Panduan Lengkap Cara Budidaya Burung Parkit Mata Merah Bagi Pemula Agar Sukses

Posted on

Panduan Lengkap Cara Budidaya Burung Parkit Mata Merah Bagi Pemula Agar Sukses  – Parkit mata merah merupakan salah satu jenis burung parkit yang memiliki ciri khas mata berwarna merah, jenis parkit ini agak sedikit langka sehingga cukup sulit ditemukan.

Nah kali ini kita akan membahas tentang cara budidaya ternak parkit mata merah, berikut selengkapnya:

Cara Budidaya Burung Parkit Mata Merah Bagi Pemula

Persiapan Kandang Budidaya Parkit Mata Merah

Kandang yang disiapkan untuk budidaya burung parkit mata merah ini harus disesuaikan dengan jumlah burung yang akan dibudidayakan. Semakin banyak burung yang akan dibudidayakan maka ukuran kandang semakin besar.

Pemilihan Indukan Burung Parkit Mata Merah

Pilih indukan burung parkit mata merah yang telah berusia sekitar 5 bulan. Selain itu, pilih indukan yang sehat dan berkualitas agar nantinya juga anakan yang dihasilkan juga berkualitas. Karena tidak semua pasangan parkit bermata merah bisa berjodoh dan mau berjodoh maka siapkan pasangan lebih dari satu pasang burung parkit mata merah.

Ciri indukan burung parkit mata merah yang siap kawin dapat dilihat dari perubahan cerenya. Dimana warna cere indukan betina akan berubah warna hingga menjadi warna merah muda kecoklatan dimana warna aslinya dalah putih kebiruan.

Sedangkan indukan jantan bisa di tandai dengan keaktifannya dimana indukan jantan akan terlihat lebih berenergi dan selalu mendekati yang betina.

Cara Menjodohkan Burung Parkit Mata Merah

Biasanya proses perjodohan burung parkit mata merah akan memakan waktu 7-10 hari. Cara menjodohkan burung parkit mata merah ini dapat dilakukan dengan menyatukan burung jantan dan betia siap kawin di dalam koloni mereka, biasanya cara oni akan berlangsung selama 7 hari langsung berjodoh dan menghasilkan telur.

Selain itu, ada cara lain yaitu dengan cara memisahkan burung jantan ke sangkar lain terlebih dahulu selama 3 hari. Biarkan burung jantan untuk melakukan adaptasi pada kandang baru tersebut. Kemudian setelah hari ke 4 anda bisa langsung memasukan indukan betina ke dalam kandang tersebut.

Makanan Burung Parkit Mata Merah

Pakan yang diberikan pada burung parkit mata merah bisa berupa sayur-sayuran, buah-buahan dan biji-bijian, seperti pir, pisang, biji milet, sayur bayam, sayur kol, pepaya, apel, wortel dan lain sebagainya. Selain pakan, berikan juga vitamin atau suplemen burung.

Merawat Burung Parkit Mata Merah

Agar tidak mudah terserang penyakit, maka jaga selalu kebersihan kandang burung parkit mata merah dengan membersihkannya secara rutin setiap hari. Selain itu, ganti secara rutin air minumnya.

Demikian artikel tentang “Panduan Lengkap Cara Budidaya Burung Parkit Mata Merah Bagi Pemula Agar Sukses “, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa

Rate this post