Panduan Lengkap Cara Menanam dan Merawat Bunga Nemophila (Baby Blue Eyes) Bagi Pemula

Posted on

Panduan Lengkap Cara Menanam dan Merawat Bunga Nemophila (Baby Blue Eyes) Bagi Pemula Agar Cepat Berbunga – Bunga nemophila adalah salah satu jenis bunga hias yang umumnya dikenal dengan nama baby blue eyes atau california blue bells. Tanaman hias nemophila memiliki bunga yang indah berwarna biru langit dengan bagian warna putih ditengahnya. Bunganya terdiri dari lima tepal berbentuk cangkir, warna bunga terdiri dari biru, ungu, putih dan biasanya terdapat garis-garis dan bintik-bintik menyerupai pembuluh darah pada permukaan daunnya.

Baca Juga : Cara Menanam dan Merawat Bunga Phlox

Tanaman ini dapat tumbuh dengan ketinggian sekitar 15-30 cm. Tanaman bunga nemophila pertama kali ditemukan di Amerika Serikat, Kanada dan Meksiko. Meskipun berasal dari luar negeri, tumbuhan ini sanggup tumbuh baik di Indonesia. Tanaman ini sanggup ditemukan tumbuh alami di sela-sela bebatuan, padang rumput, tepi jalan dan di hutan. Selain tumbuh di area luas, nemophila juga sanggup ditanam dalam pot atau sebagai tanaman gantung.

Cara Menanam dan Merawat Bunga Nemophila (Baby Blue Eyes) Bagi Pemula

Persiapan Bibit Bunga Nemophila

Siapkan benih bunga nemophila, benih bunga nemophila bisa diperoleh dari pada biji yang dihasilkan oleh tanaman yang sudah tumbuh atau jika belum pernah menanam nemophila sebelumnya, bibit bisa diperoleh dengan membelinya di toko perlengkapan benih tanaman.

Baca Juga : Cara Menanam Bunga CosmosĀ 

Persiapan Lokasi Tanam dan Media Tanam Bunga Nemophila

Tanaman bunga nemophila akan tumbuh baik pada lahan tanam yang mendapatkan cahaya matahari penuh atau teduh sebagian dan adapula beberapa spesies nemophila tidak berhasil tumbuh pada kondisi tanah yang lembab. Akan tetapi, tanah yang lembab bisa diatasi dengan memberikan campuran sekam dan sabuk kelapa (cocopeat).

Taaman nemophila toleran terhadap media tanam berupa tanah berpasir tapi seperti kebanyakan tanaman, jenis bunga ini juga bisa tumbuh pada tanah yang sehat dengan campuran beberapa pupuk kompos.

Baca Juga : Cara Menanam dan Merawat Bunga Zinnia

Penanaman dan Perawatan Bunga Nemophila

Benih sanggup eksklusif ditabur pada tray semai di atas permukaan media tanam, tutupi kembali memakai tanah atau jika ingin menanamnya sebagai bunga gantung bisa langsung ditabur dalam pot yang berisi media tanam.

Lakukan penyiraman tumbuhan dengan lembut, bila perlu gunakan sprayer pada awal tanam agar biji tidak ikut hanyut. Jika sudah tumbuh beberapa helai daun, pindahkan pada taman atau dalam pot yang lebih besar.

Pemupukan jarang dilakukan, tapi lakukan pemberian pupuk organik sesekali pada tumbuhan yang mulai tumbuh akan membuat tumbuhan tumbuh sehat.

Baca Juga : Cara Menanam dan Merawat Bunga Portulaca (Moss Rose)

Demikian pembahasan tentang cara menanam dan merawat bunga nemophila agar cepat berbunga bagi pemula. Semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan lainnya. Sampai jumpa