Panduan Lengkap Cara Ternak Budidaya Burung Anis Binbin Bagi Pemula Agar Sukses

Posted on

Panduan Lengkap Cara Ternak Budidaya Burung Anis Binbin Bagi Pemula Agar Sukses – Burung anis binbin atau tlendekan gunung merupakan salah satu jenis burung anis yang biasa hidup di alam liar yang memiliki ciri corak berwarna warni dan tubuh kecil yang lucu, ia memiliki suara yang merdu dan indah.

Cara Ternak Budidaya Burung Anis Binbin Bagi Pemula

Pemilihan Indukan Burung Anis Binbin

Pilih indukan burung anis binbin yang berkualitas agar nantinya anakan yang dihasilkan juga berkualitas baik. Ciri indukan yang baik yaitu memiliki anggota tubuh yang lengkap atau tanpa cacat, memiliki nafsu makan yang baik, tidak memiliki riwayat penyakit, dan memiliki umur yang sesuai untuk berkawin.

Persiapan Kandang Ternak Burung Anis Binbin

Kandang yang perlu disiapkan untuk burung anis binbin hampir mirip dengan alam aslinya yaitu area yang luas, sedikit lembab, dan cenderung agak gelap. Kandang yang dibuat harus bisa menampung dan membuat tubuhnya leluasa bergerak dan juga cukup untuk tempat pakan dan tempat minum burung anis binbin, sehingga burung tidak mengalami kesulitan apapun saat beraktifitas dan berkembang biak.

Dalam kandang diletakkan wadah pakan dan minum. Siapkan pula, kotak sarang yang didalamnya diisi jerami atau serabut kelapa.

Cara Menjodohkan Burung Anis Binbin

Cara menjodohkan burung anis binbin yaitu burung anis binbin jantan dan betina yang berada di sangkar berbeda didekatkan atau diletakkan dalam satu tempat yang dipisahkan oleh sekat tipis hingga keduanya tetap bisa berdekatan, burung anis binbin berjodoh jika mereka saling mendekat satu sama lain dan tidak bertengkar. Jika sudah dekat, satukan dalam satu kandang dan mereka akan berkawin dengan sendirinya.

Cara Merawat Burung Anis Binbin

Pakan yang diberikan pada burung anis binbin bisa berupa jangkrik, ulat hongkong, kroto, biji bijian, dan belalang. Berikan pakan dengan porsi sesuai umur burung anis binbin dan berikan pakan secara rutin 3 kali sehari. Selain pakan berikan pula vitamin bagi burung agar daya tahan tubuhnya baik.

Jaga selalu kebersihan burung anis binbin dengan rutin memandikannya sehingga tubuhnya terasa nyaman dan jauh dari penyakit, mandikan burung anis binbin dengan cara menyemprotkan air dan sabun ke tubuhnya hingga seluruh tubuhnya terjangkau. Setelah burung anis binbin dimandikan pada pagi hari, jemur burung dibawah sinar matahari secara rutin sekitar 2 jam.

Bersihkan pula kandang burung anis binbin secara rutin agar burung terhindar dari penyakit, ganti pakan dan air minum burung secara rutin pula.

Demikian artikel tentang “Panduan Lengkap Cara Ternak Budidaya Burung Anis Binbin Bagi Pemula Agar Sukses“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa