15 Manfaat Daun Seledri Untuk Kesehatan Tubuh

Posted on

Kandungan Gizi Serta Manfaat dan Khasiat Daun Seledri  Untuk Kesehatan Tubuh

Seledri (Apium graveolens) adalah sayuran daun dan tumbuhan obat yang biasa digunakan sebagai bumbu masakan. Tumbuhan ini di Indonesia diperkenalkan oleh penjajah Belanda dan digunakan daunnya untuk menyedapkan sup atau sebagai lalap. Penggunaan seledri paling lengkap adalah di Eropa: daun, tangkai daun, buah, dan umbinya semua dimanfaatkan sedangkan beberapa negara termasuk Jepang, Cina dan Korea mempergunakan bagian tangkai daun sebagai bahan makanan. Selain itu ternyata seledri memiliki kandungan gizi serta manfaat yang baik untuk tubuh. Berikut adalah kandungan gizi seledri serta manfaatnya:

Kandungan Gizi Seledri/100 g

Kalori (kcal) 16
Jumlah Lemak 0,2 g
Lemak jenuh 0 g
Lemak tak jenuh ganda 0,1 g
Natrium 80 mg
Kalium 260 mg
Jumlah Karbohidrat 3 g
Serat pangan 1,6 g
Gula 1,8 g
Protein 0,7 g
Vitamin A 449 IU
Vitamin C 3,1 mg
Kalsium 40 mg
Zat besi 0,2 mg
Vitamin B6 0,1 mg
Magnesium 11 mg

Dari kandungan tersebut, seledri memiliki manfaat yang cukup baik untuk tubuh diantaranya:

  • Dapat membantu mengobati reumatik
    Penyakit Reumatik terjadi karena adanya penumpukan asam urat yang kemudian mengkristal dalam tubuh. penyakit reumatik dapat menyebabkan kita terkena kelumpuhan. Mengkonsumsi daun seledri setiap hari secara mentah atau dijadikan lalapan dapat membantu mengurangi atau mengobati penyakit reumatik tersebut.
  • Dapat membantu mencegah penuaan dini
  • Dapat membantu mengobati mata kering
    Caranya: Tumbuk sepertiga genggam daun seledri, daun bayam dan daun kelor yang sudah dicuci bersih hingga halus, Kemudian tambahkan garam dapur dan 1/3 gelas air matang, aduk kemudian peras atau saring untuk diambil airnya. setelah disaring atau diperas minum ramuan tersebut (3x sehari).
  • Dapat membantu menenangkan saraf
  • Dapat membantu mengobati Anemia
    Anemia atau kekurangan darah dapat menyebabkan kita lemah, letih, lunglai, lesu dalam melakukan segala hal. Untuk hal itu seledri dapat membbantu mengatasi atau mengobati masalah tersebut. Caranya: Buatlah jus seledri yang dicampur dengan air madu dan nanas. Minumlah jus tersebut secara rutin agar dapat mengurangi anemia.
  • Dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh atau sistem imun
  • Dapat Membantu menurunkan kadar Kolesterol dalam darah
    Caranya: Rebus daun seledri yang telah dipotong kasar dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas saja. Minumlah setelah dingin, usahakan rutin meminum ramuan ini agar kolesterol dalam darh cepat turun.
  • Dapat Mencegah terserang penyakit asma
  • Dapat membantu mengobati Batuk
    Caranya: rebus daun seledri yang telah dicuci bersih dengan 3 gelas air hingga mendidih dan menyusut. Kemudian saring ramuan tersebut dan tambahkan madu secukupnya lalu minum secara rutin 2 kali sehari hingga batuk sembuh.
  • Dapat mencegah Sembelit
  • Dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi
    Caranya: Rebus Tumbuk halus 100 gram daun seledri dalam sekitar 100 ml air, setelah itu minum air rebusan sebanyak 2 kali sehari agar tekanan darah cepat turun dan normal.
  • Dapat menurunkan berat badan yang berlebih atau Obesitas
    Menurunkan berat badan dapat dilakukan dengan meminum jus daun seledri secara rutin sebelum makan.
  • Dan lainnya

Demikian artikel pembahasan tentang”15 Manfaat Daun Seledri Untuk Kesehatan Tubuh“, semoga bermanfaat dan jangan luupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa