Surga Keindahan Alam Bawah Laut Indonesia

Posted on

Pernahkah anda menyelam hingga ke dasar laut? Apa yang dapat anda lihat? Pasti anda dapat membayangkan keindahan yang ada di dasar laut. Indonesia merupakan negara yang di anugerahi perairan yang luas. Tentunya Indonesia juga dipenuhi dengan terumbu-terumbu karang dan jenis-jenis ikan yang cantik dan unik serta di anugerahi dengan berbagai macam bentuk terumbu karang yang indah. Namun tidak harus dengan menyelam hingga ke dasar laut, jika perairan laut memiliki air yang jernih dan tidak terlalu dalam, anda bisa melihat pemandangan bawah laut hanya dengan cara menyelam atau melakukan snorkling.

Indonesia memiliki panorama yang luar biasa, tidak terkecuali juga dengan keindahan alam bawah lautnya. Terdapat beberapa Spot Diving yang banyak diminati masyarakat lokal hingga mancanegara.

Raja Ampat

Kepulauan raja ampat merupakan rangkaian 4 gugusan pulau yang berdekatan dan berlokasi dibarat bagian Kepala Burung Pulau Papua. Gugusan ini berada dibawah Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat. Kepulauan ini sekarang dijadikan sebagai tempat tujuan para penyelam yang tertarik akan keindahan pemandangan bawah lautnya.
Raja ampat adalah sebuah kabupaten yang memiliki luas wilayah lebih dari 4,5 juta hektar. 85% dari wilayah tersebut merupakan lautan, dan sisanya merupakan pulau-pulau berjumah lebih dari 600 pulau. Kepulauan Raja Ampat memiliki potensi wisata alam yang sangat luar biasa indah. Tempat wisata yang berada di Papua Barat ini sangat terkenal memiliki wisata bawah laut yang merupakan tempat menyelam terbaik di dunia karena kelengkapan dan keanekaragaman flora dan fauna bawah lautnya. Berdasarkan hasil penelitian dari tim ahli Conservation International, bahwa kepulauan Raja Ampat memiliki 75% spesies karang didunia. Dikatakab bahwa tidak ada tempat lain di dunia dengan memmpunyai jumlah spesies karang sebanyak itu dalam 1 lokasi yang terbilang kecil.
Dengan banyaknya spesies karang di Kepulauan Raja Ampat, secara otomatis juga terdapat banyak spesies ikan karang. Selain itu anda juga dapat bertemu dengan ikan pari manta, ikan duyung, kuda laut, ikan barkuda, hiu karang, penyu, tuna, dan lain-lain. Sisa-sisa perang dunia kedua juga dapat anda temui di perairan Kepulauan Raja Ampat, misalnya bangkai pesawat perang di dekat Pulau Wai.

Gallery Keindahan Pulau Raja Ampat

Wakatobi

wakatobi island

Taman wisata wakatobi merupakan salah satu tempat penyelaman di Indonesia yang indah, selain Raja Ampat di Papua Barat dan Bunaken di Manado Sulawesi Utara. Keindahan dan kekayaan alam Wakatobi sudah terkenal didunia setelah Ekspedidi Wallacea dari Inggris pada tahun 1995. Selain menikmati bawah laut anda juga bisa menikmati pantai yang indah.
Wakatobi merupakan sebuah kabupaten yang berada di Provinsi Sulawesi Tenggara ibukota Wangiwangi. Nama Wakatobi diambil dari singkatan empat pulau utama yang berada di Kabupaten Wakatobi yaitu Wangiwangi (Wanci), Kaledupa, Tomia, dan Binongko. Pariwisata bahari merupakan andalan di kabupaten Wakatobi.

Gallery Keindahan Taman Wisata Wakatobi

Pulau Bunaken

taman bunaken

Pulau bunaken merupakan salah satu tempat destinasi wisata yang ada di Indonesia, tepatnya di Provinsi Sulawesi Utara yaitu Taman Nasional Bunaken. Taman Nasional Bunaken merupan tmepat wisata yang berada di teluk Manado – Sulawesi Utara dengan luas wilayah sekitar 8,08 km persegi. Di tempat ini terdapat sebuah Taman Laut yang sangat indah yang terdapat di sekitar pulau Manado Tua (Mantehage dan Siladen). Untuk menikmati suasana bawah laut Bunaken anda harus menyela kedalam dan bergerak mengikuti irama ombak yang mengalir.
Pesona alam bawah laut yang menakjubkan akan dapat anda temukan disini, ada sekitar 13 jenis terumbu karang yang menjulang terjal vertikal kebawah sedalam sekitar 25 – 50 meter. Anda juga akan dimanjakan dengan pemandangan yang disuguhkan oleh sekitar 91 species ikan yang ada di Taman Laut Bunaken. antara lain koi putih (Seriola rivoliana), gusimi lokal (Hippocampus), nila gasi (Scolopsis bilineatus), goropa (spilotocepsep hinephelus dan hypselosoma Pseudanthias), lolosi ekor kuning (Lutjanus kasmira), dan banyak yang lain. tidak hanya itu disini juga banyak ditemukan moluska seperti ikan kepala kambing (Cassis cornuta), nautilus (Nautilus pompillius), kima raksasa (Tridacna gigas) dan tunikates atau askidian. Bagi para Traveler yang menyukai scuba diving, tempat ini adalah salah satu tepat terbaik untuk melakukan kegiatan tersebut. ada sekitar 20 titik yang bisa digunakan untuk penyelaman, dimana Anda akan mendapatkan kesempatan untuk berenang kedalam laut dengan disekelilingi beragam biota laut yang sangat mempesona.

Gallery Keindahan Pulau Bunaken

Kepulauan Karimun Jawa

karimun jawa island

Karimunjawa merupakan sebuah nama kecamatan yang ada di Jepara, Jawa tengah yang berbentuk kepulauan di tengah laut Jawa. Berjarak sekitar 83 KM di utara kota Jepara, Kepulauan Karimunjawa terdiri dari 27 pulau, namun hanya 5 pulau yang berpenghuni. Potensi wisata utama dari Kepulauan Karimunjawa adalah keindahan lautnya. Karena potensi wisata taman laut tersebut, kepulauan ini ditetapkan sebagai salah satu taman nasional Indonesia pada tahun 2001. Tempat wisata yang telah ditetapkan sebagai taman laut nasional Indonesia ini mempunyai lebih dari 90 jenis karang laut, dan lebih dari 240 jenis ikan. Di beberapa pulau, anda dapat melihat hutan mangrove dan hutan pantai. Selain itu anda juga dapat menjumpai beberapa jenis satwa di daratan, misalnya rusa, kera, berbagai jenis burung, penyu, dan lain-lain.

Gallery Keindahan Pulau Karimun Jawa

Pulau Komodo

komodo island

Selain dikenal dengan habitat endemiknya yaitu Komodo, pulau ini juga terkenal memiliki keindahan bawah laut yang menakjubkan. Cantiknya biota di bawah sana dengan dihiasi terumbu karang yang beragam membuat ikan – ikan yang manis juga tak malu untuk menyapa. Anda bisa menyelam dan menikmati kekayaan laut di pulau ini. Taman Nasional Komodo merupakan tempat menyelam yang terbaik di dunia. 385 spresies trumbu karang, hiasan rumput laut, 70 macam bunga karang, serta ribuan spesies ikan sedang menunggu anda. Bukan hanya itu, anda juga akan bertemu dengan berbagai macam jenis hiu dan ikan pari, penyu hijau, 6 spesies paus, dan 10 jenis lumba – lumba yang lucu. Sungguh warisan alam yang dramatis dan mengagumkan. Sekitar 67% dari cakupan Taman Nasional Komodo merupakan wilayah perairan yang eksotis. Memiliki kedalaman sekitar 150 meter. Suhu air di perairai ini berkisar 25 – 29 derajad celcius dengan tingkat keasinan 34 ppt. Begitu banyak pesona alam yang ditawarkan di Taman Nasional Komodo. Selain dapat bertemu dengan hewan purba komodo di habitat aslinya, dan menikmati cantiknya biota lautnya, Anda juga akan dibuat takjub lebih jauh lagi dengan panorama di pulau ini. Karena disini terdapat zona transisi Garis Wallacea.

Gallery Keindahan Pulau Komodo

Tulamben

tulamben beach

Salah satu destinasi wisata lainnya yang tidak kalah menarik adalah Tulamben. Tulamben merupakan salah satu lokasi/spot menyelam favorit d Indonesia yang banyak menjadi tujuan wisatawan lokal maupun mancanegara. Yang membuat Tulamben begitu terkenal salah satunya adalah kemudahan akses dan kekayaan biota laut yang ditawarkan oleh situs penyelaman ini. Ditambah lagi dengan adanya bangkai pesawat USS Liberty, kapal peninggalan perang Dunia II yang karam di perairan tersebut. Tulamben menyajikan berbagai mahluk bawah laut mulai dari yang kecil seperti siput laut, kepiting dan udang, ghost pipefish dan pygmy seahorse sampai yang besar seperti hiu, ikan Mola mola, dan lain lain. Tulamben menawarkan situs penyelaman yang sesuai untuk kursus penyelaman, penyelaman santai (fun dive) dan fotografi bawah air. Selain itu, Tulamben terkenal dengan salah satu tempat menyelam di bangkai kapal yang paling mudah di akses. Akses dari pantai dan bangkai kapal USS Liberty hanya 30 meter dari pantai dengan kedalaman maksimum sekitar 30 meter. Penyelaman diawali dengan sambutan surgeonfish yang sangat jinak dan tak jarang di tengah penyelaman ditemukan segerombolan bumphead parrotfish, seekor great barracuda dan berbagai siput laut yang warnanya sangat cantik.

Gallery Keindahan Tulamben Beach

Pulau Derawan

pulau derawan

Pulau derawan termasuk dalam temapt wisata yang indah dan mempesona yang ada di Indonesia. Pulau derawan berapa di kepulauan Derawan, kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Pulau ini menyajikan pemandangan yang sangat eksotis baik jika dilihat dari atas laut maupun didalam laut. Dari atas laut, Pulau Derawan menyajikan sebuah hamparan permukaan air laut yang berwarna gradasi biru dan hijau, hamparan pasir putih, barisan pohon kelapa di pesisir pantai, serta rumah-rumah sederhana sebagai penginapan yang menjorok ketengah laut hampir 100 meter yang membuat kita dapat menikmati beraneka ikan warna-warni dan penyu yang berlalu lalang secara bebas dibawah kita. Selain itu, Pulau Derawan menyajikan wisata bahari yang tak kalah menarik. Disekitar perairan Pulau Derawan terdapat taman laut yang digunakan untuk wisata diving dengan kedalaman kurang lebih 5 meter. Di taman laut ini terdapat beraneka macam biota laut yang hidup dan berkembang secara berdampingan, diantaranya beraneka jenis terumbu karang, cumi-cumi, kuda laut, gurita, ikan pipa, belut pita, dan ikan skorpion. Pengunjung juga dapat meninjau beberapa pulau lainnya yang masih berada di sekitar Pulau Derawan yang tentunya memiliki keunikan wisata alam tersendiri, diantaranya ikan pari hitam yang memiliki lebar diameter 6 meter, ketam kelapa, lumba-lumba, penyu hijau, penyu sisik, paus, dugong, hingga danau yang berada ditengah laut. Sungguh tempat wisata yang sangat mengagumkan, tak heran tempat wisata ini sangat terkenal sampai mancanegara bahkan menduduki peringkat ketiga teratas di dunia sebagai tempat tujuan menyelam bertaraf internasional.

Gallery Keindahan Pulau Derawan

Musim liburan ini tempat wisata manakah yang anda kunjungi? ternyata keindahan alam Indonesia tidak kalah menarik dengan wisata lama di Luar Negeri.

Terimakasih telah berkunjung di FaunadanFlora.com , semoga infomasi ini bermanfaat

Visit Indonesia