Panduan Lengkap Cara Budidaya Burung Merpati Kipas Bagi Pemula Agar Sukses

Posted on

Panduan Lengkap Cara Budidaya Burung Merpati Kipas Bagi Pemula Agar Sukses – Merpati kipas atau merpati ekor kipas adalah salah satu jenis burung merpati yang memiliki ciri khas yang unik yaitu ekornya yang memiliki bentuk seperti kipas. Sekarang ini, burung merpati kipas juga semakin diminati banyak orang karena harga jualnya yang tinggi sehingga cocok dijadikan sebagai salah satu lahan bisnis.

Cara Ternak dan Merawat Burung Merpati Kipas

Persiapan Kandang Ternak Burung Merpati Kipas

Ada beberapa sistem kandang yang bisa dipilih untuk membudidayakan burung merpati hias ini diantaranya yaitu:

Kandang baterai, yaitu kandang khusus yang dibuat untuk sepasang burung merpati hias dengan ukuran minimal 90 cm x 50 cm x 50 cm. Kelebihan sistem kandang baterai ini yaitu bisa lebih menghemat tempat sebab bisa disusun, mempermudah pengontrolan ketika ada merpati hias yang sakit, menghindari selingkuh antar pasangan dan tidak bertengkar dengan pasangan lain.

Kandang koloni, yaitu sistem kandang dengan ukuran besar sehingga semua burung merpati hias bisa dipelihara dalam satu kandang saja. Kelebihan sistem kandang ini yaitu lebih efisien dalam segi waktu dan juga menghemat tenaga dalam perawatan.

Kandang umbaran, yaitu sistem kandang dengan cara burung merpati kipas dilepas pada alam terbuka. Kelebihan sistem kandang ini yaitu bisa lebih menghemat pakan dan tenaga.

Jika kandang sudah siap, siapkan perlengkapan lainnya dalam kandang seperti wadah pakan, wadah minum dan sarang untuk megerami telur.

Makanan Dan Minum Burung Merpati Kipas

Pakan yang dapat diberikan pada burung merpati kipas diantaranya yaitu jagung, beras merah, kacang merah, pur atau BR atau konsentrat berbentuk biji dan milet putih.

Bisa juga diberi pakan penunjang berupa vitamin dari sayur dan buah berupa wortel yang sudah dihaluskan, kangkung, selada dan juga bayam. Selain itu bisa diberikan kecambah dan juga pepaya. Selain itu, sediakan juga kerikil kecil untuk mempermudah penghancuran makanan kasar dalam perut burung dan juga sebagai asupan mineral.

Sedangkan minum dapat diberikan sebanyak 2 kali sehari dan pastikan air bersih serta terbebas dari bahan kimia.

Proses Bertelur Burung Merpati Kipas

Biasanya, merpati kipas akan melakukan perkawinan sesudah membangun sarang untuk bertelur, indukan akan mencari jerami dan dedaunan kering untuk membuat sarang.

Merpati kipas akan bertelur sebanyak 1-2 butir telur dan telur akan menetar sekitar 18 hari kemudian. Selama proses pengeraman, maka sediakan pakan dekat dengan kandang burung agar induk bisa tetap fokus untuk mengerami telurnya.

Perawatan Anakan Burung Merpati Kipas

Anakan yang sudah menetas akan langsung diberikan makan oleh induk sehingga induk mmbutuhkan suplemen tambahan baik jantan maupun betina. Masa ini akan berlangsung selama 6-7 minggu.

Beberapa kebutuhan nutrisi tambahan yang harus diberikan pada induk diantaranya gandum (34%), beras (2%), kacang tanah (5%), milet (9%), jagung (50%), birdvit dan birdmineral. Semua bahan tersebut dicampurkan hingga menjadi bubur lalu berikan sebanyak 3-4 kali sehari hingga anakan berumur 1 bulan. Jika anakan sudah bisa makan sendiri, maka cukup diberikan 2 kali sehari dan kurangi kadar air hingga anakan bisa makan makanan kering.

Mempercepat Produksi Indukan Merpati Kipas

Untuk mempercepat produksi indukan merpati kipas, maka pengasuhan anakan bisa dibantu manusia sehingga indukan bisa bereproduksi kembali. Peralihan masa pengasuhan ini dapat dilakukan saat anakan berumur 15-30 hari dan akan dilakukan manusia hingga anak berumur 1 bulan.

Menjaga Kesehatan Burung Merpati Kipas

Agar burung merpati kipas tidak mudah terserang penyakit maka, bersihkan kandang 1 kali seminggu dari kotoran burung, sisa pakan dan juga bulu yang rontok secara teratur agar kuman atau bakteri tidak berkembangbiak dalam kandang. Selain itu, semprot kandang dengan desinfektan 1 kali seminggu agar steril dan terbebas dari kuman, bakteri dan virus. Desinfektan bisa juga disemprotkan pada tubuh burung agar lebih sehat.

Demikian artikel tentang “Panduan Lengkap Cara Budidaya Burung Merpati Kipas Bagi Pemula Agar Sukses“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa

Rate this post