Panduan Lengkap Cara Budidaya Mawar Mini di Pot Agar Cepat Berbunga Bagi Pemula

Posted on

Panduan Lengkap Cara Budidaya Mawar Mini (Rosa hibrida L) di Pot Agar Cepat Berbunga Bagi Pemula – Mawar mini (Rosa hibrida L) adalah salah satu jenis mawar yang memiliki bunga indah. Tanaman mawar mini ini banyak digunakan sebagai tanaman hias dalam ruangan dengan diletakkan dalam pot.

Baca Juga : Cara Menanam Mawar

Untuk menghasilkan varietas mawar mini baru dengan bunga berbeda bisa dilakukan dengan melakukan mutasi iradiasi sinar gamma pada biakan in-vitro. Dari hasil penelitian tersebut, didapatkan tiga mutan bunga mawar mini yang memiliki warna dan/atau bentuk bunga berbeda dari tanaman induknya. Ketiga mutan tersebut dilepas sebagai varietas baru dengan nama Rosmarun, Yulikara dan Rosanda. Ketiga varietas tersebut memiliki kesegaran bunga dalam pot yang bisa bertahan lebih lama serta lebih tahan terhadap hama tungau dan penyakit embun tepung.

Baca Juga : Cara Menanam Mawar Cabutan

Cara Budidaya Mawar Mini (Rosa hibrida L) di Pot Agar Cepat Berbunga Bagi Pemula

Perbanyakan Bibit Mawar Mini

Tanaman mawar mini dapat diperbanyak dengan cara setek. Ambil batang setek sepanjang 10 cm lalu celupkan ke zat perangsang akar, kemudian tanam ke media tanam berupa arang sekam. Lakukan penyiraman sebanyak dua kali sehari dengan cara pengabutan atau penyemprotan dengan handsprayer.

Baca Juga : Cara Menanam Mawar Rainbow atau Mawar Pelangi

Penanaman Mawar Mini

Setelah setek batang telah berakar atau telah berumur 1-2 bulan, maka dapat dipindahkan tanam ke pot berdiameter sekitar 14 cm lalu isi dengan media tanam berupa sekam bakar dan humus dengan perbandingan 1:1.

Perawatan Mawar Mini

Lakukan penyiraman secara berkali. Selain itu, lakukan pemupukan dengan menggunakan pupuk NPK setiap 2 minggu sekali dengan dosis sekitar 1-2 gram/pot. Selain itu, berikan pupuk daun seminggu sekali dengan cara disemprotkan ke permukaan daun secara merata.

Baca Juga : Cara Menanam Mawar Dengan Stek Batang

Untuk mengendalikan hama dan penyakit dapat digunakan insektisida (untuk aphid atau tungau mawar), fungisida (untuk penyakit embun tepung) dan akarisida (untuk tungau).

Demikian pembahasan tentang cara menanam dan merawat mawar mini dalam pot agar cepat berbunga bagi pemula. Semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan lainnya.