Panduan Lengkap Cara Budidaya Lobak Dengan Mudah Dan Hasil Panen Melimpah

Posted on

Panduan Lengkap Cara Budidaya Lobak Dengan Mudah Dan Hasil Panen Melimpah

Hai Sahabat…..Kali ini kita akan membahas tentang Cara Budidaya Tanaman Lobak. Untuk lebih jelasnya simak pembahasan berikut ini.

Lobak (Raphanus sativus) adalah tumbuhan umbi yang masuk dalam famili Cruciferae. Tanaman umbi ini berasal dari Tiongkok. Lobak memiliki bentuk umbi seperti wortel, isi umbinya memiliki warna putih,dan kulitnya ada yang putih, hijau, merah atau ungu.

lobak
Lobak dapat dijadikan peluang bisnis yang menjanjikan dalam budidaya tanaman karena banyak orang menyukai lobak karena khasiat dan manfaatnya. Berikut adalah cara budidaya lobak:

budidaya-lobak

Syarat Tumbuh

Lobak dapat tumbuh pada dataran rendah maupun dataran tinggi dengan ketinggian antar 200 hingga 700 lebih mdpl berhawa dingin dan lembab dengan suhu berkisar antara 15°C hingga 25°C atau lebih. Struktur tanah yang cocok untuk menananam lobak adalah lapisan tanah yang agak ringan, dalam dan tidak berbatu dengan pH lebih dari 6,5.

  • Pembenihan

Benih didapatkan dengan cara generatif yaiu menggunakan biji (umbinya). Untuk sekitar 1 hektar lahan dibutuhkan sekitar 4 kilogram benih umbi. Syarat umbi yang baik untuk ditanam adalah:
Biji bernas dan utuh
Kadar airnya hanya 9-12%
Memiliki daya perkecambahan yang tinggi sekitar 80% lebih.

  • Lahan Tanam

Lahan tanam lobak dipersiapkan, hal yang harus dilakukan adalah menggemburkan tanah menggunakan cangkul atau bajak dengan kedalaman sekitar 30 hingga 40 cm, setelah digemburkan biarkan selama sekitar 15 hari.
Kemudian lakukan pemupukan dasar menggunakan pupuk kandang dengan dosis sekitar 10 hingga 20 ton/hektar. Setelah tanah rata, buatlah alur memanjang dari barat ke timur ( agar tanaman mendapat sinar matahari secara optimal) dengan jarak anatara alur yang satu dengan yang lain sekitar 30 cm.

  • Penanaman Dan Perawatan Tanaman

Setelah lahan tanam sudah siap, benih ditabur tipis merata pada sepanjang alur kemudian ditutup dengan tanah. Setelah 4 hari kemudian biji akan tumbuh.
Sekitar pada umur 2 hingga 3 minggu tanaman disiangi sambil dibuat guludan dengan cara tanah pada sepanjang alur ditinggikan. Selain Penyiangan, dilakukan juga lakukan penyulaman pada tanaman yang kerdil atau mati. Lakukan juga pemupukan agar tanaman dapat tumbuh optimal.

  • Hama Dan Penyakit

Hama dan Penyakit yang menyerang tanaman lobak diantaranya Ulat tanah (Agrotis ipsilon Hufn).

  • Pemanenan

budidaya-lobak
Lobak dapat dipanen saat umbinya sudah cukup besar yaitu pada umur sekitar 2 bulan. Pemanenan jangan samai terlambat karena akan membuat lobak berkayu derta rasanya tidak enak. Dalam 1 hektar lahan dapat dihasilkan sekitar 15 hingga 20 ton lobak.

Demikian artikel pembahasan tentang”Panduan Lengkap Cara Budidaya Lobak Dengan Mudah Dan Hasil Panen Melimpah” semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa