4 Tahap Cara Budidaya Asam Jawa Dengan Mudah

Posted on

Panduan Cara Budidaya Asam Jawa Lengkap Dengan Penjelasan Dan Klasifikasinya

Hai Sahabat……kali ini kita akan membahas tentang buah yang memiliki rasa masam baik itu dari muda hingga buah matang, buah itu adalah Asam. Untuk lebih jelasnya mari simak penjelasan dibawah ini.

Asam jawa, asam atau asem adalah sejenis buah yang memiliki rasa masam. Asam biasa digunakan sebagai campuran bumbu dalam banyak masakan Indonesia sebagai perasa atau penambah rasa asam dalam makanan, misalnya pada sayur asam atau kadang-kadang kuah pempek. Asam juga digunakan untuk campuran jamu tradisional yaitu jamu gendong. Asam jawa dihasilkan oleh pohon Tamarindus indica dan termasuk ke dalam suku Fabaceae (Leguminosae). Spesies ini adalah satu-satunya anggota marga Tamarindus.

Asam

Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Ordo: Fabales
Famili: Fabaceae
Upafamili: Caesalpinioideae
Bangsa: Detarieae
Genus: Tamarindus
Spesies: T. indica

Berikut adalah cara budidaya asam jawa:
Syarat Tumbuh
pohon asam

Asam dapat tumbuh di tanah berpasir maupun tanah liat baik di dataran rendah maupun dataran tinggi dari 1000 hingga 1500 meter diatas permukaan laut. Di daerah tropis basah dengan curah hujan lebih dari 4000 mm pohon asam tidak dapat tumbuh bunga.
Pedoman Budidaya
Pohon asam dapat diperbanyak dengan menggunakan benih, pencangkokan, penyambungan, dan penempelan. Pohon induk yang baik biasanya diperbanyak secara vegetatif.
Penempelan perisai (shield budding) dan penempelan tambalan (patch budding) serta sambung-celah (cleft grafting) merupakan metode yang cepat dan dapat dipercaya Pohon hasil perbanyakan secara penempelan atau penyambungan ditanam di kebun pada awal musim hujan dengan jarak tanam 8-10 m.
Pemeliharaan Asam
Pemeliharaan pada asam di lakukan secara intensif yaitu dengan cara pemupukan secara berkala, penyambungan yang dapat dilakukan pada umur 3-4 tahun , penyiraman di lakukan 2 hari dalam satu hari, penyuburan kembali tanah , penimbunan batang dengan tanah agar menghasilkan akar yang baru. hal-hal ini dilakukan bertujuan untuk mempercepat pertumbuhan asam jawa .
Hama Dan Penyakit
Hama yang sering menyerang pohon asam adalah penggerek (shot-hole borers), serangga (toy beetles), ulat pemakan daun, cacing (bagworms), kutu bubuk, dan kutu perisai. Hama tersebut dapat ditangani menggunakan cara yang tepat apabila menggunakan obat seperti pestisida atau yang lain disesuaikan dengan dosis yang tepat.
Panen
Buah asam jawa

Pohon Asam yang baik dapat menghasilkan sekitar 170 kg / tahun. Pemanenan dilakukan dengan cara memotong tangkai asam agar asam tidak terjadi kerusakan atau pun dengan cara menjepit untuk menghindari kerusakan pada polong asam. Biasanya:

  • Buah dari kultivar asam dipanen dalam dua tahap yaitu tahap polong hijau untuk bumbu penyedap, dan polong matang untuk diproses.
  • Buah kultivar manis dipanen dalam dua tahap pula: ┬átahap setengah matang ┬ádan tahap matang penuh.
  • Pada tahap setengah matang, kulitnya mudah dikupas, daging buahnya berwarna hijau kekuning-kuningan dan konsistensinya mirip daging buah apel.
  • Pada tahap matang, daging buahnya mengkerut karena hilang kelembapannya, dan berubah warnanya menjadi coklat kemerah-merahan dan menjadi lengket.

Demikian artikel pembahasan tentang”4 Tahap Cara Budidaya Asam Jawa Dengan Mudah“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa