4. Bunga mawar putih semi holand

Mawar kedua yang paling banyak diminati adalah bunga mawar putih, biasa juga disebut dengan avalanche. Warna bunganya putih kehijau-hijauan pada bagian kelopak luarnya. Berbeda dengan sexy red yang cenderung tidak disukai oleh para petani mawar karena perawatannya yang sulit, mawar putih justru lebih disukai karena perawatannya yang mudah.

mawar putih

5. Bunga mawar rivaivel semi holand

Biasanya mawar ini sering disebut juga dengan nama pink parvel. Mungkin karena keunikan warna yang dimiliki bunga ini yaitu terletak pada warnanya yang merupakan kombinasi dari warna merah muda yang agak tua dan keungu-unguan.

mawar revival

6. Bunga mawar salem (primadona)semi holand

Bunga mawar salem disebut juga dengan nama primadona, warna salem yang dihasilkan dari bunga ini adalah asli, namun kita juga dapat membuat warna salem sendiri dengan teknik osmosis.

mawar salem

7. Bunga mawar sweet avalanche semi holand

Bunga mawar sweet avalanche merupakan mawar yang warnanya mirip dengan mawar pink universe, namun warna merah muda pucatnya terlihat lebih kalem. Selain itu, sifatnya sama dengan mawar putih (white avalanche) yakni memiliki duri yang sangat sedikit dan perawatannya tidak terlalu sulit.

mawar sweet avalanche

8. Bunga mawar ungu (cool water)semi holand

Warna yang dimiliki mawar ini adalah benar warna ungu alami. Bunga mawar ini juga biasa disebut dengan cool water. Namun kebanyakan jenis bunga mawar ini memiliki mahkota kecil di antara jenis mawar semi holand lainnya.

mawar ungu

9. Bunga mawar dolvieta semi holand

warna bunga yang dimiliki jenis mawar ini adlah putih dengan dilengkapi dengan garis-garis berwarna pink pada pinggir kelopaknya.

mawar dolcevita

10. Bunga mawar cherry brandy semi holand

Bunga jenis ini memiliki warna yang khas yaitu kombinasi antara warna orange dan peach.

mawar chery brandy

11. Bunga mawar matrak semi holand

Bunga mawar jenis ini hampir sama dengan warna mawar rivaivel semi holand. hanya saja warna pinknya agak tua dan lebih cerah.

mawar matrak

Itulah beberapa macam dari jenis bung mawar potong semi holand  yang banyak dibudidayakan di Indonesia. Semoga dengan membaca artikel ini pembaca sudah tidak bingung lagi dalam membedakan jenis dan nama dari bunga mawar. terimakasih telah setia dengan postingan Fauna dan Flora.com sampai bertemu di tulisan selanjutnya.. đŸ™‚


Leave a Reply