30 Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

Posted on

Penjelasan Tentang Kandungan Serta Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

Hai Sahabat….Kali ini kita akan membahas tentang Manfaat dan Kasiat Bawang Putih Bagi Kesehatan Dan Kecantikan. Untuk lebih jelasnya simak pembahasan berikut ini.

Bawang putih atau dalam bahasa latin Allium sativum adalah salah satu jenis tanaman yang dimanfaatkan bagian umbinya untuk campuran masakan ataupun untuk pengobatan. Bawang putih mentah memiliki rasa angur atau getir karena penuh dengan senyawa sulfur termasuk allicin.

Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Liliopsida
Ordo: Asparagales
Famili: Alliaceae
Upafamili: Allioideae
Bangsa: Allieae
Genus: Allium
Spesies: A. sativum

Kandungan dalam 1oo gram bawang putih antara lain : kalori 150 kkl, karbohidrat 33 gr, protein 6,36 gram, vitamin B1, B2, B3, B6, vitamin C, folat, zat besi, kalsium, mangan, magnesium, kalium, natrium, seng, dan fosfor. Selain itu terdapat senyawa sulfur allicin.

Karena kandungan tersebut bawang memiliki manfaat, sebagai berikut :

1. Dapat membantu mengobati sakit tengorokan, batuk dan radang tenggorokan
Karena bawang putih memiliki sifat anti oksidan dan anti bakteri, bawang putih dapat membantu mengobati sakit tengorokan, batuk dan radang tenggorokan.
Caranya : Kunyahlah sepotong kecil bawang putih atau campurkan bawang putih pada jus apel atau wortel.
2. Dapat membantu mencegah demam dan flu
3. Dapat membantu mencegah pembekuan darah
Bawang putih memiliki sifat anti trombotik atau pengencer darah sehingga dengan mengkonsumsi bawang putih dapat mencegah terjadinya pembekuan darah.
4. Dapat membantu mencegah Kanker
Bawang memiliki kemampuan untuk mencegah berbagai jenis kanker karena bawang putih memiliki sifat alami untuk mencegah kanker tersebut.
5. Dapat membantu mencegah terjadinya infeksi
Karena kandungan allicin, vitamin c, vitamin b6, kalsium, kalium, magnesium, selenium dan flavonoid yang tinggi, bawang putih mampu mencegah terjadinya infeksi karena kandungan zat tersebut dapat membunuh jamur, virus dan bakteri penyebab infeksi.
6. Dapat mengurangi kadar gula darah atau diabetes
Menurut banyak penelitian bawang putih mampu mengurangi kadar gula darah yang tinggi dan kadar trigliserida dalam tubuh sehingga dapat meningkatkan kadar insulin yang sangat membantu penderita diabetes.
7. Dapat mengobati sakit gigi
Karena memiliki sifat anti bakteri, anti inflamasi dan anesthetizing, bawang putih mampu mengobati sakit gigi dan mengurangi rasa sakit. Caranya: haluskan bawang putih hingga berbentuk pasta lalu terapkan pada bagian gigi yang sakit.
8. Dapat mengobati serta menghilangkan kutil
Caranya : bawang putih di keprek tetapi jangan sampai halus kemudian tempelkan pada bagian kutil lalu ikat dengan kain atau di plester selama sekitar 30 menit.
9. Dapat mencegah dan memulihkan kerusakan hati seperti hepatitis
Hepatitis atau peradangan hati atau sakit kuning adalah saah satu penyakit penyebab kematian. Karena bawang putih memiliki sifat hepatoprotektif maka bawang putih dapat mencegah serta memulihkan kerusakan hati.
10. Dapat mencegah Alzheimer
Menurut penelitian bawang putih dapat mencegah atau menghambat terjadinya kerusakan sel otak akibat stres. Sehingga efektif untuk mencegah penyakit alzheimer dan parkinson.
11. Dapat mengurangi risiko Serangan jantung
Menurut studi, bawang putih mampu mencegah perkembangan penyakit jantung dan juga membantu mengurangi akumulasi plak serta mencegah pembentukan plak baru pada arteri yang dapat menyebabkan enyakit jantung.
12. Dapat menurunkan kadar kolesterol
Karena kandungan anti oksidan dalam bawang putih, bawang putih dapat menurunkan kolesterol dalam tubuh dan juga mencegah terjadinya kerusakan akibat radikal pada lapisan arteri.
13. Dapat membantu mengatasi jerawat
Potongan bawang putih atau bawang putih yang dihancurkan akan mengeluarkan senyawa yang dapat bersifat sebagai pembersih darah dan antibiotik sehigga bawang putih dapat membantu mengatasi jerawat.
14. Dapat melindungi kulit serta rambut
15. Dapat mengurangi rambut rontok
Caranya: Gosokan potongan bawang putih pada kulit kepala, dengan cara tersebut sirkulasi darah dan rambut romtok dapat teratasi.
16. Dapat Mengurangi Uban Rambut
17. Dapat memperkuat kuku
18. Dapat sebagai anti penuaan
Caranya gunakan bawang putih sebagai masker. Karena kandungan anti oksidan dalam bawang putih dapat memerangi radikal bebas pada kulit sehingga dapat mencegah penuaan dini serta menjaga kulit tampak lebih muda.

Demikian artikel pembahasan tentang”30 Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan Dan Kecantikan“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa