Panduan Lengkap Cara Menanam dan Merawat Bunga Kencana Ungu (Ruellia) Bagi Pemula

Posted on

Panduan Lengkap Cara Menanam dan Merawat Bunga Kencana Ungu (Ruellia) Bagi PemulaBunga Ruellia (Ruellia brittoniana) atau Wild Petunia adalah jenis bunga yang setiap saat berbunga alias tanpa mengenal musim,sehingga kita dapat menikmatinya sepanjang tahun,lebih bagus ditanam secara groupping. Perbanyakan dapat dilakukan dengan cara stek atau dengan biji. Tanaman ini disebut juga Dwarf Mexican Petunia.

Ruellia atau bunga kencana adalah bunga yang dapat ditemui di padang rumput atau pinggir jalan, memiliki bunga yang berwarna merah, putih, biru atau ungu dan beberapa jenis bunga kencana liar memiliki buah kering yang dapat meletup di dalam air.

Baca Juga : Cara Menanam Bunga Gloxinia

Bunga ini termasuk genus dari tanaman berbunga yang umumnya dikenal dalam bahasa Inggris sebagai ruellias atau wild petunias. Tetapi mereka tidak berhubungan dekat denga petunia (Petunia) walaupun keduanya termasuk klad yang sama, euasterid. Genus ini dinamai untuk menghormati Jean Ruelle, seorang herbalis dan fisikawan kepada François I dari Prancis dan penerjemah terhadap beberapa karya Dioscorides.

Beberapa genus yang dianggap berdiri sendiri, kini dianggap sebagai sinonim dari Ruellia, genus segregat Blechum, Eusiphon, Polylychnis dan Ulleria sering dimasukkan ke dalam genus Ruellia. Namun Acanthopale, kini dianggap sebagai genus yang berbeda.

Ruellia populer dijadikan sebagai tanaman hias. Beberapa diantaranya sebagai tanaman obat, tetapi banyak di antaranya diketahui beracun. Daunnya dipergunakan sebagai makanan ulat dari beberapa Lepidoptera (kupu-kupu).

Bunga Ruellia terdiri dari warna putih, ungu dan pink, bunganya berbentuk terompet. Bunga hanya bertahan selama 3 ( tiga ) hari kemudian layu yang akan segera digantikan oleh calon bunga lain bermekaran sehingga keberadaan bunga akan terlihat sepanjang tahun.

Baca Juga : Cara Menanam Bunga Fittonia

Klasifikasi ilmiah Bunga Ruellia
Kingdom: Plantae
(tanpa takson): Angiospermae
(tanpa takson): Eudikotil
(tanpa takson): Asteridae
Ordo: Lamiales
Famili: Acanthaceae
Subfamili: Acanthoideae
Bangsa: Ruellieae
Genus: Ruellia

Bunga kencana ungu (Ruellia Tuberosa.L) merupakan salah satu tanaman liar yang dapat dimanfaatkan sebagai tanaman obat. Di beberapa daerah tanaman bunga kencana ungu disebut juga dengan pletekan, ceplesan, pletikan, ptetekan, atau ceplikan. Bagian tanaman yang biasa digunakan sebagai obat adalah daun dan bunganya yang biasanya direbus untuk diambil airnya dan kemudian diminum. Beberapa manfaat mengkonsumsi ramuan bunga kencana ungu diantaranya yaitu:

Baca Juga : Cara Menanam Bunga Torenia Ungu (Mata Kucing)

  • Mengatasi diabetes mellitus.
  • Menjaga kesehatan atau kelancaran saluran kemih.
  • Mengatasi peradangan.
  • Mengobati batuk.
  • Mengatasi gatal di kulit.
  • Mencegah pendarahan.
  • Menekan gejala yang menyertai demam.
  • Menghilangkan rasa sakit atau nyeri.
  • Mencegah hipertensi.
  • Dan lain sebagainya.

Cara Menanam dan Merawat Bunga Kencana Ungu (Ruellia)

Selain dijadikan tanaman obat, tanaman bunga ruellia bisa juga dijadikan tanaman hias taman. Tanaman ini bisa mentoleransi tanah basah maupun kering. Tanaman ini lebih senang dengan cahaya matahari penuh namun juga bisa tumbuh di tempat yang kurang cahaya. Namun karena pembungaan berhubungan dengan cahaya, maka tanaman yang diletakkan di tempat dengan sedikit cahaya juga akan menghasilkan sedikit bunga.

Baca Juga : Cara Menanam Bunga Gazania

Cara merawat bunga ruellia ini diantaranya yaitu:

  • Lakukan penyiraman teratur pada saat awal tumbuh hingga akarnya kuat.
  • Tanaman yang sudah tumbuh sudah toleran terhadap kekeringan. Lakukan pemupukan dengan menggunakan sedikit pupuk jenis phosphor.
  • Lakukan pemangkasan pada daun yang sudah tua dan memudar.

Tanaman bunga ruellia ini dapat tumbuh terus dalam jangka waktu lama Tanaman yang kurang cahaya cenderung tumbuh tinggi dan sedikit bunga. Sedangkan tanaman yang terlalu banyak disiram akan cepat menyebar.

Demikian artikel pembahasan tentang cara menanam dan merawat bunga ruellia atau bunga kencana bagi pemula, semoga bermanfaat. Sampai jumpa