Penyebab dan Cara Mengatasi Busuk Buah Pada Tanaman Cabe

Posted on

Penyebab dan Cara Mengatasi Busuk Buah Pada Tanaman Cabe – Busuk Buah adalah gejala serangan organisme pengganggu tanaman (OPT) penyebab penyakit. Biasanya penyakit ini sering menyerang tanaman holtikultura terutama pada tanaman cabe. Busuk buah biasanya menyerang cabe yang masih muda, tua atau sudah hampir matang sempurna. Masalah busuk buah pada tanaman cabe harus segera dilakukan pencegahan sedini mungkin untuk mengurangi dampak kerugian pada petani. Karena itu, petani perlu mengetahui penyebab dan cara mengatasi busuk buah pada tanaman cabe.

Penyakit busuk buah pada cabe akan sulit dikendalikan jika hama sudah terlanjut menyebar dan meluas. Penyakit busuk buah pada tanaman cabe di kelompokan menjadi dua bagian yaitu penyakit busuk buah di karenakan terinfeksi bakteri, dan penyakit busuk di akibatkan lalat buah. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan dibawah ini.

Baca Juga : Cara Mengatasi Penyakit Antraknosa (Patek) Pada Tanaman Cabai.

Penyebab dan Cara Mengatasi Busuk Buah Pada Tanaman Cabe

1. Busuk Buah Cabe Akibat Terinfeksi Bakteri / Busuk Bakteri

Busuk bakteri disebabkan oleh serangan bakteri Erwinia carotovora. Umumnya busuk bakteri terjadi pada buah cabe muda (cabai hijau) dan buah cabe tua (cabai merah). Gejala yang ditimbulkan akibat bakteri ini dimulai dari tangkai dan kelopak buah, namun infeksi bisa terjadi pada bagian mana saja dari buah yang terluka.

Bakteri Erwinia carotovora menyerang pada bagian dalam buah dan merusak jaringan bagian buah hingga membuat buah menjadi lunak dan berair keruh. Biasanya buah cabe busuk dimulai dari bagian ujung buah hingga merambat keatas dan seluruh bagian daging buah menjadi busuk. Buah yang terinfeksi bakteri ini akan tetap menggantung pada tangkai tanaman seperti kantung berisi air, dan lama kelamaan cairan didalam buah akan keruh dan menetes perlahan hingga habis. Setelah cairan habis maka buah akan mengering dan berwarna transparan.

Baca Juga : Hama dan Penyakit Tanaman Cabe 

Cara mengatasi busuk buah karena terinfeksi bakteri ini bisa melakukan beberapa pengendalian, antara lain:

  • Gunakan benih unggul yang tahan akan bakteri
  • Lakukan sanitasi lahan dengan selalu menjaga kebersihan lingkungan tanaman
  • Beri jarak tenanaman agar tidak terlalu rapat, terutama pada saat musim hujan
  • Musnakan buah yang terinfeksi bakteri dengan cara membakar atau membuang jauh dari lokasi penanaman
  • Gunakan mulsa plastik untuk mengurangi kelembaban, terutama jika menanam pada musim hujan,
  • Lakukan penyemprotan bakterisida dengan dosis dan cara yang tepat, contohnya : agrimycin, agrept, kuproxat, plantomycin atau bactoxyn.

2. Buah Cabe Akibat Lalat Buah

Selain karena terinfeksi bakteri, busuk buah pada cabai juga disebabkan karena serangan lalat buah. Lalat buah adalah serangga yang senang menyerang buah yang berwarna kuning kecoklatan dan tubuhnya mirip dengan tawon/lebah. Sedangkan lalat buah yang menyerang tanaman buah cabai adalah jenis lalat buah kelamin betina, bukan lalat buah jantan. Lalat buah menyerang buah cabe yang masih muda maupun buah cabe yang sudah matang atau hampir matang.

Baca Juga : Budidaya Cabe Merah Keriting Di Polybag

Lalat buah betika menyerang buah cabai pada saat memasuki masa reproduksi, ia akan menyimpan telur-telurnya dalam buah cabai. Telur-telur tersebut akan menetas dalam beberapa hari dan menjadi larva. Larva tersebut bertahan hidup didalam buah inangnya dengan memakan daging buah sampai menjadi lalat buah dewasa.

Gejala yang muncul akibat lalat buah seperti pada gejala awal serangan, akan muncul ciri-ciri tangkai buah, ujung buah atau bagian tengah buah cabe menguning. Namun jika diperhatikan, pada cabe tersebut ada lubang kecil. Buah cabe yang terserang akan membusuk, sedikit berair dan rontok. Dan jika cabe dibelah, akan ada larva lalat buah yang berbentuk ulat kecil berwarna putih. Pada buah cabe berusia muda, serangan lalat buah dapat menyebabkan buah gugur sebelum lalat menetas, sedang serangan pada cabe usia tua biasanya buah akan bertahan sampai telur menjadi larva hingga akhirnya gugur.

Cara mengatasi busuk buah akibat Lalat Buah bisa melakukan beberapa pengendalian, antara lain:

  • Tanam cabai jauh dari lokasi penanaman inang lalat buah seperti, timun, terong, tomat atau semangka.
  • Hindari tanam cabai dibekas tanaman timun, terong, tomat atau semangka. Kecuali lahan sudah benar-benar steril dari sisa-sisa tanaman sebelumnya.
  • Pemasangan perangkap lalat buah
  • Lakukan penyemprotan insektisida berbahan aktif profenofos + metomil atau dimetoat + metomil
  • Sebaiknya lakukan penyemprotan pada saat lalay buah aktif , yaitu pagi hari sebelum matahari terik.

Baca Juga : Cara Budidaya Cabe Merah Keriting

Itulah beberapa tips Penyebab dan Cara Mengatasi Busuk Buah Pada Tanaman Cabe. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat dan bisa dijadikan sebagai sumber literasi bagi pembaca.